BAGIKAN

roket

Untuk pertama kali di dunia Jepang meluncurkan roket permen. Dilansir dari Tribunnews, Sabtu 7 Maret 2015 lalu sekitar 20 anak sekolah dasar Kota Takamatsu di Perfektur Wakayama berkumpul di Cosmo Park Kada, untuk melihat peluncuran roket dengan bahan baku antara lain permen lunak dengan nama Puccho.

Para peneliti dari Universitas Wakayama dan Universitas Akita mengembangkan roket dengan total panjang sekitar 1,8 meter yang terbuat dari aluminium, diameter sekitar 15 cm, berat 10 kg.

Advertisement Inline

Untuk membakarnya, ermen lunak Puccho sebanyak 20 buah ditempatkan sebagai bahan bakar, dicampur gas cair hibrida, permen dengan rasa gula UHA (Unique Human Adventure) setelah terproses menghasilkan gas untuk mendorong roket.

Pengembangan dilakukan sejak awal musim gugur tahun lalu, sekitar Oktober 2014, dan selesai setelah dua kali pengujian terakhir sampai dengan Maret ini.

7 Maret lalu roket berhasil meluncur ke ketinggian 220 meter, dilengkapi kamera pengintai pada ujung depan roket. Meluncur ke atas dalam waktu 7 detik ketinggian 220 meter dan perlahan membuka parasut terjun kembali ke bumi. Bau manis tercium setelah peluncuran karena bahan bakarnya terbuat dari permen.

Seorang pelajar SD kelas lima bersorak senang.

“Saya terkejut juga ternyata permen bisa dibuat bahan bakar gas untuk peluncuran. Kalau saya sudah besar saya mau jadi ahli roket,” kata Mukai Hiro (11) kepada pers setempat.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.