Intip Penampakan Tes Percobaan KRL JR Seri E235!

1

jr-east-e235-percobaan-1

Setelah diumumkan pada Juli 2014, kereta api listrik (KRL) JR East seri E235 kini sudah selesai diproduksi.

jr-east-e235-percobaan-2

Dalam foto yang dilansir oleh situs Tetsudo-Shimbun, JR E235 ini sedang menjalani uji coba dan terlihat muncul di stasiun Niitsu.

jr-east-e235-percobaan-3

Dari dekat, KRL ini terlihat mewah di mana kini papan iklan di kolong atas kereta telah digantikan dengan layar LCD.

jr-east-e235-percobaan-4

Dibuat untuk menggantikan kereta seri E231 di jalur Yamanote, seri E235 akan dibuat dalam konfigurasi 5M5T (lima kereta motor dan lima kereta traksi). Satu rangkaiannya terdiri dari 11 kereta dan kereta ke-11 akan diambil dari retrofit rangkaian yang sudah ada.

Perbandingan spesifikasi JR E235 dan E231-500
Perbandingan spesifikasi JR E235 dan E231-500

Dari sisi teknis, E235 akan digerakkan dengan kendali VVVF seperti pendahulunya, namun dengan semikonduktor yang terbuat dari silikon karbida dan mesin PMSM. Menariknya, seri E235 akan menjadi kereta pertama yang menggunakan penyejuk udara dan kompresor bebas pelumas.

Layar LED yang menunjukkan indikator arah stasiun. Di sini, tertulis tujuan Shinjuku-Shibuya dan stasiun berikutnya adalah Kanda.
Layar LED yang menunjukkan indikator arah stasiun. Di sini, tertulis tujuan Shinjuku-Shibuya dan stasiun berikutnya adalah Kanda.

Konsep kereta ini bertemakan “kereta di mana pengguna bisa berinteraksi dengan masyarakat,” dicirikan dengan jendela yang lebih lebar dan konfigurasi kereta yang lebih ramah bagi pengguna kursi roda.

Batch pertama seri E235 ini akan terlebih dahulu diuji coba di jalur-jalur JR sebelum berdinas di jalur Yamanote pada musim gugur tahun ini.

Indikator nama jalur Yamanote yang full colour dalam dua bahasa.
Indikator nama jalur Yamanote yang full colour dalam dua bahasa.

Seri E231-500 yang dipergunakan saat ini beroperasi sejak tahun 2002, menggantikan seri 205. Seri 205 sebelumnya dioperasikan di jalur Yamanote sejak tahun 1985 dan sebagian rangkaiannya kini sudah dioperasikan di KRL Jabodetabek.

Pembuatan seri E235 dilakukan tidak hanya untuk menerapkan teknologi terbaru dalam perkeretaapian Jepang, namun juga dalam rangka persiapan Olimpiade Tokyo tahun 2020.

Simak videonya di bawah ini!

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.