Comiket 99 Direncanakan Untuk Digelar Akhir Desember 2021

0
comiket
Kemeriahan pengunjung Comiket 96 hari pertama. (Comic Market Preparation Commitee)

Acara pasar komik akbar Comic Market (Comiket) ke-99 akhirnya direncanakan akan digelar pada tanggal 30-31 Desember 2021. Rencananya akan digelar di hall timur, barat dan selatan Tokyo Bigh Sight, dan bukan di Aomi Exhibition Halls. Selain itu pihak penyelenggara juga akan menerapkan sejumlah protokol kesehatan seperti pembatasan jumlah pengunjung menjadi hanya beberapa puluh ribu pengunjung per hari saja. Penyelenggaraan Comiket 99 sendiri sebelumnya direncanakan untuk digelar pada tanggal 2-5 Mei 2021, namun akhirnya ahrus diundur hingga bulan Desember. Pihak penyelenggara juga mengucapkan jika situasi belum kondusif, bukan tidak mungkin Comiket 99 akan diundur lagi. Namun jika mereka tidak bersiap dari sekarang, maka tidak akan ada lagi Comic Market.

Sebagai perwujudan dari kebijakan pembatasan pengunjung ini, rencananya pihak penyelenggarakan akan menggunakan sistem undian lotre untuk menentukan mereka-mereka yang dapat berpartisipasi. Selain itu semua pengunjung juga diwajibkan untuk menjalani seluruh protokol kesehatan seperti mengenakan masker.

Comic Market, atau yang lebih lazim disingkat Comiket, adalah acara pasar kreatif di mana penggemar dan kreator bisa saling berbagi dan mengekspresikan dirinya di sini. Berbagai produk derivatif dari karya-karya terkenal (doujin) berbentuk komik, aksesoris, poster, maupun cosplay muncul di sini. Acara ini berlangsung dua kali setahun, yaitu edisi musim panas yang biasanya digelar bulan Agustus, dan edisi musim dingin yang digelar pada akhir Desember. Dalam setiap penyelenggaraannya, acara ini berhasil menarik sekitar 600 ribu pengunjung.

KAORI Newsline | Sumber: Anime News Network

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.