Pada tanggal 18 November 2021, OPPO Indonesia resmi mengumumkan salah satu smartphone terbaru dari lini ‘A‘ Series setelah sekian lamanya selama dua tahun dengan target untuk first jobber maupun anak muda yang aktif yaitu OPPO A95. Di seri A95 memberikan kesan seperti smartphone flagship di kelas mid range, berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh A95 ini:

Layar Dan Desain Yang Menawan

OPPO A95

Di seri A95 kali ini, OPPO menggunakan layar AMOLED dengan panjang 6,43 inch yang mempunyai rasio layar-ke-perangkat sebesar 90,8% dan mempunyai resolusi FHD+ yaitu 2400×1080 Pixel. OPPO juga menerapkan fitur All-day AI Eye Care di layar A95 ini. Fitur tersebut meliputi AI Smart Backlight dan DC Dimming yang berfungsi untuk memastikan pengalaman visual yang lebih nyaman pada saat menggunakannya dan menjaga kesehatan mata bagi penggunanya.

OPPO A95

Untuk di sisi desain, A95 untuk pertama kalinya menerapkan fitur OPPO Glow. Berbeda dengan seri flagshipnya OPPO yaitu RENO series yang menggunakan Fitur RENO Glow, di OPPO A95 menggunakan OPPO Glow yang mempunyai fitur berbeda yang di mana fitur OPPO Glow memberikan tampilan kilauan yang halus pada back cover dengan lapisan matte yang digandakan. Dengan adanya fitur OPPO Glow di A95 tidak hanya membuat smartphone tersebut terasa halus tapi juga membuat A95 ini bebas sidik jari dan tahan goresan. Untuk beratnya di A95 ini, Oppo berhasil meramu untuk hadir dengan ketebalan 7,95 mm dan berat hanya 175 gram.

Proci Andalan Dengan Fitur RAM Expansion & Hadirkan NFC

OPPO A95

OPPO A95 hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 662 yang memberikan performa lancar dan efisien dalam penggunaan sehari-hari. Untuk bermain gaming macam PUBG Mobile di A95 ini hanya bisa mentok di setting grafis smooth – high dan balance – medium. Sedangkan untuk game Mobile Legends mendapatkan setting graphic di Ultra dengan resolusi HD dan High Frame Rate yang menghasilkan FPS dari 30-40 FPS pada saat bermain. Akan tetapi untuk proci macam Snapdragon apalagi seri 662 yang dipakai di A95 ini jangan berharap untuk bisa bermain game macam Genshin Impact karena pada saat penulis mencoba A95 untuk game satu ini, ternyata hanya dapat setting ‘Lowest‘ dengan FPS yang mentok di 15-25 FPS. Pada saat battle terasa drop banget frame rate-nya dan baru dimainkan selama 15 menit langsung terasa panas (*maklum karena game Genshin Impact memang butuh spek tinggi sih). Dengan adanya prosessor bagus, OPPO juga hadirkan fitur System Booster untuk optimalisasi sistem agar smartphone berjalan mulus mau itu dipakai gaming, chatting maupun browsing. Tidak sampai di situ saja karena OPPO juga hadir dengan RAM sebesar 8 GB dengan ROM sebesar 128 GB yang bisa mengekspansi memori eksternal sampai 256 GB. Untuk di bagian RAM inilah yang jadi nilai plus di A95, karena OPPO menghadirkan fitur RAM Expansion sampai sebesar 5 GB jika dirasa kurang dalam penggunaan RAM 8 GB, penggunaan RAM Expansion akan menggunakan internal storage sebagai gantinya untuk menambah RAM tersebut. Tidak ketinggalan juga di seri A95 ini hadir fitur NFC yang memudahkan penggunanya dalam penggunaan uang elektronik jika lupa membawa kartu elektronik atau e-money dalam bertransaksi.

Baterai Besar Dengan Sistem Charging Yang Bikin Baterai Tahan Lama

A95 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 5000mAh dengan fitur 33W Flash Charge yang dapat mengisi penuh selama 72 menit dan jika di-charge selama 5 menit pengguna bisa menikmati 1,8 jam untuk streaming YouTube dan 5,7 jam panggilan suara. A95 hadir dengan fitur untuk pengisian daya seperti Battery Guard yang melindungi pengisian daya semalaman secara smart yang disesuaikan dengan kebiasaan penggunanya, ada juga fitur Charging Heat Control yang memantau pembuangan panas dan mengontrol suhu suatu perangkat saat di-charge untuk mengurangi masalah yang selalu terjadi pada keamanan pengisian daya. Tidak hanya itu saja, di A95 juga hadir fitur Super Power Saving Mode dan Super Nightime Standby yang memaksimalkan masa baterai di saat kondisi paling dibutuhkan.

Hadirkan Triple Camera Kaya Fitur

Untuk pengguna yang suka akan fotografi dan videografi, di OPPO A95 dilengkapi dengan 48MP Triple Camera di bagian belakang. Fitur triple camera ini hadir bersama dengan serangkaian fitur yang didukung oleh kecerdasan buatan atau AI untuk dapat menangkap gambar dengan kualitas tinggi. AI Scene Enhancement secara cerdas dapat mengenali berbagai skenario pemotretan seperti makanan, bunga, matahari terbenam, dan lainnya, kemudian mengoptimalkan warna, saturasi, dan kecerahannya. Adapun fitur Night Mode yang berguna untuk mengambil foto yang lebih cerah dan jernih dengan detail yang kaya pada malam hari atau dalam pencahayaan rendah alias low light. OPPO A95 juga mempunyai kamera depan sebesar 16MP yang dilengkapi fitur AI Beautification dan Front Night Mode. Kini pengguna akan jauh lebih mudah untuk mengambil foto selfie yang lebih jelas di berbagai kondisi pencahayaan. Bagi pengguna yang ingin mengabadikan video, OPPO A95 juga dilengkapi dengan serangkaian fitur seperti Steady Video, Slow-Motion Mode dan Aplikasi SoLoop, yang membantu menghasilkan rekaman setiap momen yang berharga. Tapi agak disayangkan sedikit, karena fitur perekaman hanya bisa mentok di resolusi 1080P dengan frame rate sebesar 30FPS.

Hadirkan Sertifikasi IPX4, Lolos Tes Ekstrim & OS Yang Optimal

OPPO A95 hadir dengan sebuah fitur keamanan smartphone pada saat beraktivitas di luar ruangan yaitu dengan adanya sertifikasi IPX4 yang di mana smartphone tersebut tahan akan percikan air (seperti gerimis hujan maupun cipratan air). Tidak hanya itu, di seri OPPO A95 juga diklaim sudah lolos tes yang sangat ekstrim seperti UV Test pada bagian back cover agar warna yang dihasilkan di OPPO A95 tidak pudar. OPPO juga mencoba tes yang tidak biasa yaitu dengan menaruh OPPO A95 di atas api maupun suhu yang panas pada bagian back cover-nya yang diklaim untuk memberikan jaminan awetnya baterai di OPPO A95 pada suhu panas ketika saat di-charge. OPPO A95 hadir dengan ColorOS 11.1 yang berbasis android 11 yang siap optimalkan smartphone tersebut dalam penggunaan sehari-hari dan baru juga dapat rumor bahwa di OPPO A95 nantinya bakal kemungkinan mendapatkan upgrade ke ColorOS 12 yang berbasis android 12.

Dibanderol Dengan Harga 3 Jutaan

Oppo A95 akan hadir dengan dua warna yaitu Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black yang siap dibandrol dengan harga Rp 3.999.000 pada tanggal 25 November 2021 nanti.

KAORI Newsline | Ditulis oleh Aldin Firgiawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.