Oricon: Kimetsu no Yaiba Telah “Menyatukan” Warga Jepang dari Berbagai Latar Belakang dan Usia yang Berbeda

0
demon slayer: kimetsu no yaiba

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba memang merupakan fenomena tersendiri. Film layar lebarnya yang telah dirilis di Jepang sejak tanggal 16 Oktober 2020 lalu tercatat telah meraup keuntungan yang sangat besar hingga berhasil film terlaris nomor 2 sepanjang masa di Jepang, dan keuntungannya masih akan terus bertambah. Bahkan sutradara sekaliber Makoto Shinkaipun sempat terkejut dan berdecak kagum atas kesuksesannya. Seri anime dan komiknya sendiri memang cukup populer dan sukses besar. Bahkan di Indonesiapun komiknya juga telah tercatat sebagai best seller sebagaimana di Jepangnya, di mana baik komik maupun novelnya sama-sama laris terjual. Tak lupa lagu temanya dari film layar lebar Kimetsu no Yaiba yang dinyanyikan oleh LiSApun juga sukses besar, dan bahkan video musik dari lagu tema yang berjudul Homura tersebut juga telah tercatat sudah ditonton hingga lebih dari 90 juta warganet sejak dipublikasikan di youtube pada 12 Oktober 2020 lalu. Tak lupa, dalam survei yang sempat dilakukan oleh Benesse, rupanya sejumlah karakter-karakter di Kimetsu no Yaiba saat ini juga banyak dihormati oleh anak-anak di Jepang, bahkan setara dengan orang tua mereka sendiri.

Atas fenomena Kimetsu no Yaiba ini, Oricon Monitor Research sempat membuat polling, di mana terungkap bahwa lebih dari 90% responden yang mengikutinya ternyata sudah mengenal Kimetsu no Yaiba. Sebanyak 40,5% responden mengaku “sangat mengenal” serial tersebut, sementara 57,3% lainnya mengaku “familiar dengan namanya.”

Kemudian dari 1558 responden yang mengaku “sangat mengenal” Kimetsu no Yaiba, setidaknya sebanyak 1182 di antaranya mengaku “menyukainya” atau bahkan “sangat menyukainya.” Setidaknya sebanyak 76,4% responden mengaku mereka menyukainya karena suka dengan ceritanya, 49,3% responden mengaku menyukai settingnya, dan 45,3% mengaku menyukainya karena karakter-karakternya yang dirasa dekat dengan mereka. Sementara itu sebanyak 31% responden mengaku kalau mereka memiliki komiknya, di mana 66,1% di antara mereka mengaku memiliki seluruh edisi komiknya.

Banyak responden yang mengaku bahwa Kimetsu no Yaiba membuat mereka semakin dekat dengan keluarga mereka. Seorang wanita di umur 30an mengaku bahwa ia tidak menyangka bahwa di usianya tersebut dirinya bisa saling berbincang-bincang mengenai anime dengan ibunya yang sudah berumur 60an. Selain itu seorang wanita berumur 40an mengaku bahwa film layar lebar Kimetsu no Yaiba adalah film pertama yang ia tonton di bioskop bersama-sama dengan suami dan anaknya. Ada juga seorang pria berumur 60an yang mengaku menyukai serial tersebut sembari dijelaskan substansi di dalamnya oleh anaknya.

Responden lainnya menyebutkan bahwa pertumbuhan anak-anak mereka sangat berhubungan dengan Kimetsu no Yaiba. Seorang berumur 30an mengaku bahwa anaknya yang berumur 2 tahun belajar menyebut “Kimetsu no Yaiba”. Di lain pihak, seorang pria berumur 40an menyebutkan bahwa anaknya jadi meyukai sejarah berkat serial tersebut.

Kepopuleran Kimetsu no Yaiba juga telah menyatukan insan-insan dari generasi yang berbeda, bahkan di tempat kerja sekalipun. Seorang wanita berumur 30an menyebutkan bahwa ia dan koleganya yang terdiri dari berbagai latar belakang dan usia yang beragam bisa menyanyikan lagu Gurenge dan Homura bersama-sama. Ada juga seorang wanita berumur 50an yang mengaku bisa lebih banyak berkomunikasi dengan keluarga dan rekan kerjanya berkat serial tersebut. Bahkan ada juga seorang pria di umur 60an yang senang berbincang-bincang dengan sesama fans serial tersebut.

KAORI Newsline | Sumber: Oricon, Livedoor News, & Anime News Network

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.