Mulai Karir Komikmu di Paras Comic Championship 2022!

1
Paras Comic

Sebagai komikus pemula, pasti kamu punya hasrat terdalam untuk mempublikasikan komik kamu dan membagikan passion kamu di depan banyak calon pembaca yang suportif dan membentuk komunitas penggemar komik yang membangun karir. Atau bahkan kamu ingin mendapatkan pengakuan dari komunitas komik Indonesia?

Nah, sekarang saat yang tepat bagi kamu untuk mempersiapkan diri dan menjadi bagian dari euforia Paras Comic Championship 2022!

Paras Comic sangat bersemangat dan terbuka akan perkembangan komik di Indonesia. Maka dari itu, inilah kesempatan kita untuk sama-sama meramaikan kultur komik lokal dan menciptakan cerita-cerita baru yang tidak kalah menarik!

Paras Comic Championship 2022 akan diadakan untuk meramaikan dunia komik Indonesia tahun ini dengan tema utama Fantasy into Reality. Kami ingin memberikan ruang bagi author fantasi untuk menjadikan fantasi mereka menjadi ‘nyata’ dan mengajak para pembaca untuk masuk ke dalam duniamu.

Kamu bisa langsung memilih di antara dua kategori: Action-Fantasy dan Romance-Fantasy. Padukanlah dunia fantasi dalam komik kamu dengan nilai-nilai aksi dan romansa yang memikat. Siapa tahu, tahun ini kamu yang bisa membawa pulang hadiah dengan total ratusan juta rupiah, dan jadilah official author komik fantasi di Paras Comic!

Sedikit berbeda dengan event Valentine sebelumnya yang berbentuk one-shot, kali ini Paras Comic akan menantang para author untuk membuat komik berseri dan menunjukkan plot terbaik kalian.

Jika kalian semakin tertantang untuk berpartisipasi pada lomba bulan ini, yuk simak timeline pelaksanaan Paras Comic Championship tahun ini!:

22 April – 30 Mei : Periode submit komik

31 Mei                   : Pengumuman Top 15

1 Juni – 18 Juli : Final

1 Juni – 19 Juli : Masa voting

20 Juli                  : Pengumuman lomba

Nah, setelah mengetahui waktu pelaksanaan dari pelaksanaan lomba dan memperkirakan efektivitas dari manajemen waktumu, sekarang mari simak peraturan dari Paras Comic untuk kompetisi bulan ini:

  1. Komik yang didaftarkan harus
  2. Komik harus berwarna.
  3. Komiknya harus dalam format webtoon.
  4. Komik harus dalam bahasa Indonesia.
  5. Kamu harus mengirimkan plot + satu chapter berwarna dalam format .jpg atau .jpeg untuk babak penyisihan (min. 40 panel).
  6. Untuk babak final, wajib mengirimkan chapter berikutnya dari komik kamu (min. 40 panel).
  7. Ukuran piksel harus 1000×800 dengan resolusi 300 dpi.
  8. Sertakan juga logo dari komik kamu yang berukuran 1080×1080 piksel dengan resolusi 300 dpi.
  9. Sertakan juga sampul komik kamu yang berukuran 2048×2848 piksel dengan resolusi 300                  (silahkan          download         cover   template          di bit.ly/ParasChampionshipCover)
  10. Komik belum pernah dipublikasikan di website manapun dan/atau di kompetisi lainnya.
  11. Paras Comic tidak menoleransi plagiarisme.
  12. Diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam tim maupun individu.
  13. Peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu judul.
  14. Kontestan Top 15 wajib menandatangani kontrak eksklusif dengan Paras Comic.
  15. Kontestan Top 15 akan maju ke babak final untuk memperebutkan posisi juara 1 dan juara 2 di masing-masing kategori
  16. 2 pemenang di setiap genre akan dipilih oleh pembaca dengan cara voting di channel Discord Paras Comic.
  17. Keputusan juri dan voting bersifat final dan tidak dapat diubah.

Paras Comic Championship 2022 tidak dipungut biaya sepeserpun. Maka, jika para author maupun anggota tim menemukan bentuk pungutan liar, berita bohong, maupun penipuan yang mengatasnamakan Paras Comic, jangan segan dan segera melaporkan pelanggaran tersebut kepada pihak Paras Comic.

Meski setiap komik memiliki warna dan poin terkuatnya masing-masing, namun setiap kompetisi pun memiliki pemenangnya masing-masing. Maka, berikut ini adalah poin-poin penjurian yang harus kamu perhatikan dalam komik yang akan kamu ajukan:

  1. Kesesuaian tema
  2. Gambar
  3. Alur cerita/plot

Untuk komik-komik terbaik yang telah kalian siapkan, Paras Comic juga akan memberikan hadiah yang terbaik untuk para pemenang terpilih, yaitu:

Kategori Action-Fantasy

Juara 1 : Rp 40.000.000

Juara 2 : Rp 30.000.000

Kategori Romance-Fantasy

Juara 1 : Rp 40.000.000

Juara 2 : Rp 30.000.000

Top 15: Rp 3.500.000 (setiap pemenang)

Semua pemenang bertanggung jawab atas pajak atas hadiah uang tunai.

Psst, tidak hanya hadiah uang tunai, Paras Comic juga akan memberikan bentuk apresiasi lainnya, seperti e-certificate (untuk pemenang Top 15), piala eksklusif, dan merchandise eksklusif Paras Comic untuk dua pemenang utama dari tiap kategori.

Semakin menggiurkan, bukan? Kira-kira apakah ini kesempatanmu untuk unjuk gigi sebagai komikus fantasi terbaik di Paras Comic? Buktikan sendiri dan jangan takut untuk memulai! Ikuti terus informasi mengenai Paras Comic Championship 2022 di media sosial kami dan join di Discord kami: bit.ly/ParasComicDiscord

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

1 KOMENTAR

  1. Wah saya masih belum pernah buat komik kaya webtoon begitu saya yang masih pemula tetapi berminat boleh ikutan juga kah min😅?

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.