Tahun baru, harapan baru. Walau kita telah meninggalkan tahun 2020 dengan segala lika-likunya, kita tentunya masih mengingat berbagai momen menarik yang terjadi pada tahun lalu. Salah satunya tentu saja adalah anime favorit kita. Seperti tahun-tahun sebelumnya, rubrik Anime Terfavorit Pilihan #Kaoreaders akhirnya kembali lagi. Spesial untuk tahun ini, polling Anime Terfavorit 2020 kini turut didukung oleh Elex Media!

Tak hanya serial anime, dalam polling ini kami juga mencari film anime apakah yang menjadi favorit #Kaoreaders pada tahun 2020 lalu. Apa saja judul-judul film anime yang dapat dipilih dalam polling ini?

Mekanisme Polling

Survei Anime Terfavorit 2020 versi #Kaoreaders dilakukan secara online melalui akun media sosial dan situs resmi KAORI mulai dari 22 Desember 2020 sampai 31 Desember 2020. Setiap responden dibebaskan untuk memilih anime favoritnya sebanyak mungkin. Responden diberikan opsi untuk mencantumkan data diri yang valid pada akhir kuesioner untuk dapat memenangkan doorprize paket hadiah komik dari Elex Media. Hasil survei ini merupakan representasi basis pembaca KAORI dan tidak dimaksudkan untuk mewakili para penggemar anime di Indonesia pada umumnya.

Lima responden yang beruntung akan mendapatkan hadiah komik dari Elex Media, sedangkan satu responden lagi akan mendapatkan hadiah spesial dari KAORI!

Kriteria Film Anime Pilihan

  • Judul film anime yang masuk adalah film anime Jepang yang dirilis di bioskop Jepang pada 2019 dan 2020.
  • Judul film anime yang masuk ke polling ini adalah film anime yang diputar di bioskop Indonesia pada tahun 2020 secara reguler, bukan melalui acara limited/fan/special screening.

Demografi Responden

Selama polling Anime Terfavorit 2020 Pilihan #Kaoreaders dibuka, polling ini berhasil mengumpulkan sebanyak 490 responden. Setiap responden diperbolehkan untuk mengisi data diri bila ingin mengikuti undian doorprize yang diadakan oleh KAORI lewat polling ini. Responden polling ini didominasi oleh laki-laki sebesar 358 responden (75,5%), kemudian diikuti oleh responden perempuan sebanyak 82 respnden (17,3%), sedangkan sebanyak 34 responden (7,2%) memilih untuk tidak mengungkapkan jenis kelamin mereka.

Usia responden yang mengisi polling ini didominasi oleh mereka yang berusia 19-24 tahun (usia kuliah) sebanyak 203 responden (43,3%), kemudian diikuti oleh responden usia di atas 16-18 tahun (usia SMA) sebanyak 115 responden (24,5%), 25-31 tahun (usia pekerja) sebanyak 91 responden (19,4%), 13-15 tahun (usia SMP) sebanyak 36 responden (7,7%), di atas 31 tahun sebanyak 14 responden (3%) dan di bawah 13 tahun sebanyak 10 responden (2,1%).

Hasil Polling

Pilihan Per Gender

Pada polling Anime Terfavorit 2020, kami mengulik sedikit lebih dalam berbagai anime pilihan #Kaoreaders. Dalam kesempatan kali ini kami juga melihat pilihan anime favorit berdasarkan gender responden.

Untuk kategori responden perempuan, film Violet Evergarden berhasil menang telak dengan 49 suara, sedangkan film My Hero Academia the Movie – Heroes: Rising dipilih oleh 7 responden. Sementara itu, film Digimon Adventure: Last Evolution Kizuna dan Doraemon: Nobita’s Chronicle of Moon Exploration sama-sama dipilih oleh 5 responden.

Untuk kategori responden laki-laki, film Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!: Crimson Legend menjadi judul yang paling banyak dipilih sebanyak 209 suara. Di peringkat 2 dan 3 ada film Violet Evergarden Gaiden dan My Hero Academia the Movie – Heroes: Rising berturut-turut sebanyak 168 dan 157 suara.

Apa saja 5 Film Anime Terfavorit 2020 pilihan #Kaoreaders berdasarkan kategori gender? Inilah daftarnya!

5 Teratas Kategori Responden Laki-Laki

  1. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!: Crimson Legend – 209 suara
  2. Violet Evergarden Gaiden – 168 suara
  3. My Hero Academia the Movie – Heroes: Rising – 157 suara
  4. Fate/stay night -Heaven’s Feel- III: Spring Song – 132 suara
  5. Her Blue Sky – 89 suara

5 Teratas Kategori Responden Perempuan

  1. Violet Evergarden Gaiden – 49 suara
  2. My Hero Academia the Movie – Heroes: Rising – 7 suara
  3. Doraemon: Nobita’s Chronicle of Moon Exploration – 5 suara
  4. Digimon Adventure: Last Evolution Kizuna – 5 suara
  5. Her Blue Sky – 4 suara

Penasaran apa saja film animeyang berhasil menjadi 5 Film Anime Terfavorit 2020 versi #Kaoreaders? Artikel ini berlanjut ke halaman kedua!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.