http://www.darpa.mil/uploadedImages/Content/NewsEvents/Releases/2015/TeamROBOTISRobotSolo.jpg

 

Sepertinya robot yang muncul di serial Patlabor, Gundam, Ghost In The Shell atau Bubblegum Crisis akan menjadi nyata. Pasalnya Badan Penelitian Pertahanan Amerika Serikat (DARPA) akan mengadakan lomba robotik tingkat international. Dua puluh lima robot yang berasal dari Jerman, Hong Kong, Italia, Jepang, China, Korea Selatan dan tuan rumah Amerika Serikat akan bertarung pada tanggal 5 – 6 Juni di Fairplex Pomona, California.

Advertisement Inline

http://www.darpa.mil/uploadedImages/Content/NewsEvents/Releases/2015/TeamDRCHubo.jpg

Robot-robot ini akan diberi tugas yang berkaitan dengan bencana seperti berjalan selama 10 meter di reruntuhan puing dan menyalakan tombol darurat, menghubungkan kabel, membuat lubang di dinding, menaiki tangga dan keluar dari bangunan. Beberapa tugas tersembunyi juga akan dimunculkan. Penilaian dari lomba ini adalah sejauh dan secepat manakah robot tersebut dalam menyelesaikan tugas tersebut. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas tersebut adalah satu jam dan tim yang mengumpulkan poin paling banyak di setiap tugas keluar menjadi pemenangnya.

http://www.darpa.mil/uploadedImages/Content/NewsEvents/Releases/2015/TeamNimbRoRescue.jpg

Pemenang dari lomba ini akan mendapatkan hadiah sebesar US$ 3,5 juta (± Rp. 37 Milyar) . RoboSimian kepunyaan NASA, Momaro dari Jerman dan THORMANG 2 dari Korea Selatan ikut berpartisipasi dalam lomba robot yang sudah dimulai pada tahun 2012.

 

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.