Starry Dolly atau Hoshizora Dolly merupakan sosok VTuber yang turut meramaikan jagat hiburan virtual masa kini yang seolah tak ada habisnya untuk dibicarakan ini. Apalagi dengan banyak VTuber-VTuber yang mencari peruntungan di dunia virtual dan saling menunjukkan kebolehan masing-masing, tak terkecuali dengan Starry Dolly. Ia merupakan sosok Vtuber “kucing pencuri” yang diorbitkan oleh Pymiiya Virtual Idol Production Team dari Taiwan. Starry Dolly sendiri didesain oleh seorang ilustrator terkenal di Taiwan dan Jepang, bernama 夏阿特 (Xia Ate) yang karya-karyanya mencakup sejumlah seri terkenal Nintendo seperti “Pokemon” dan “Splatoon”. Publik bisa terus mengikuti karier kriminal virtual Starry Dolly melalui akun youtube resmi 星空朵莉 ch.

Kenalan Dengan Starry Dolly: Kucing Pencuri yang Siap Meramaikan Jagat Vtuber

KAORI sempat mewawancarai Starry Dolly tak lama setelah ia debut pada 10 Juli 2021 lalu. Mari simak lebih lanjut bincang-bincang KAORI bersama sang Vtuber “kucing pencuri” dari Taiwan, Starry Dolly:

Hai Dolly, senang bertemu denganmu!

Hai semuanya! Aku Starry Dolly dari Taiwan. Senang bertemu denganmu juga!

Kami telah mengikuti aktivitasmu selama ini. Rasanya menarik melihat latar belakangmu sebagai sebagai pencuri yang dicari-cari, namun kini memilih menjadi VTuber. Bagaimana sih perjalanan awal Starry Dolly menjadi seorang VTuber?

Aku tertarik menjadi VTuber karena terinspirasi dari majikanku. Ayahku juga ingin aku punya teman banyak. Makanya aku menjadi pencuri untuk dapat teman lebih banyak lagi. Tapi suatu saat aku bertemu dengan bos yang menyarankan untuk menjadi VTuber agar makin terkenal.

Kamu tidak takut digrebek polisi saat sedang melakukan siaran? Padahal bisa saja polisi melacak keberadaanmu.

Oh tenang saja! Karena pak bos akan mengurus segalanya kalau ada apa-apa. Apalagi aku juga cukup ahli dalam melarikan diri. Jadi tak perlu khawatir, dan saksikan saja streaming-streamingku, karena aku ingin berteman dengan kalian semua!

Siapa yang  menginspirasimu untuk menjadi VTuber?

Aku tidak terlalu banyak mengetahui tentang VTuber sebelumnya. Bosku lah yang telah mengenalkanku dengan dunia VTuber. Jadi, terima kasih pak bos!

Bagaimana iklim VTuber di Taiwan? Apa saja yang menarik di sana?

Sudah cukup banyak VTuber di Taiwan. Cukup banyak juga orang Taiwan yang ingin menjadi VTuber. Bahkan kudengar ada juga Youtuber yang kini menjadi VTuber. Jadi cukup menarik. Omong-omong, ada berapa banyak VTuber di Indonesia? Starry Dolly Cukup banyak. Apalagi ada 2 agensi besar seperti Nijisanji dan Hololive, hingga agensi independen lainnya.

Wow, banyak sekali ya!

Siapa saja VTuber yang paling digemari fans di Taiwan, dan konten apa saja yang digemari?

Kebanyakan sih konten gaming ataupun benyanyi.

Jadi bagaimana rasanya Starry Dolly menjadi VTuber?

Awalnya aku cukup gugup karena tidak terlalu banyak bermain game sebelumnya. Namun dukungan dari para fans, para “Little Fries”-lah yang terus memotivasiku. Mereka banyak mengajariku dalam bermain. Menyenangkan rasanya bermain bersama banyak orang.

Sepertinya Dolly suka sekali dengan kentang goreng, bahkan menamakan fansmu sebagai “Lil French Fries” atau “Little Fries”. Memangnya, apa sih kentang goreng favorit Dolly?

Dolly senang banget dengan museum kentang goreng di Belgia ini lho!

Aku suka sekali kentang goreng! Kentang goreng favoritku ada di Belgia. Di sana ada banyak sekali kentang goreng dijual di mana-mana. Yang menarik, di Belgia biasanya orang memakan kentang goreng dengan saus dan mayones. Rasanya enak sekali! Oh iya, di Belgia juga ada museum kentang goreng lho. Jadi aku senang sekali jalan-jalan ke sana.

Apa Dolly suka nonton Detektif Conan? Apalagi penampilan Dolly sangat terinspirasi dari Magic Kaito. Memangnya, apa sih anime kesukaan Dolly?

Aku suka anime yang jenaka dan ringan. Aku suka Uma Musume, apalagi bosku juga suka Uma Musume, dan ceritanya sangat exciting. Apalagi mereka berlari kencang sepertiku! apa aku bisa ikut berlomba dengan mereka juga? Kira-kira kucing bisa ikutan tidak ya? Oh ya, aku juga suka anime Hamefura dan ingin membeli versi game-nya juga. Ada anime tentang kentang goreng tidak ya? Kalau ada sepertinya menarik. Oh, tapi aku tidak suka yang seram-seram!

Sebagai seorang pencuri, siapa karakter kaito atau pencuri terfavorit?

Dolly ternyata suka Kamikaze Kaito Jeanne lho! (Sumber: https://shopee.co.id/veronica.maris)

Aku suka Magic Kaito karena dia keren banget. Aku juga suka dengan komik berjudul Kamikaze Kaito Jeanne. Ini komik jadul yang temanya lebih ke otome manga, dan karakter utamanya imut~.

Kita juga sudah melihat beberapa stream karaoke Dolly. Wow, ternyata Dolly suka dengan lagu-lagu lama ya. Dan ternyata Dolly sangat piawai dalam bernyanyi!

Terima kasih. Lagu-lagu lama memang banyak yang tak lekang oleh waktu. Aku memang suka bernyanyi meski tidak terlalu piawai. Tapi bernyanyi membuatku senang. Aku suka lagu-lagu dari filmnya Disney, seperti lagu dari film Mulan, Beauty and The Beast, Little Maid, Tangled, Wreck it Ralph, dan Brave. Aku suka lagu-lagu Disney dengan berbagai versi seperti versi piano hingga jazz.

Selain bernyanyi, sepertinya kamu juga suka bermain game. Apa sih game kesukaanmu?

Aku sebenarnya tidak terlalu jago nge-game. Tapi kalau mau mencoba nge-game, aku sarankan buat main Apex karena di sini kamu bisa berteman sambil saling tembak-tembakan. Aku juga suka main Minecraft. Hewan-hewan di gamenya benar-benar imut, seperti salah satunya dombanya. Domba favoritnya Dolly di Minecraft adalah domba abu-abu karena katanya jadi domba paling imut~. Yang pasti aku tidak suka horror! Tidak suka yang seram-seram!

Bagaimana sih rasanya ketika kamu menyadari kalau ada fans VTuber dari luar Taiwan yang ternyata mengenali keberadaan dan kiprahmu sebagai seorang VTuber?

Dolly sangat senang dengan orang dari luar negeri mengenal Dolly. Mereka sangat baik, bahkan sampai mencoba berbahasa Inggris hingga Jepang demi bisa berbincang denganku yang tak bisa berbahasa Indonesia. Karenanya aku akan selalu mencoba untuk menjawab sambutan dari para fans, karena senang sekalu rasanya punya teman dari seluruh dunia. Jadi jangan malu untuk meninggalkan komentar dalam bahasa Inggris atau Jepang di stream-stream Dolly!

Dengar-dengar nih, Dolly terpilih menjadi VTuber setelah melalui audisi yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta di Taiwan. Pasti mengesankan sekali ya? Bagaimana sih agensinya?

Rasanya bersyukur sekali. Karena karena pak bos selalu berpesan kalau mau jadi VTuber, cukup menjadi diri sendiri, dan lakukan apa yang biasa dilakukan, seperti trik-trik pencuri, atau apa yang biasa dilakukan kucing. Tapi sejujurnya, aku tidak tahu terlalu banyak mengenai agensi secara keseluruhan karena biasanya kalau bicara langsung ke pak bos. Tapi aku sangat senang dan berterima kasih kepada para staff yang sudah bekerja keras.

Sekarang Dolly sudah diikuti oleh lebih dari 2000 pengguna Youtube. Tentu itu sangat mengesankan. Kini apa sih rencana ke depannya sebgai VTuber?

Kuharap para penonton menyukai konten-konten streaming dari Dolly!

Kalau ada kesempatan untuk kolaborasi dengan VTuber lainnya, ingin kolaborasi dengan siapa?

Dolly ingin banget lho bisa collab bareng Gawr Gura! Dia imut dan keren!

Sungguh pembicaraan yang menarik dan menyenangkan. Semoga saja kita bisa berbincang-bincang lagi lain waktu. Sekarang ada pesan yang ingin disampaikan kepada para fans?

Dolly ingin berterima kasih kepada para penonton yang sudah menonton siaran Dolly. Aku tidak terlalu familiar dengan dunia VTuber, dan ini adalah pertamakalinya Dolly diwawancara. Jadi terima kasih. Karena para teman-teman dan fans lah yang membuatku sangat senang menjadi VTuber. Jadi kalian para Little Fries, jangan lupa untuk makan yang banyak, istirahat yang cukup, dan tetap sehat dan bahagia, jadi bisa terus menyaksikan siaran Dolly!

Sekali lagi, terima kasih kepada Starry Dolly.

Sama-sama, terima kasih juga. Rasanya menyenangkan sekali!

KAORI Newsline | Terima kasih kepada Starry Dolly | Wawancara oleh Yogi Andriansyah, Ken Keinda D. Adilia, & Ferdian Tiraska | Artikel digubah oleh oleh Dody Kusumanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.