Seminggu Dirilis, Film Evangelion 3.0+1.0 Berhasil Raih 828 Juta Yen!

0
evangelion 3.0+1.0
© Khara © Khara / Project Eva. © Khara / EVA Production Committee

Film Evangelion 3.0+1.0 akhirnya telah diputar di layar bioskop Jepang setelah dua kali diundur dari jadwal semula. Film anime ini awalnya akan diputar pada 27 Juni 2020, namun kemudian diundur menjadi 23 Januari 2021 dan akhirnya baru bisa benar-benar dirilis pada 8 Maret lalu karena efek pandemi COVID-19. Setelah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh fansnya selama hampir 8 tahun, akhirnya film keempat sekaligus pamungkas dari tetralogi film Rebuild of Evangelion ini berhasil memecahkan rekor box-office di Jepang!

Dilansir dari situs berita hiburan Deadline, film Evangelion 3.0+1.0 berhasil memecahkan rekor pemasukan pada hari perdana pemutarannya di bioskop Negeri Sakura. Film anime ini berhasil meraih pendapatan sebesar 828 juta yen (sekitar 7,3 juta dolar Amerika atau 109,2 milyar rupiah).

Dari pendapatan tersebut, film ini berhasil memecahkan rekor box-office pada hari pemutarannya di bioskop IMAX Jepang dengan pendapatan sebesar 740 ribu dolar Amerika (sekitar 1,03 milyar rupiah), atau sekitar 10% dari jumlah pemasukan totalnya. Angka tersebut berhasil mengantarkan film ini sebagai film domestik dengan pendapatan terbanyak di bioskop IMAX Jepang.

Angka pendapatan tersebut terhitung istimewa karena pemutaran film Evangelion 3.0+1.0 di bioskop IMAX hanya berkisar 1-2% dari jumlah total layar bioskop yang menayangkan film anime ini (466 bioskop). Walau filmnya dirilis di tengah pemberlakuan aturan jam malam hingga pukul 20.00 waktu setempat di beberapa wilayah Jepang, tiket pemutaran film ini di bioskop IMAX dilaporkan juga berhasil terjual habis.

Rebuild of Evangelion adalah proyek film yang digarap oleh Hideaki Anno bersama Studio Khara. Proyek film ini dibuat untuk membuat ulang (me-remake) cerita dari serial anime Neon Genesis Evangelion dalam bentuk tetralogi alias dirilis ke dalam empat film baru. Film pertama hingga ketiga dari proyek ini berturut-turut telah diputar di Jepang pada 2007, 2009, dan 2012. Adapun film pamungkas yang diberi judul Evangelion: 3.0+1.0: Thrice Upon A Time ini telah dipastikan tidak akan berdurasi 6 jam.

Film ini semula direncanakan akan dirilis pada 2015 lalu. Namun karena berbagai hal, mulai dari sang sutradara yang mengakui dirinya “kehilangan semangat” setelah mengerjakan film Evangelion 3.0 dan kemudian disibukkan dengan proyek film Godzilla: Resurgence (serta pandemi), film ini akhirnya baru bisa dirilis pada 2021 ini.

Baca Juga:

Tayangan Perdana Video Klip “One Last Kiss” Milik Utada Hikaru yang Dibuat Hideaki Anno di Youtube Sukses Besar dan Tuai Banyak Pujian!

KAORI Newsline

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.