Oregairu atau Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru atau My Youth Romantic Comedy Is Wrong, As I Expected merupakan seri dari novel ringan karangan Wataru Watari dan diilustrasikan oleh Ponkan⑧. Seri ini telah diadaptasi menjadi anime dan juga komik. Komiknya tersendiri ditulis oleh Naomichi Io yang telah diterbitkan di Jepang sejak tahun 2012 hingga kini, dan telah memiliki 18 volume. Kini adaptasi komik ini telah diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo di Indonesia sejak tanggal 24 Juni 2020 lalu.

Volume keempat komik Oregairu ini telah diterbitkan pada 10 Februari 2021. Ulasan kali ini merupakan kelanjutan dari ulasan sebelumnya yang menceritakan penyelesaian dari Taishi Kawasaki yang meminta tolong mencari tahu mengapa kakanya yaitu Saki Kawasaki pulang telat. Serta kelanjutan dari usaha Hachiman  Hikigaya untuk memperbaiki hubungannya dengan Yui Yuigahama dan permintaan Yoshiteru Zaimokuza untuk membantunya.

Sinopsis

oregairu
© 2013 Wataru WATARI, Naomichi IO, PONKAN⑧/Elex Media Komputindo

Bukan anggota, tapi ada di sana, itulah Zaimokuza. Karena sesumbar ingin menjadi pembuat game, saudara sejiwa Hachiman ini terpancing untuk beradu melawan seorang yang jauh lebih hebat dari dirinya. maukah Klub Pelayanan menolong orang yang menggali kuburannya sendiri?

Penceritaan Komik

oregairu
© 2013 Wataru WATARI, Naomichi IO, PONKAN⑧/Elex Media Komputindo

Bagi kalian yang menonton adaptasi animenya baru membaca adaptasi komiknya, maka volume keempat ini dapat dibilang adalah bonus tambahan yang tidak akan kalian dapatkan pada adaptasi animenya. Karenanya versi komik ini mengambil dari novel ringan jilid ke 7.5. Pada volume sebelumnya telah diceritakan bahwa Hachiman dan Yukino Yukinoshita sedang membeli hadiah untuk ulang tahun Yui Yuigahama, namun sebelum memberikan hadiah tersebut Zaimokuza tiba di ruangan Klub Pelayanan dan meminta bantuannya dalam menghadapi Klub Permainan. Momen inilah yang membawakan Hachiman Hikigaya untuk melawan terlebih dahulu dengan para anggota dari klub baru ini. Mereka akan memainkan game hukuman di mana yang kalah harus melepas pakaiannya satu-persatu. Bagi saya pribadi dalam adegan ini, saya dapat melihat lebih dalam pengkarakteran dari Yoshiteru Zaimokuza dalam menggapai impiannya, impiannya bukan sekedar impian belaka saja namun memang suatu tujuan yang ia inginkan kelak. Walau di akhir ia menurunkan kembali hasratnya ketika mendengarkan penjelasan mengenai pembagian hak cipta nantinya. Yang mana saya sangat kaget karena tidak menyangka akan membahas hak cipta pada momen itu.

Lalu komik ini akan melanjutkan kembali penyelesaian masalah Hachiman dengan Yui dengan memberikannya hadiah ulang tahunnya. Sebelum melanjutkan ke arc yang kita kenali lagi dalam adaptasi animenya, komik ini memberikan suatu momen baru juga yaitu permintaan tolong dari Klub Judo. Klub Pelayanan menerima permintaan tersebut dan disinilah konflik baru yang sangat menarik untuk dibaca bagi kalian.

Volume keempat ini adalah komik filler yang saya rasa cukup menarik dibaca walaupun kalian sudah menamatkan adaptasi animenya. Karena pada momen ini kita dapat mengenali lebih dekat beberapa karakter yang jarang muncul seperti Zaimokuza dan penggalian beberapa karakter dari Klub Pelayanan.

Penggambaran Komik

oregairu
© 2013 Wataru WATARI, Naomichi IO, PONKAN⑧/Elex Media Komputindo

Terdapat banyak sekali momen-momen baru yang kalian dapat lihat pada volume keempat ini, mulai badan bugilnya Hachiman hingga Yukino dengan baju kendo. Namun bagi saya yang paling terkenang adalah banyaknya penggambaran yang sangat ekspresif sehingga membaca volume ini terasa lucu, menarik, dan tersentuh. Jika saya bandingan dengan adaptasi animenya, maka membaca volume keempat ini terasa seperti membuka hal-hal baru yang saya belum kenali dan hal tersebut membuat saya membaca volume ini semakin semangat karena saya belum tahu akan seperti apa akhir dari arc ini. Saya juga tidak menyesali pembacaannya, hanya saja saya sempat kaget melihat Iroha Isshiki yang begitu berbeda dari yang kukenali.

Kesimpulan

© 2013 Wataru WATARI, Naomichi IO, PONKAN⑧/Elex Media Komputindo

Secara keseluruhan volume keempat ini adalah komik spesial yang perlu kalian baca bila ingin mengetahui kisah tambahan dari seri Oregairu, karena kalian tidak akan menemukan adegan ini pada adaptasi animenya. Membuka halaman selanjutnya dari volume ini selalu membuat saya semakin bersemangat karena ini terasa seperti arc baru. Selain itu saya juga dapat melihat momen-momen imut dan indah dari Yui maupun Yukino. Sayangnya pada awal-awal komik pembaca akan disajikan oleh Hachiman yang bugil, mungkin lebih baik sih daripada melihat Zaimokuza.

Untuk volume keempat dari komik ini, saya mendapati kualitas yang lebih baik dan untuk kesalahan seperti “tekukan” pada halaman seperti volume sebelumnya pun tidak saya temui. Hanya saja dari segi penerjemahan sendiri ada satu hal yang saya rasa kurang. Seperti konteks dalam penggambaran nama anggota Klub Judo yang ada korelasinya dengan ubi, saya kurang mengerti mengapa ada korelasinya entah itu nama daerah yang menghasilkan ubi atau itu memang bahasa Jepangnya. Namun setidaknya bagi saya bagian itu perlu ada catatan penerjemah karena saya sempat binggung mengapa ada kaitannya dengan ubi.

Akhir kata volume keempat ini adalah volume yang sangat menarik karena saya memang belum pernah melihat arc ini sebelumnya dalam adaptasi anime. Selain itu pada komik ini Hachiman diberikan suatu permintaan yang memang jauh lebih hebat dari dirinya seperti Klub Permainan yang sangat jago memainkan game dan Klub Judo dengan melawan alumni kakak tingkat yang sudah berkuliah. Oleh karena itu saya juga ingin menarik salah satu ucapan dari kakak tingkat dari Klub Judo serta ucapan kembalinya oleh Hachiman yaitu “Hidup itu keras,kan”. Terkadang banyak momen yang tidak terduga akan ditemui oleh kita namun begitu juga solusi yang dapat kita buat pada saat itu pula. Hachiman mampu menunjukkan sisi tersebut walau mengetahui lawannya adalah lebih kuat dari dirinya. Bagi kalian yang ingin membaca komik Oregairu namun malas karena sudah ingat bagaimana arc itu akan selesai dalam adaptasi animenya, maka volume ini dapat memberikan sensasi berbeda dan mungkin patut untuk kalian baca. Karenanya juga volume ini tidak terlalu memiliki ikatan koneksi dengan volume sebelumnya ataupun transisi untuk volume selanjutnya. Adapun jika ada itu hanya menyelesaikan permasalahan antara Hachiman dan Yui sebelumnya. Saya ingin mengetahui seperti apa nantinya volume kelima akan dibawakan ke depannya.

Baca juga:

Ulasan Komik My Youth Romantic Comedy is Wrong as I Expected @ (Oregairu) Comic Vol 1: Ini Gue Banget!

Ulasan Komik My Youth Romantic Comedy is Wrong as I Expected @ (Oregairu) Comic Vol 2: Saika Best “Girl”!

KAORI Newsline | Oleh Cakra Bhirawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.