BAGIKAN

tukang bubur naik haji

Sebuah prestasi ditorehkan oleh drama seri asal Indonesia. Drama seri Tukang Bubur Naik Haji The Series berhasil memenangkan penghargaan Tokyo Drama Award 2014 untuk kategori Special Award for Foreign Drama.

Tukang Bubur Naik Haji The Series diproduksi oleh Sinemart. Pada awalnya berbentuk sebuah film televisi namun akhirnya dikembangkan menjadi sebuah drama seri sejak 28 Mei 2012.

Advertisement Inline

Berkisah mengenai kehidupan masyarakat sehari-hari dengan watak dan perilaku serta segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang kesemuanya disajikan secara manis dan lucu dalam serial ini.

Adalah sang tokoh utama Bang Sulam yang penyabar dan selalu tersenyum. Ia memiliki usaha bubur ayam. Berkat ketekunan dan keikhlasannya, akhirnya ia bisa naik haji dan memperbesar usaha bubur ayamnya. Bang Sulam tinggal bersama Rodiah istrinya, dan Emak.

Namun tetangga Bang Sulam, H. Muhidin dan Hj. Maemunah, entah mengapa selalu memusuhi keluarganya. Bahkan anak mereka, Rumanah dilarang berhubungan dengan Robby, adik Bang Sulam. Fitnah-fitnah tentang keluarga Bang Sulam pun berdatangan.

10167948_618855281532057_1977865716_n

Para pemain dalam ajang penghargaan Panasonic Gobel Award

Alur ceritapun berjalan mengenai bagaimana keluarga Bang Sulam menyikapi segala nikmat dan cobaan yang ia dan keluarga hadapi sehari-hari dengan harapan cerita yang tersaji dapat menjadi cermin bagi masyarakat yang menontonnya untuk berkaca dan berbenah diri.Adapun Tokyo Drama Award adalah bagian dari International Drama Festival in Tokyo. Sebuah perhelatan yang digagas oleh The Japan Comercial Broadcasters Association (JBA), bekerjasama dengan stasiun televisi NHK dengan tujuan untuk membantu dan memberikan dukungankepada konten-konten penyiaran di Jepang dalam rangka melakukan ekspansi ke luar negeeri.

Adapun penghargaan Tokyo Drama Award sendiri diadakan sejak tahun 2008, setahun setelah International Drama Festival in Tokyo itu sendiri didirikan. Sebagai bagian dari International Drama Festival in Tokyo, Tokyo Drama Award bertujuan untuk memilih dan memberikan penghargaan kepada drama-drama pilihan yang sekiranya pantas untuk dijual ke luar negeri. Kriteria penilaian yang digunakan pada penghargaan ini lebih menitikberatkan kepada “kemampuan pemasaran” dan “kemampuan menjual” dibandingkan “kualitas acara” atau “segi artistik” dari drama yang masuk ke nominasinya mengingat tujuan dari penghargaan ini adalah untuk memperkenalkan drama Jepang ke audiens yang lebih luas secara global.

citra kirana

Citra Kirana menerima penghargaan Tokyo Drama Award mewakili tim Tukang Bubur Naik Haji The Series

Tukang Bubur Naik Haji The Series ditayangkan di Indonesia melalui stasiun televisi RCTI setiap hari dengan jadwal tayang saat ini adalah pukul 19.15 WIB. Merupakan drama seri yang telah memecahkan rekor sebagai drama seri dengan episode terpanjang di Indonesia dan akan segera memasuki episodenya yang ke 1366 pada 24 Oktober 2014. Bahkan menurut data Lembaga Sensor Film, episode 1400 sudah memasuki daftar tunggu untuk disensor.Berbagai prestasi dan penghargaan telah diraih drama seri garapan para tim-tim kreatif yang bisa dibilang sebagai dream team ini. Dengan Ucik Supra bertindak sebagai sutradara, Imam Tantowi sebagai penulis cerita dan skenario, serta Leo Sutanto sebagai produser, drama seri ini tidak pernah absen dalam meraih penghargaan Panasonic Gobel Award sejak tahun 2013 dengan beragam nominasi yang dimenangkan. Adapun beberapa penghargaan lainnya yang telah diraih oleh Tukang Bubur Naik Haji The Series adalah sebagai berikut:

Panasonic Gobel Award 2013:

    Aktris terfavorit (Citra Kirana)Aktor terfavorit (Mat Solar/Nominasi)Drama Seri tervaforit

Panasonic Gobel Award 2014:

  • Aktris terfavorit (Citra Kirana/Nominasi)
  • Drama Seri terfavorit

Bandung Film Festival 2013:

  • Honorable Sinetron/Leading Actress (Citra Kirana)/Supporting Actress (Mega Aulia)/Sinetron Script Writer (Imam Tantowi)

The Roy Morgan Customer Satisfaction Awards 2013:

  • Soap and Drama of The Year

Adapun beberapa pemain yang terlibat dalam drama seri ini di antaranya adalah:

Mat Solar sebagai Haji Sulam)
Uci Bing Slamet sebagai Hj.Rodiah
Nani Wijaya sebagai Emak
Citra Kirana sebagai Rumanah
Andi Arsyil Rahman sebagai Robby
Latief Sitepu sebagai H. Muhidin

Adapun pemenang penghargaan Tokyo Drama Award lainnya untuk kategori Special Award for Foreign Drama adalah sebagai berikut:

  • My Love from the Star (Korea Selatan)
  • Thong Neua Kao ( Pure Gold ) (Thailand)

Selamat kepada para pemenang.

KAORI Newsline | Oleh Dody Kusumanto | Data dan gambar diolah dari berbagai sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.