Pasažieru Vilciens Perkenalkan KRL Baru Untuk Latvia

0
CEO Pasažier Vilciens bersama Menteri Transportasi Latvia luncurkan kehadiran KRL baru perdana sejak tahun 1989 (Railway Gazette)

Operator kereta api (KA) penumpang nasional Latvia, Pasažieru Vilciens memperkenalkan kehadiran kereta rel listrik (KRL) baru untuk memperkuat armada di jaringan perkeretaapian negaranya. Peluncuran KRL baru ini dilakukan di pabrik kereta terkemuka Škoda Vagonka di Ostrava, Republik Ceko dan dihadiri oleh CEO Pasažieru Vilciens, Rodžers Jānis Grigulis serta Menteri Transportasi Latvia, Tālis Linkaits. KRL anyar ini sendiri merupakan hasil pengadaan KRL baru pertama bagi Latvia sejak terakhir dilakukan pada 1989 silam.

Sebanyak 128 unit kereta yang dibagi menjadi 32 rangkaian kereta (trainset) berformasi 4 kereta dipesan oleh Pasažieru Vilciens kepada Škoda dengan nilai kontrak pengadaan sebesar 241,9 juta Euro pada Juli 2019. Dalam pidatonya, CEO Pasažieru Vilciens mengungkapkan kegembiraannya atas kehadiran kereta baru untuk perusahaan mereka ini. “Kereta ini membawa Latvia menuju standar kualitas yang baru.”, ungkap Rodžers.

Sementara itu Tālis mengatakan bahwa produksi seluruh kereta ini telah berjalan sesuai jadwal dan rencananya akan mulai dikirim ke Latvia pada musim semi 2022. Ditargetkan KRL baru ini dapat mulai diuji coba pada bulan Maret 2022 dan diharapkan dapat mulai dioperasikan di Latvia pada musim gugur mendatang.

Tampilan KRL baru Pasažier Vilciens di pabrik Škoda Vagonka di Ostrava, Republik Ceko (International Railway Journal)

KRL ini memiliki lebar sepur 1.520 mm dan merupakan versi sepur lebar dari tipe RegioPanter andalan Škoda yang sudah dioperasikan di wilayah Republik Ceko dan Slovakia. KRL ini dirancang dapat melaju hingga kecepatan 160 km/jam, meskipun pada operasionalnya maksimal hanya dapat dijalankan dengan kecepatan 120 km/jam pada saat ini.

Latvia sendiri telah mencanangkan peningkatan kecepatan KA di jaringan jalur KA nasional agar kereta dapat melaju hingga 140 km/jam di tahun 2023 dan ditargetkan dapat mencapai kecepatan operasional 160 km/jam di tahun 2035 mendatang. Sementara itu, Latvian Railways juga melakukan penyesuaian peron di 48 stasiun untuk mengakomodir pengoperasian KRL baru ini, yang memudahkan mobilitas penumpang serta memberikan akses untuk penumpang dengan kursi roda dan barang bawaan besar yang lebih baik.

KRL anyar ini memiiki panjang 109,8 m per trainset, yang dapat mengangkut hingga 890 penumpang. KRL ini akan dioperasikan pada jaringan berelektrifikasi 3.000V DC yang tersedia di jaringan jalur KA antara ibu kota Latvia, Riga dengan Aizkraukle, Tukums, Skulte, dan Jelgava.

Sistem elektrifikasi ini sendiri rencananya akan ditingkatkan dan diperbarui menjadi 25kV AC di masa mendatang, dan KRL ini juga sudah dilengkapi fitur dual mode yang memungkinkan untuk dioperasikan baik pada jaringan elektrifikasi DC di saat ini maupun jaringan dengan elektrifikasi AC di masa mendatang tanpa harus memodifikasi keretanya.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.