Seiyu Generasi Sandiwara Radio, Susi Wijaya Telah Tutup Usia

0
mei xin

Susi Wijaya, salah seorang seiyu veteran era sandiwara radio dikabarkan telah tutup usia. Almarhumah menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 14 Februari 2021 lalu, pada pukul 07.30 WIB pagi hari.

Almarhumah Susi Wijaya adalah seorang seiyu di era program-program sandiwara radio yang sempat digemari masyarakat Indonesia pada era 1980an. Saat itu dirinya banyak mengisi suaranya pada program-program radio yang diproduksi oleh Sanggar Prathivi, RRI, dll. Salah satu peran monumentalnya adalah kala ia berperan sebagai Mei Xin dalam sandiwara radio Tutur Tinular dan Mahkota Mayangkara. Almarhumah sendiri adalah salah seorang seiyu dari karakter Mei Xin selain Elly Ermawatie. Adapun sejumlah program sandiwara radio yang pernah dimainkan oleh almarhumah adalah sebagai berikut:

  • Putri Cadar Biru sebagai Kantil Putih
  • Putri Cadar Biru sebagai Nini Dwi
  • Mantra Naga Bumi sebagai Anjani
  • Babad Tanah Leluhur sebagai Arum

Selain menjadi seiyu radio, almarhumah juga aktif dalam sejumlah kegiatan kesenian seperti pementasan lenong dll. Almarhumah sendiri adalah istri dari mendiang Herman Wijaya, salah seorang seiyu kawakan sejak era sandiwara radio, yang juga pernah bermain dalam anime Fushigi Yuugi yang pernah ditayangkan di Indonesia sekitar tahun 2001 lalu. Herman Wijaya sendiri telah tutup usia pada tahun 2017 lalu.

KAORI Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian Almarhumah Susi Wijaya. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.