BAGIKAN

aikatsu

Aikatsu, game arcade dan anime anak-anak populer di Jepang kini sudah rilis secara resmi di Indonesia. Hal ini tentu membuat fans setianya senang, sekaligus membawa kumpulan fans baru di Indonesia yang beragam jenisnya. Kali ini liputan KAORI akan mengulas tentang game arcade Aikatsu sendiri.

Meski Aikatsu sendiri sering dirumorkan sebagai game yang juga dimainkan oleh om-om, alias Aikatsu-ojisan, nyatanya target demografis Aikatsu, yaitu anak perempuan, masih tercapai. Saat saya memainkan game ini di Margo City Depok, hanya sekali saya melihat lelaki lewat usia target yang tertarik memainkannya. Selebihnya adalah anak-anak perempuan, termasuk saya, meskipun kira-kira saya sepuluh tahun di atas target penjualan utama. Setelah diselidiki, ternyata ini juga ternyata tak jauh berbeda di Jepang, dimana Aikatsu-ojisan tidak begitu signifikan.

Bicara soal perbedaan Indonesia dan Jepang, keseluruhan game Aikatsu sendiri didubbing dalam bahasa Indonesia, bahkan lagu-lagunya. Beberapa lagu yang tak kena dubbing di versi animasi tetap kena dubbing di sini. Dubbing lagu versi Indonesia di gamenya lebih bagus kualitas suaranya dibandingkan dubbing lagu versi animasi.

Permainan Aikatsu sendiri cukup mudah dimengerti. Ada dua jenis permainan, yaitu Live Show dan Fashion Show. Keduanya tidak jauh berbeda, pemain cukup memencet tombol mengikuti penunjuk dan ritme yang ada. Hal yang membedakan hanyalah penempatan penunjuk tombol. Dalam Live Show, penunjuk hanya akan muncul dari pinggir kiri atau kanan, dan dalam Fashion Show, akan ada bentuk (lingkaran, segitiga atau persegi) dimana petunjuk tombol yang harus ditekan dan penunjuknya akan memutar dalam bentuk tersebut.

Dengan kartu yang didapatkan tiap kali bermain, pemain dapat memakai beragam pakaian dalam permainan. Dalam versi pertama ada tiga tipe kartu, yaitu Cute, Cool dan Sexy, dan ada empat jenis kartu, atasan, bawahan, sepatu dan asesoris. Pemain dapat mendapatkan poin ekstra dengan menyamakan tipe pakaian dengan tipe panggung, menyamakan kartu dengan tipe yang sama membuat pemain dapat melakukan Special Appeal. Ditambah lagi, brand khusus akan memiliki Special Appeal sendiri-sendiri.

20141121_154225

Sebagai fans setia dari Aikatsu, saya sudah memiliki cukup banyak kartu. Itu juga termasuk sebuah ID card. Kartu ID ini dapat menyimpan 400 kali data permainan, dan membuka peluang-peluang baru dalam permainan Aikatsu. Termasuk juga karakter sendiri yang bisa dinamai dan diubah penampilannya sesuai keinginan. Memenangkan panggung melawan rival dapat membuka kostumisasi baru untuk karakter.

Namun, tanpa ID card permainan Aikatsu sungguh sangat terbatas. Hanya ada 3 stage dari 2 pilihan mode permainan yang bisa dimainkan. Sangat dianjurkan untuk membeli kartu ID untuk bermain Aikatsu, karena tanpanya permainan ini bisa jadi sangat membosankan.

Singkat cerita, permainan ini permainan yang cocok dan menyenangkan untuk dimainkan anak perempuan. Apalagi dengan tema fashion dan idola yang sedang naik daun. Sangat simpel, mudah dan menyenangkan. Sayangnya, dengan harga sekitar 10 ribu untuk sekali main atau membeli kartu, juga kebutuhan kartu ID untuk permainan maksimal, game ini bisa jadi sangat boros untuk kantong.

This slideshow requires JavaScript.

Aikatsu, atau kepanjangannya Aidoru Katsudō!, atau dalam Bahasa Inggris disebut Idol Activities! adalah permainan kartu digital di mana pemain menjadikan tokoh yang dimainkannya sebagai seorang idola yang terkenal. Pemain memasukkan kartu yang terbagi dalam empat set yaitu atasan, bawahan, sepatu, dan aksesoris dan item tersebut akan menempel pada sang idola. Menceritakan perjalanan Ichigo Hoshimiya dan kawan-kawannya yang ingin menjadi seorang idola. Dalam perjuangannya, ia menggunakan Aikatsu Card yang bisa bertransformasi menjadi pakaian dan aksesori-aksesori yang dibutuhkan untuk menjadi idola. Kesuksesan gamenya membuatnya diadaptasi menjadi Anime yang kini disiarkan di Indonesia melalui saluran televisi RCTI.

Saat ini game Aikatsu sudah tersebar di berbagai gera-gerai permainan di sejumlah tempat di Indonesia. Bagi anda yang ingin mendapat informasi lebih lanjut, anda bisa mengunjungi situs resmi dari Aikatsu Indonesia.

KAORI Newsline | Teks oleh Aya Yuuhi, foto oleh Aya Yuuhi dan Shofa

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.