Ulasan Anime: Space Dandy

3

fsbgdhdeshbdshd

Space Dandy wa uchuu dandi de aru (Space Dandy adalah seorang dandy di luar angkasa), begitulah kalimat pembuka setiap episode anime bernama Space Dandy. Anime ini pertama kali muncul di permukaan pada Januari 2014 dan dipersembahkan oleh studio Bones yang sebelumnya sudah merilis anime berkualitas seperti Eureka Seven, Darker Than Black, Tokyo Magnitude 8.0 dan Fullmetal Alchemists. Anime Space Dandy diprakarsai oleh Shinichirou Watanabe (Zankyou no Terror, Cowboy Bebop, Sakamichi no Apollon) dan disutaradarai oleh Shingo Natsume mengambil tema space opera, sebuah tema yang dulu meledak di era 70-an dan 80-an. Anime ini memiliki format 26 episode dengan split cour, di mana 13 episode awal ditayangkan pada Januari – Maret 2014 dan 13 episode sisanya ditayangkan pada Juli – September 2014.

Space Dandy juga ditayangkan di Amerika Serikat via Adult Swim di jadwal program Toonami. Di sana, respon masyarakat barat terhadap Space Dandy begitu positif, terbukti Space Dandy pernah mengalahkan salah satu program talk show bernama Colby Report dalam jumlah rating pada jam yang sama di saluran televisi kabel Amerika Serikat dan mendapatkan komentar positif dari berbagai media Barat seperti The AV Club yang memberikan nilai B+. Dengan tanggapan positif dari Barat, maka tidak heran kalo anime ini lebih populer di luar Jepang daripada di negara asalnya.

5yhju5i57u

Advertisement Inline

SINOPSIS CERITA

Space Dandy bergenre komedi. Menceritakan tentang tiga pemburu alien bernama Dandy si manusia, Meow si kucing, dan QT si robot. Dengan kapal mereka bernama Aloha Oe, mereka berkelana ke penjuru galaksi untuk mendaptkan spesies anime langka. Setiap karakter di anime ini punya keunikan tersendiri, Dandy yang suka akan cewek seksi, playboy, selalu tebar pesona, Meow yang selalu mengomentari hal yang dilakukan Dandy, suka melakukan hal-hal yang tidak jelas, gaul di dalam media sosial, dan QT yang pintar dan paling waras di antara ketiganya. Ketiganya memulai petualangan di luar angkasa yang tak terduga, kocak, menegangkan dan seru untuk dilihat.

KOMEDI YANG MENCAMPURADUKKAN TEMA

Space Dandy punya formula yang tepat untuk menjadi sebuah anime komedi. Tiga kepribadian yang berbeda dan unik dipadukan dengan berbagai macam kejadian yang memancing gelak tawa. Meski Dandy mempunyai benang merah di komedi, namun anime ini bukan hanya sekadar anime pengocok perut belaka. Cerita dalam Dandy bisa menjadi cerita drama, action, horor, psikologi, sampai romansa, tergantung kejadian yang menimpa Dandy dan kawan-kawannya di anime ini. Tetapi hal ini tidak melunturkan unsur komedi di dalam Dandy, malah unsur tambahan tersebut semakin menguatkan anime ini. Anime ini menyisipkan banyak sekali tema seperti zombie, dunia paralel, dunia 2 dimensi, misteri dalam galaksi, kisah cinta, eksistensialisme sampai drama musikal semua disajikan di sini. Keberagaman tema dan kejutan di tiap episodenya membuat penonton tidak akan bosan. Komedi yang dibawakan juga begitu kocak, meski memang ada beberapa kemungkinan garing jika tidak tahu komedi ala Barat atau tidak tahu apa unsur yang ingin dibawakan anime ini.

hrthjrtjdryj

TRIBUTE TO 70’S AND 80’S ERA

Di dalam Space Dandy, banyak sekali pengaruh gaya era 70-an dan 80-an. Contoh yang paling sederhana terletak dari gaya Dandy yang sangat 70-an. Pada musim pertama anime ini hanya memberikan sedikit penghargaan kepada era 70-an dan 80-an, namun pada musim kedua anime ini berjalan, banyak sekali bentuk penghargaan kepada era 70-an dan 80-an. Mulai dari episode yang mencomot film musikal Hollywood populer seperti Grease, Saturday Night Fever, The Producer, seri anime yang populer pada eranya seperti Ideon, Space Battleship Yamato, sampai ke musik yang dipengaruhi oleh musik era 70-an dan 80-an mulai dari funk, disko, synthpop, new wave, glam rock, membuat anime ini bisa menumbuhkan kembali nostalgia akan anime jadul. Anime ini juga mampu membaca tren saat ini di mana nuansa 7-0an dan 80-an kembali populer di ranah dunia hiburan, baik dari televisi maupun musik sampai fashion.

htyrtdhjdyj

BERKUMPULNYA NAMA-NAMA HANDAL

Space Dandy juga boleh dijadikan sebagai proyek senang-senang para animator, sutradara dan penulis naskah kawakan di dunia anime. Sebut saja Katsuhiro Otomo (Akira, Freedom), Masaaki Yuasa (Tatami Galaxy, Ping Pong, Kaiba), Dai Sato (Eureka Seven, Ergo Proxy), Goro Taniguchi (Code Geass, Planetes, Infinite Ryvius), Atsushi Takahashi (Ao no Exorcist), Keiko Nobumoto (Wolf’s Rain, Cowboy Bebop) membantu dalam pengerjaan anime ini, sehingga anime ini mempunyai rasa artistik yang tinggi tanpa mengurangi rasa senang-senang mereka. Para staf di anime seolah menumpahkan rasa artistik dan idealismenya sehingga animasi yang disajikan tidak hanya epik dan tajam, namun juga mengandung unsur seni seperti surealisme dan animasi yang cenderung psychedelic.

Yoko Kanno, Kensuke Ushio (agraph, LAMA), ZEN-LA-ROCK, Taku Takahashi (m-flo), Yasuyuki Okamura, OGRE YOU ASSHOLE, Mountain Macha Kilimanjaro adalah beberapa nama handal yang mengisi bidang musik dalam anime ini. Kolaborasi yang berada di bawah naungan Space Dandy Band ini memberikan musik yang sangat stylish di setiap episode, menjadikan seri ini sangat groovy, vintage, dan sesuai dengan tema nostalgia yang ingin dibawakan.

Semua unsur di atas merupakan salah satu hal mengapa Dandy adalah one of a kind di dalam dunia anime. Space Dandy mampu mengembalikan suasana 70-an dan 80-an dalam medium anime modern. Anime ini tidak hanya mempunyai komedi dan lawak yang berkelas, Space Dandy juga mampu membawa tema berat dan psikologis namun tidak terkesan berat atau susah dicerna, karena unsur fun yang selalu menutup episode membuat kata susah dicerna langsung terkikis. Space Dandy merupakan salah satu anime yang penuh dengan kegembiraan yang diberikan oleh staf anime ini dan penonton pun bisa merasakan kegembiraan dan terhibur akan suguhan yang diberikan anime ini. Enjoy the ride with the most dandiest guy in space and you’ll get an unforgettable moment with it, baby.

KAORI Newsline | oleh Luthfi S.A. | Penulis adalah mahasiswa Sastra Jepang Universitas Padjajaran dan saat ini aktif mengasuh rubrik musik pop Jepang di situs creativedisc.com

3 KOMENTAR

  1. Ga laku di Indo, wkwkwk
    Padahal animasinya bagus, jauh melebihi rata2 anime yang rilis pada musimnya
    Entah kenapa ini anime emang ditujukan buat otaku jaman cowboy bebop yang notabene udah om om

    Menurut ane space dendy ini mirip karakter cowboy andy di seri cowboy bebop dapat seri sendiri :v

  2. nih anime keren banget dah :v jarang nemu yg lawakkannya kelewat irrasional :v
    apalagi di eps pertama yang langsung bikin ane gemes, waktu si Dandy menjelaskan hal penting dari seorang wanita, tenyata bokong? itu kamfret banget, sumpah :v
    nih anime paling manteb kalau sudah masuk ke pojokkan romance, apalagi yang sama si cwek merah kacamata, gile, bikin ane mau nangis, tapi gak jadi, lawakkannya kamfret :v

    sayang banget kurang terkenal di indo :/ padahal alurnya keren, apalagi season 2 nya, itu bener-bener melanggar akal sehat, tapi, sekali lagi, lawakkannya kamfret, ane yang mau protes, malah gak jadi :v

    Pokoknya kerelah nih anime (y)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.