Oregairu atau Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru atau My Youth Romantic Comedy Is Wrong, As I Expected merupakan seri dari novel ringan karangan Wataru Watari dan diilustrasikan oleh Ponkan⑧. Seri ini telah diadaptasi menjadi anime dan juga komik. Komiknya tersendiri ditulis oleh Naomichi Io yang telah diterbitkan di Jepang sejak tahun 2012 hingga kini, dan telah memiliki 18 volume. Kini adaptasi komik ini telah diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo di Indonesia sejak tanggal 24 Juni 2020 lalu.

Volume ketiga komik Oregairu ini telah diterbitkan pada 11 November 2020. Ulasan kali ini merupakan kelanjutan dari ulasan sebelumnya yang mempertemukan Hachiman Hikigaya dengan seorang perempuan cantik laki-laki dari klub tenis bernama Saika Totsuka. Saika meminta tolong kepada klub pelayanan untuk membantu klub tenis dalam menguatkan kemampuan tenisnya. Permintaan ini juga telah mempertemukan klub pelayanan dengan grup baru yang di ketuai Hayato Hayama. Setelah berhasil membantu kedua permintaan tersebut, Komachi adik dari Hachiman membawakan temannya yang bernama Taishi Kawasaki. Taishi meminta tolong kepada klub pelayanan untuk mencari tahu mengapa kakaknya yaitu Saki Kawasaki selalu pulang telat

Sinopsis

oregairu
© 2013 Wataru WATARI, Naomichi IO, PONKAN⑧/Elex Media Komputindo

Jika seorang gadis bersikap baik padamu, itu tandanya dia mencintaimu. Hanya orang bodoh yang jatuh dalam lubang jebakan sederhana seperti itu. Setelah mengetahui Yui Yuigahama adalah pemilik anjing yang menyebabkan dia cedera dan telat masuk ke sekolah, pilihan Hachiman Hachigaya hanya satu. Tak perlu segan atau mengasihani. Setelah itu hubungan mereka kembali seperti semula, sepasang “orang lain” yang tidak punya hubungan apa-apa.

Penceritaan Komik

oregairu
© 2013 Wataru WATARI, Naomichi IO, PONKAN⑧/Elex Media Komputindo

Volume ketiga komik Oregairu dimulai oleh transisi yang baik dari volume kedua yang menceritakan perjalanan ke kerajaan populer keramat (Maid Cafe). Transisi tersebut dieksekusi dengan baik walaupun memang hanya sekilas saja. Dari sinilah terdapat 2 arc yang akan diceritakan; pertama adalah melanjutkan permintaan dari Taishi Kawasaki yang menginginkan klub pelayanan untuk mencari tahu kakanya yaitu Saki Kawasaki mengapa selalu pulang telat. Setelah melakukan berbagai cara mulai dari volume kedua dengan presuasif guru maupun kucing dan volume ketiga ini dari mengunjungi Maid Cafe hingga mencari tahu apakah dia jatuh cinta semuanya gagal. Hingga akhirnya Hachiman mengetahui opsi terakhir yang mungkin merupakan jawabannya. Menurut saya penceritaan arc Saki Kawasaki tersendiri terlalu sebentar dan tidak terlalu dieksplorasi lebih dalam dalam komik ini banyak sekali informasi yang terlihat sekilas saja.

Namun bukan berarti volume ketiga akan diakhiri begitu saja. Karenanya momen indah penyelesaian permasalahan Saki akan berujung pada momen sedih antara Hachiman dengan salah satu temannya. Hal tersebut menyebabkan klub pelayanan akan dibubarkan karena tidak memiliki anggota yang cukup. Hachiman-pun terbinggungkan akan masalah baru ini namun beruntung hadirlah seorang malaikat cantik.. dia cowok, di depannya. Bagi kalian yang menyukai karakter Saika entah mengapa, maka pertengahan komik ini akan dimanjakan oleh berbagai aktivitas bersama Saika dan juga Yoshiteru Zaimokuza.

Volume ketiga ini banyak menceritakan momen-momen personal antara Hachiman dengan teman-teman dari kelasnya maupun klub pelayanan. Momen tersebut memberikan penggambaran pengkarakteran yang baik sehingga kalian juga akan semakin tertarik untuk mengenali lebih dalam karakter tersebut khususnya Yukino Yukinoshita dengan kedatangan kakaknya pada akhir volume ini.

Penggambaran Komik

oregairu
© 2013 Wataru WATARI, Naomichi IO, PONKAN⑧/Elex Media Komputindo

Melanjutkan perjalanan klub pelayanan menuju kerajaan populer keramat (Maid Cafe). Volume ketiga ini pembaca langsung dimanjakan oleh penggambaran yang imut dari Naomichi Io akan Yui Yuigahama dan Yukino Yukinoshita dalam kostum maid. Momen itulah yang memberikan kesan indah ketika membaca volume ini. Volume ini juga menyajikan beragam momen-momen menarik bersama Yukino dengan gaya rambut twintailnya. Namun bagi kalian yang hanya ingin melihat Saika lebih banyak lagi maka kalian akan dimanjakan pada volume ini. Pasalnya kalian dapat melihat beragam muka imut dan cantik dari Saika bahkan momen spesial ketika lagi foto bareng… tapi ingat dia cowok. Terlepas dari hal itu mungkin saya cukup menyukai beberapa aspek penggambaran yang hening, penggambaran tersebut mampu memberikan perasaan yang sangat terasa. Terutama dengan suasana yang disajikannya.

Kesimpulan

© 2013 Wataru WATARI, Naomichi IO, PONKAN⑧/Elex Media Komputindo

Bagi saya pribadi volume ketiga ini adalah kelanjutan yang spesial untuk mengenali lebih dalam beberapa masa lalu Hachiman serta mengenali teman-teman sekitarnya lagi. Ada momen yang menyenangkan dan adapula momen sedih yang memberikan jarak antara Hachiman dengan beberapa temannya. Namun itulah yang akan memberikan fondasi penceritaan menarik ke depannya terutama dengan ditutupnya komik ini dengan kehadiran kakaknya Yukino dan juga Zaimokuza. Kira-kira apa yang akan terjadi pada volume selanjutnya? Saya sendiri semakin penasaran.

Dari segi kualitas sendiri, volume ketiga yang saya dapatkan ini sama dengan kualitas volume sebelumnya. Namun komik yang saya miliki terdapat beberapa masalah klasik yang kerap saya temui di beberapa komik yaitu adanya halaman yang “tertekuk”. Sisanya saya tidak terlalu merasakan adanya kekurangan dari kualitas warna cetak untuk komik yang saya dapatkan ini. Kemudian dari segi penerjemahannya, saya pikir sudah cukup namun ada satu hal yang membuat saya tertawa itu pada saat Hachiman ingin memesan kopi kesukaanya yaitu MAX Coffee. Sekilas saya sempat binggung kenapa disensor menjadi M*X Coffee, namun entah saya mengingat bahwa ada merek kopi serupa di Indonesia. Mungkin saja itu untuk menghindari nama sama atau apapun itu saya sempat tertawa sekilas, karena saya penasaran ke depannya apakah akan sering di sensor seperti itu. Oh ya bonus, pada volume ini kalian dapat melihat muka ibu Hachiman dan Komachi, saya sempat kaget ketika melihatnya karena pada adaptasi animenya seinget saya belum pernah melihat beliau.

Terakhir, saya pikir volume ketiga ini adalah komik yang memang menarik untuk terus dibaca namun karena ini masih berkaitan dengan permintaan dari volume sebelumnya, maka kalian tetap harus membaca volume pertama dan kedua terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang sedang terjadi. Namun bila kalian hanya ingin melihat momen dimana Hachiman berduaan dengan Yukino dengan rambut twintailnya dan Saika saja maka kalian juga dapat menikmati komik ini dengan puas.

Baca juga:

Ulasan Komik My Youth Romantic Comedy is Wrong as I Expected @ (Oregairu) Comic Vol 1: Ini Gue Banget!

Ulasan Komik My Youth Romantic Comedy is Wrong as I Expected @ (Oregairu) Comic Vol 2: Saika Best “Girl”!

KAORI Newsline | Oleh Cakra Bhirawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.