Catatan Harian Olin Diremake Ulang

104

catatan harian olin

Catatan Harian Olin. Sebuah kisah persahabatan tiga dara beda suku beda agama yang yang pernah diterbitkan pada tahun 2000an dalam waktu dekat akan diremake ulang dengan ilustrasi baru.

Ditulis oleh Ali Muakhir dengan Dyotami Febrianti yang bertanggung jawab menangani bagian ilustrasi (dan Sinta Sari khusus pada edisi kelima), Catatan Harian Olin bercerita mengenai persahabatan Olin (keturunan Jawa-Sunda beragama Islam), Kristin (keturunan Batak-Betawi beragama Kristen), dan Lia (keturunan Tionghoa beragama Buddha). Perbedaan latar belakang suku dan agama tidak menjadikan halangan bagi tiga dara berusia 16 tahun dan sama-sama terobsesi untuk menjadi model ini untuk bersahabat, saling mengerti, dan saling mendukung satu sama lain.

Pertamakali dirilis pada tahun 2000 lalu, Catatan Harian Olin telah dirilis melalui penerbit DAR! Mizan sebanyak 5 edisi yang masing-masing berjudul “Pilihan Terakhir”, “Aduh Pusing!”, “Selalu di Hati”, “Kekasih Sepenggallah”, dan terakhir, “Berdebar-debar” pada tahun 2005.

Kini Catatan Harian Olin akan segera ditulis ulang dalam bentuk remake berikut ilustrasi baru yang kali ini dipercayakan kepada Hasan Arifin. Versi baru ini akan diterbitkan oleh penerbit Curhat Anak Bangsa. Anda dapat melihat perbandingan ilustrasi versi lama dan versi baru pada gambar di bawah ini:

perbandingan

Perbandingan versi asli (kiri) dan versi baru (kanan)

Ali Muakhir mengenyam pendidikannya di Fakultas Agama Islam UNINUS. Sempat aktif menulis artikel di media massa, dirinya telah meraih berbagai macam penghargaan. Turut pula aktif menulis buku-buku anak, beberapa karya yang telah ditulisnya di antaranya adalah Cerita Nabiku sebanyak 25 judul, seri Cerita Balita 15 judul, seri Pengetahuan Dasar Balita 5 judul, seri Dongeng Mio, dan masih banyak lagi karya-karyanya yang ditulis bersama beberapa penulis lain, seperti antologi cerpen.

Adapun Hasan Arifin, memulai debut komikus dengan karaya pertamannya berjudul Heart Trick yang sempat di terbitkan KOLONI. Selanjutnya pria bandung kelahiran 26 juni 1987 ini aktif didunia komik sebagai illustrator buku seri remaja FantasTeen dan Bubblepop bersama CAB, Muffin Graphics dalam pengembangan komik lokal yang masih dinaungi penerbit Mizan Publishing House. Karya yang pernah terbit sebelumnya antara lain: Heart-Trick (Koloni/2010), My Premium Girl (Koloni/2011) Beberapa ilustrasi novel dan komik ZEE&SYD (Dar! Mizan /2012), Komik Seri Fantasteen dan Bubblepop (CAB/2013-2014) Catatan Harian Olin (CAB/2015) dan mungkin yang terakhir sempat berkolaborasi dengan Ockto Barimbing sebagai illustrator komik ‘Senyum 50000 Rupiah’ yang memenangkan silverwinner pada lomba Kompetisi Komik Indonesia 2014 lalu.

Catatan Harian Olin adalah sebuah serial yang diterbitkan dalam bentuk nomik. Singkatan dari novel komik, sesuai namanya, nomik adalah penggabungan dari novel dan komik di mana nomik adalah sebuah novel yang diberikan bubuhan komik pada beberapa adegannya. Sebagaimana versi aslinya, Catatan Harian Olin versi terbaru ini akan kembali diterbitkan dalam bentuk nomik.

KAORI Newsline

104 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.