Enako Dikritik “Fans” Karena Cosplay “Gravure” Tohru dari Anime Maid Dragon, Kenapa?

0
Enako bercosplay sebagai Tohru dari seri Miss Kobayashi's Maid Dragon. © Futabasha

Dalam terbitan majalah komik Manga Action edisi September 2021, Enako bercosplay sebagai Tohru, karakter pelayan (maid) dari seri komik Miss Kobayashi’s Dragon Maid (Kobayashi-san Chi no Maid Dragon). Kolaborasi Enako yang akan dimuat dalam dua volume Manga Action ini pada edisi pertama menampilkan Enako dengan kostum bikini yang seksi dan menggoda.

Dalam foto yang dimuat akun Twitter resmi Manga Action, ditampilkan Enako yang melakukan sesi pemotretan gravure, dengan kostum bikini, dan kostum baju pelayan seperti yang dipakai oleh Tohru.

https://twitter.com/manga_action/status/1422376211905351681

 

Namun cosplay ini tidak serta merta ditanggapi positif. Enako memosting salah satu keluhan warganet di Twitter yang tidak menyukai cosplay gravure dirinya, menganggap hal tersebut “menghina terhadap sang kreator”, serta menuding dirinya “hanya peduli uang” dan “tidak menjiwai karakter”, serta “sepantasnya dia jadi gravure idol saja”.

https://twitter.com/enako_cos/status/1421757814645526531?s=19

“Padahal ini pekerjaan yang diterbitkan di majalah komik “Maid Dragon”, di mana “pemilik lisensi” mengusulkan konsep “kolab foto model gravure” dan menyiapkan kostumnya.
Penghinaan kah kalau aku menerima pekerjaan resmi?
Kalau kamu memang cinta dengan karya aslinya, terus kamu bisa menilai begitu saja?”

Sang penerbit pun ikut mengklarifikasi mengenai isu ini dalam cuitan twitnya.

https://twitter.com/manga_action/status/1422376677410185219

“Kolaborasi foto gravure dalam majalah Gekkan Action bulan September dan majalah Manga Action edisi 17 Agustus direncanakan dan dikerjakan oleh tim editorial yang juga mengerjakan kostumnya.

Mengenai kolab foto gravure, kami telah menerima izin dari Coolkyousinjya-sensei untuk melakukannya, dan dalam pengarahan departemen editorial, kami melakukannya demi kepuasan para pembaca, kami memahami bahwa ada sebagian yang membanggakan “cosplay” yang sesuai dengan karya aslinya, namun kami berharap supaya orang yang tidak mengenal karya aslinya pun bisa menyenangi halaman gravure ini.

Terima kasih atas komentar dan saran para pembaca. Kami memahami ada banyak pendapat dan kesan, namun seluruh tim editorial akan berusaha semaksimal mungkin agar majalah ini bisa dinikmati semua orang, jadi mohon dukungan untuk ke depannya.”

Isu foto gravure ini sempat menjadi polemik di jagat Twitter, namun sebagian komentar populer tampak tidak mempermasalahkan foto gravure ini.

Simak foto-foto di balik layar dari sesi fotografinya di bawah ini.

https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/169216/aduhai-manisnya-enako-bercosplay-tohru-dari-kobayashi-san-chi-no-maid-dragon

Dikenal juga dengan judul Miss Kobayashi’s Dragon Maid, anime ini adalah anime yang diangkat dari komik berjudul sama karya Coolkyoushinja. Anime yang diproduksi oleh Kyoto Animation ini ditayangkan pada musim dingin tahun 2017 sebanyak 13 episode. Sementara itu, serial komiknya pertama kali terbit pada Mei 2013 di majalah komik Monthly Action milik penerbit Futabasha.Cerita dari komik ini kemudian diangkat ke dalam tiga serial spin-off, yaitu Kobayashi-san: Kanna no Nichijō, Elma no OL Nikki, dan Lucoa wa Boku no xx Desu. Ketiga komik ini masing-masing mengisahkan kehidupan sehari-hari Kanna, Elma, dan Lucoa.

Musim kedua anime ini mulai ditayangkan pada awal Juli 2021 di Jepang.

https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/159050/heboh-inilah-pendapatan-enako-sebagai-cosplayer-selama-tahun-2020
 
KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.