Mahabharata

Pada tanggal 12 Desember 2014 lalu, pihak Sari Rasa Nusantara yang memperkenalkan dan mengelola restoran TeSaTe, Sate Khas, Senayan, dan Sate Khas Express kembali meluncurkan komik wayang terbarunya, Mahabharata. Perilisan ulang komik karya R.A Kosasih (alm) ini bertepatan dengan perayaan 40 tahun perjalanan kuliner dari Sari Rasa Nusantara.

Bekerjasama dengan Anjaya Books, penerbitan ulang komik Mahabharata karya RA Kosasih (alm) ini dilakukan dengan memberikan sentuhan seni modern tanpa menghilangkan esensi asli yang terkandung di dalamya. Sehingga karya ini dapat dinikmati oleh lebih banyak kalangan, terutama generasi muda Indonesia.

Advertisement Inline

IMG_4056

IMG_4049

“Bukan sekedar menghibur, kisah cerita wayang khususnya Mahabharata memberikan kesan yang sangat mendalam,” ujar Benny Hadisurjo, Presiden Direktur CV Sari Rasa Nusantara. “Kekuatan karakter para tokoh di dalamnya, dengan segala kelebihan dan kekurangan mereka, mengajarkan kita akan nilai-nilai kebenaran. Merupakan kerinduan bagi saya agar kita bisa selalu menghargai dan mencintai budaya Indonesia”.

Diadaptasi dari epos Mahabharata (kisah keturunan Dinasti Bharata) yang merupakan salah satu epos paling terkenal sepanjang masa, Mahabharata adalah sebuah wiracarita yang tak akan lekang oleh zaman. Karya agung yang mengisahkan sebuah tragedi keluarga yang berujung pada sebuah perang besar di padang Kurusetra, yang menghadapkan dua kubu: Pandawa dan Kurawa. Dua keluarga ini menjadi sentral cerita dengan tali-temali kisah yang begitu kompleks.

Kebesaran kisah dari India yang menyeberang ke Tanah Air ini, tidak hanya terletak pada perang besar itu. Namun, ia menyimpan begitu beragam karakter tokoh, sangat kayanya konflik, dan lengkap pula dengan pergolakan batin tokoh-tokohnya. Riwayat ceritanya juga begitu panjang. Mulai dari para leluhur Pandawa sampai anak keturunan mereka. Mulai masa Prabu Santanu sampai Parikesit si penerus tahta. Mulai dari lahir sampai meninggalnya Pandawa dan juga Kurawa.

Pada acara peluncuran komik, juga ditampilkan drama tari Legong Mintaraga oleh Bengkel Tari Ayu Bulan. Yang istimewa adalah, penampilan Arianti Darmawan, pemilik CV Sari Rasa Nusantara sebagai Condong (pembuka/pencerita).

IMG_4072

IMG_4044

Sejak didirikan pada tahun 1974, Sari Rasa Nusantara telah bergerak aktif dalam usaha pelestarian budaya nusantara dengan mengangkat kuliner Indonesia khususnya Jawa. Ragam pilihan menu khas Indonesia tersebut telah berhasil menyentuh berbagai kalangan baik masyarakat asli Indonesia maupun mancanegara hingga kini.

IMG_4048

IMG_4053

IMG_4055

Memperkenalkan program Sari Rasa Celebrate Indoneisa, tahun 2009-2010, Sate Khas Senayan menerbitkan berbagai komik cerita wayang Indonesia sebagai upaya lain pelestarian budaya asli Indonesia. Adapun komik yang diterbitkan berjudul Riwayat Pandawa, Ramayana, Wayang Purwa 1, dan Wayang Purwa 2.

Pada tahun 2013, didorong oleh keinginan untuk lebih memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia, Sari Rasa Nusantara menerbitkan The Pandawa Story, versi bahasa Inggris dari Riwayat Pandawa.

IMG_4091

IMG_4052

IMG_4045

Komik Mahabharata ini dicetak dalam paket yang terdiri dari 3 buku yaitu Pandawa Jajaka, Pandawa Diasingkan, dan Bharatayuda Pandawa Seda. Komik ini diterbitkan secara terbatas sebanyak 500 paket bersertifikat sebagai bentuk apresiasi tertinggi terhadap maha karya R.A Kosasih.

RA Kosasih pertamakali menerbitkan komik Mahabharata pada tahun 1955 melalui Penerbit Melodie. Lewat goresan tangannya, RA Kosasih telah membawa kisah pewayangan yang sebelumnya selalu identik dengan budaya Jawa menjadi semakin populer di seluruh Indonesia dengan komiknya yang berbahasa Indonesia. Komik ini sendiri telah mengalami beberapakali penerbitan ulang dan kini akan diterbitkan sekali lagi oleh Anjaya Books dengan terdiri dari 40 jilid dengan total lebih dari 1600 halaman dikemas dalam 3 bundel hardcover dilengkapi dengan 40 sampul berwarna dan ukuran isi buku 16 cm X 24 cm hasil kerjasama UP. Melodie, RA. Kosasih, dan Anjaya Books.

Penjualan komik Mahabharata untuk umum akan dimulai pada Januari 2015 mendatang di seluruh outlet restoran milik CV Sari Rasa Nusantara. Selain komik Mahabharata, berbagai komik wayang lain yang telah dirilis oleh pihak Sari Rasa Nusantara juga dapat dibeli di berbagai outlet restoran milik CV Sari Rasa Nusantara.

KAORI Newsline | Isi dari siaran pers tidak mencerminkan sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI Nusantara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.