Ulasan Komik Kanojo Okarishimasu (Rent a Girlfriend) Vol 1: “Aku Kuliah Bukan Buat Main Cewek, Tahu!”

0
Kanojo Okarishimasu
© Reiji Miyajima 2017/Elex Media Komputindo

Sebagaimana telah dikabarkan sebelumnya bahwa komik Kanojo Okarishimasu atau dikenali juga Rent a Girlfriend diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Elex Media Komputindo melalui label Level Comics. Pada 3 Februari 2021 lalu, komik ini resmi diterbitkan di Indonesia. Adapun komik Kanojo Okarishimasu sendiri merupakan seri komik yang dirilis sejak bulan Juli 2017 di Jepang melalui Kodansha, yang dibuat oleh Reiji Miyajima. Komiknya telah memiliki 19 volume hingga saat ini, serta komik alternatifnya dengan judul Hitomishirimasu pada 2020 lalu dan juga adaptasi anime pada tahun yang sama. Kira-kira akan seperti apa versi komik yang telah diterbitkan di Indonesia ini? Mari simak ulasan selengkapnya.

Sinopsis

Kanojo Okarishimasu
© Reiji Miyajima 2017/Elex Media Komputindo

Kazuya Kinoshita (20 tahun) seorang mahasiswa payah, yang tinggal di Tokyo. Berawal dari perjumpaannya dengan seorang cewek cantik bernama Chizuru Mizuhara pada suatu hari karena alasan tertentu, hidupnya mulai berubah drastis.

Penceritaan Komik

Kanojo Okarishimasu
© Reiji Miyajima 2017/Elex Media Komputindo

Memulai cerita dengan premis yang menarik, pembaca akan diperkenalkan oleh Kazuya Kinoshita yang merupakan mahasiswa di Tokyo dengan uang banyak yang diberikan oleh ayahnya untuk 4 tahun ke depan. Sehingga ia tidak perlu memikirkan masalah seperti kerja ataupun hal lainnya selama di Tokyo. Kazuya sendiri merasa bangga bahwasannya ia juga memiliki pacar. Akan tetapi momen tersebut seketika hancur karenanya pacarnya dengan mendadak meminta putus dan memblokir Kazuya dari media sosialnya. Karena itu Kazuya merasa sedih dan tidak dapat melupakan mantannya. Pada saat bersamaan ia menemukan sebuah saran untuk mencoba rental cewek pada suatu situs. Awalnya ia merasa ragu dan tidak perlu, namun ia memutuskan untuk mencobanya terlebih dahulu. Pesanannya tersebut mempertemukan Kazuya dengan Chizuru Mizuhara (atau Chizuru Ichinose) dalam sesi pacaran selama 1 jam ke depan. Momen indah mulai memenuhi hati Kazuya, namun selepas pertemuan singkat itu ia menyadari bahwa momen indah itu serupa dengan orang lainnya di internet. Karena itu sekali lagi Kazuya memesan cewek yang sama untuk membalasnya, namun ada berbagai kejadian yang tidak terduga yang menyebabkan semakin rumitnya status hubungan antara Kazuya dengan Chizuru yang pada dasarnya adalah pacar sewaaan.

Dengan premis cerita yang unik dan topik yang menarik, dapat saya katakan Kanojo Okarishimasu  merupakan salah satu komik yang tidak dapat kalian temukan kesamaannya dengan komik lainnya. Ceritanya sendiri tidak terlalu serius maupun tidak terlalu santai, semua dikemas dengan baik. Namun hampir semua momen yang ada dalam volume pertama ini adalah “ketidaksengajaan” ataupun “tidak terduga”, mulai dari nenek Kazuya yang seketika dirawat hingga pertemuannya dengan mantan pacarnya kembali dalam suatu acara. Akan tetapi saya tidak merasa momen tersebut sebagai momen yang aneh melainkan momen yang sangat pas sekali karena ceritanya dikemas dengan baik sehingga momen itu tidaklah terasa aneh.

Penggambaran Komik

Kanojo Okarishimasu
© Reiji Miyajima 2017/Elex Media Komputindo

Satu hal yang membuat komik ini terasa sangat khas walaupun kalian sudah menonton adaptasi animenya adalah penggambarannya baik secara keseluruhan maupun ekspresi dari setiap karakter. Momen-momen kecil seperti perubahan sikap pada Chizuru ketika menjadi pacar sewaan dan mahasiswi biasa sangatlah terasa khas. Apalagi pada beberapa momen kesalahpahaman yang berada pada sudut menarik hahahaha. Oke-oke, terlepas dari itu saya pribadi suka sekali melihat muka pasrah dari Kazuya, terkadang saya lebih tertawa melihat penggambaran ekspresi dari Kazuya ketimbang karakter lainnya. Baik itu karakter, latar belakang hingga objek yang diperlihatkan semua digambarkan dengan baik oleh Reiji Miyajima dengan kualitas yang sangat baik. Adapun penurunan kualitas gambar itu hanya untuk menggambarkan momen-momen tertentu saja dan penurunan itu membuat komik ini semakin hidup.

Kesimpulan

© Reiji Miyajima 2017/Elex Media Komputindo

Volume perdana komik Kanojo Okarishimasu dapat memberikan pandangan baru terhadap perkembangan teknologi dan sosial yang ada. Siapa sangka kita dapat menyewa seorang pacar perjamnya sekarang, hal aneh bagi kita namun bukan berarti tidak patut untuk digunakan sebagai topik komik. Itulah yang saya rasakan ketika membaca komik volume pertama ini, siapa yang tidak ingin untuk meredakan rasa sedih setelah diputuskan oleh pacarnya? Tentunya ada opsi yang banyak untuk menyelesaikan rasa sedih itu, namun pembawaan latar pacar sewaan menjadi poin menarik dari komik ini. Ceritanya sangat menarik terutama ketika menuju pertengahan volume ini, banyak sekali masalah yang tidak terduga yang menyebakan Kazuya Kinoshita terpaksa berbohong demi membahagiakan orang disekitarnya akan pacar sewaannya sebagai pacar aslinya. Masalah ini lama waktu semakin kompleks terutama ketika Ia bertemu kembali mantan pacarnya.

Dari segi kualitas komiknya sendiri, saya sangat bahagia karena kualitasnya sangat baik sekali. Baik dalam bahan kertasnya yang menggunakan book paper 55 hingga pewarnaan hitam yang enak dilihat, walaupun dengan harga yang dibanderol 40.000 Rupiah (untuk pulau Jawa) saya merasa harga ini sepandan dengan kualitas yang diberikan apalagi untuk seri yang menarik seperti ini. Bila kalian membelinya terdapat satu hal yang menarik yaitu sampul komik ini menggunakan sampul timbul khususnya pada tokoh utama yang tampil di halaman depan sampul ini, dalam konteks ini adalah Chizuru Ichinose selaku gadis utama dari pacar sewaan ini. Akan sangat menarik bila kedepannya semua karakternya dibuat timbul seperti ini karena terasa seperti komik yang khas.

Lalu segi penerjemahannya sendiri bagi saya sudah cukup. Akan tetapi ada beberapa hal yang saya pribadi kurang sukai. Beberapa gambar dalam panel yang masih menggunakan bahasa Jepang terkadang susah dibaca dan penempatan akan terjemahan konteks gambar tersebut sering kali pada panel yang berada pada tempat yang susah dibaca oleh saya. Ada satu panel yang terlihat teks terjemahanannya serasa seperti ditumpuk begitu saja dengan teks aslinya. Namun perlu dikatakan lagi bahwa ini hanyalah minor dan memengaruhi ketika kalian membaca komik ini. Karena secara bahasa, pembawaan dan pemilihan gaya bahasanya sangat baik dan bahkan membuat saya tertawa lebih ketika membaca komik ini walaupun sudah mengetahui pada adaptasi animenya.

Singkat kata, saya akan merekomendasikan komik ini bagi kalian yang ingin mengenali lebih dalam seri Kanojo Okarishimasu terutama dalam segi penceritaan dan ekspresinya, itu adalah kedua hal yang tidak akan kalian temukan pada adaptasi animenya. Namun perlu diingat bahwasannya komik ini termasuk dalam label dewasa. Jangan lupa harga komik ini juga berbeda dari komik biasanya, akan tetapi dengan harga yang kalian bayar akan sangat terasa bagus karena kualitas komiknya memang lebih baik daripada umumnya. Selain itu dengan poin cerita yang menarik, maka saya juga akan menantikan sekali kelanjutan dari komik ini ke depannya.

KAORI Newsline | Oleh Cakra Bhirawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.