Animator Legendaris Jepang Yasuo Otsuka Tutup Usia

0
yasuo otsuka

Yasuo Otsuka, salah seorang animator veteran asal Jepang telah tutup usia. Hal ini dikonfirmasikan oleh produser Studio Ghibli Toshio Suzuki yang mengumumkan pada senin 15 Maret 2021 dalam momen Tokyo Anime Award Festival kalau Yasuo Otsuka telah tutup usia pada umur 89.

Yasuo Otsuka terlahir pada 11 Juli 1931 di Jepang pada prefektur Shimane. Beliau bergabung dengan Toei Dōga (sekarang dikenal dengan Toei Animation) pada 1956 dan ikut mengerjakan judul anime seperti The White Snake dan The Little Prince and the Eight-Headed Dragon. Beliau juga pernah menjadi sutradara animasi pada film anime klasik karya Isao Takahata yang berjudul Horus-Prince of the Sun. Kritikus memuji karya Otsuka karena gambarnya terlihat begitu hidup pada karya tersebut dan beberapa judul garapan Otsuka lainnya.

Otsuka kemudian pindah ke studio A Production (sekarang dikenal dengan Shinei Animation) yang akhirnya menjadi Telecom Animation Film. Otsuka berperan sebagai sutradara animasi dan desainer karakter untuk seri anime Lupin III. Sutradara legendaris Hayao Miyazaki adalah salah seorang anak didik sekaligus kolega dari almarhum, di mana almarhum juga turut bekerjasama bersama Hayao Miyazaki dalam Future Boy Conan dan Lupin III: The Castle of Cagliostro, dan beberapa serial lainya.

Di tahun-tahun terakhir beliau, Otsuka turut membina animator generasi selanjutnya sebagai Instruktur di Tokyo Yoyogi Animation Academy. Beliau juga mendapat penghargaan khusus lifetime achievement dalam ajang Japan Academy Prizes ke-42 pada tahun 2019 lalu.

KAORI Newsline | Sumber: Animage Plus & Anime News Network

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.