Fall 2021 Anime: Sakugan

0
Sacks&Guns
©「サクガン」製作委員会/SAKUGAN Project

Sinopsis

“Labirin” adalah ruangan luas dan dalam di bawah tanah, di mana manusia saat ini tinggal bersama secara berkelompok. Kelompok tersebut dinamakan “koloni”. Seiring tahun, permukaan terasa seperti memori di masa lalu, bahkan hanya segelintir saja yang membayangkan rasanya seperti apa.

Untuk memastikan manusia dapat bertahan dalam lingkungan kejam di bawah tanah, para warga koloni ini melakukan berbagai pekerjaan yang terspesialisasi. Pekerjaan tersebut ditujukan agar menciptakan lingkungan yang baik antara sesama. Baik itu “workers” yang bertugas untuk menambang bijih agar koloni ini mendapatkan tenaga hingga “markers” yang bertugas untuk menjelajahi labirin bawah tanah ini untuk mendapatkan informasi terbaru. Akan tetapi, manusia juga terancam oleh kehadiran seorang makhluk bernama “Kaijuu” yang dapat menghancurkan koloni dalam satu waktu.

Inilah kisah anak kecil bernama Memenpu, ia merupakan lulusan perguruan tinggi yang penemuannya sangat membantu pekerjaan “workers” di koloni mereka. Akan tetapi, ia beberapa kali memimpikan suatu tempat yang jauh dimana langit terasa tidak ada batasnya. Karena itulah, ia beraspirasi menjadi seorang “Marker” untuk mengeksplorasi labirin ini. Walaupun begitu ayahnya Gagumber tidak menyetujuinya. Bagaimanakah Memenpu dapat meraih impiannya untuk melihat langit yang tanpa batas itu?

 Komentar

Cakra Bhirawa – Media Sosial

Salah satu anime yang cukup saya tunggu-tunggu karena saya hampir merasakan perasaan seperti anime Deca-Dance saat melihat poster visualnya.

Episode perdananya dapat dibilang melebihi ekspektasi saya. Baiklah mari coba saya bedah; cerita sederhana (oke), alur cerita yang mudah dipahami (oke), karakter yang menarik (oke), sebuah plot-twist yang terlalu cepat (ini saya sangat tidak menduga dan membuat saya cukup kaget karena diluar ekspektasi saya). Bagaimana tidak dalam episode 1-nya saja sudah langsung terjadi plot-twist yang cukup menikung sekali dari harapan saya, dan entah mengapa plot-twist ini terasa sangat dipaksakan sehingga membuat saya sedikit agak kecewa. Beruntungnya ceritanya cukup menarik sehingga itu saja udah cukup untuk melanjutkan menonton anime ini.

Dari segi animasi sendiri, anime ini sangat wah sekali dan membuat saya teringat dengan Deca-Dence yang hadir dengan animasi bagus dan penggambaran yang indah. Belum lagi lagu tema yang enak sekali untuk didengarkan. Sehingga secara keseluruhan saya mungkin dapat merekomendasikan anime ini kepada penonton yang ingin mencari anime berbeda serta mencari bumbu “mecha” didalamnya. 

Fakta dan Data

Judul Lain Sacks&Guns!!
Sakugan Labyrinth Marker
Project ANIMA
サクガン
Karya Asli Novel karangan Nekotarou Inui
Pengisi Suara Hiroki Touchi (Psycho-Pass, Gochiusa) sebagai Gagumber
Kanon Amane sebagai Memenpu
Toshiyuki Toyonaga (World Trigger, Mahou Shoujo Ore) sebagai Yuri
Kana Hanazawa (Jahy-sama wa Kujikenai, Magia Record) sebagai Zackletu
Sutradara Junichi Wada (Caligula, Gosick)
Naskah Cerita Mariko Mochizuki (Momokuri, Aquarion Logos)
Shingo Nagai (Girly Air Force, Sunohara-sou no Kanrinin-san)
Desainer Karakter Shunpei Mochizuki (Made in Abyss, Kancolle)
Lagu Pembuka
Koukotsu Labyrinth” oleh Masaaki Endoh
Lagu Penutup
Shine” oleh MindaRyn
Studio Satelight (Log Horizon, SukaSuka)
Situs resmi http://sakugan-anime.com/
Twitter @ANIMA_info
Mulai tayang pada 7 Oktober 2021 (1430 GMT, 2130 WIB, 2330 JST)

Screenshot dan Video

©「サクガン」製作委員会/SAKUGAN Project
©「サクガン」製作委員会/SAKUGAN Project
©「サクガン」製作委員会/SAKUGAN Project
©「サクガン」製作委員会/SAKUGAN Project

KAORI Newsline | Oleh Cakra Bhirawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.