Para penikmat jejepangan dalam negeri kembali dikejutkan dengan kehadiran dengan iklan bergaya anime! Bank BNI pada Sabtu, 10 November 2024 lalu merilis iklan anime untuk mempromosikan aplikasi mobile banking terbarunya, BNI Wondr. Menarik perhatian karena konsep cerita iklannya yang seperti anime slice of life lengkap dengan dubbing bahasa Jepang, banyak yang kaget karena iklannya ternyata digarap studio asal Indonesia, yaitu Ploopy Animations!

Dalam event Comic Frontier 19 pada 10-11 November 2024 lalu, tim Ploopy Animation ternyata juga membuka booth circle dan melakukan “launching” iklannya di event tersebut. Para pengunjung pun juga berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol dengan dua perwakilan dari studio ini, yaitu Alexander Abel dan Reynard Misae selaku CEO Ploopy Animation.

Tim KAORI pun juga berkesempatan untuk mewawancarai tim Ploopy Animations di Comifuro 19 seputar serba-serbi pembuatan iklan BNI Wondr. Penasaran? Simak wawancaranya berikut ini!

Kiri ke kanan: Reynard Misae dan Alexander Abel dari tim Ploopy Animations (Foto: Kevin W)

Berkantor di Jakarta!

Walau iklannya hadir dengan nuansa yang “anime banget”, Tim Ploopy Animations sendiri berkantor di Kebun Jeruk, Jakarta. Untuk dubber-nya sendiri, mereka merekrut tiga seiyu langsung dari Jepang!

Membuat Iklan Anime yang Relatable

Mengenai konsep iklannya, tim Ploopy Animations menjelaskan pihak BNI sendiri memang ingin masuk ke demografi pecinta anime dalam mempromosikan BNI Wondr. Mereka melakukan brainstorming berbagai ide dengan pihak BNI hingga membuat 16 konsep cerita. Konsepnya pun mengambil referensi dari beberapa anime komedi yang telah tayang.

Dalam penggarapan iklannya, pihak BNI ingin menyasar faktor emosional dari para penontonnya. Agar bisa masuk secara emosional, tim Ploopy Animations membuat cerita iklan yang relatable dengan penonton dan mengambil inspirasi dari anime-anime bertema slice of life. Tak hanya sekedar “meminjam” ide dan memberi homage, mereka pun juga meriset secara mendalam tipe komedi dan joke dari anime-anime tersebut yang bisa membuat penonton ketawa.

Booth Ploopy Animations di Comifuro 19 (Foto: Tanto D)

Mengarahkan Seiyu Asli Jepang Ternyata Tak Mudah!

Tim Ploopy Animations juga mengungkapkan berbagai tantangan dalam menggarap iklan anime BNI Wondr. Walaupun diberi kebebasan dalam menulis ide ceritanya, mereka harus tetap menjaga pesan yang disampaikan dalam iklannya secara teliti dan sesuai dengan keinginan klien.

Penggunaan seiyu asli Jepang ternyata juga memberi tantangan tersendiri untuk tim Ploopy Animations. Merekrut tiga seiyu langsung dari Tokyo, mereka mengaku mengarahkan voice acting para seiyu sesuai skrip iklannya juga tidak gampang, termasuk ketika mereka mengarahkan para seiyu untuk mengucapkan tagline BNI Wondr sesuai pengucapan bahasa Indonesia yang tepat hingga 4 jam.

Bukan Proyek Iklan Animasi BNI yang Pertama!

Yang menarik, iklan ini bukan proyek iklan animasi BNI pertama yang digarap studio tersebut. Sebelumnya mereka telah menggarap iklan animasi untuk aplikasi BNI Mobile Banking pada Januari lalu. Walaupun belum 100% bergaya anime dan masih bersifat “hard selling“, iklan tersebut berhasil menarik perhatian penikmat jejepangan di media sosial. Pihak BNI mengaku puas dengan respon iklan tersebut dan akhirnya mengajak mereka untuk kembali menggarap iklan bergaya anime, di mana kali ini mereka mendapat ruang lebih bebas untuk mengembangkan ide iklannya.

Masih penasaran dengan tim Ploopy Animations? #Kaoreaders bisa cek akun Instagram dan YouTube mereka untuk melihat berbagai proyek animasi lain yang telah digarap oleh studio tersebut!

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses