Ultraman Mebius : Menyambung Nafas Tokusatsu di Pertelevisian Nasional

6

 

Tidak banyak tontonan bergenre Tokusatsu yang masih menghiasi layar kaca pertelevisian Indonesia dewasa ini. Dibandingkan dengan Anime, penayangan bergenre Tokusatsu bisa dibilang cenderung kembang-kempis dan lebih lesu ketimbang Anime selama beberapa tahun terakhir ini. Mungkin hanya serial Power Rangers saja yang masih memiliki popularitas yang memadai dan dapat tayang secara berkala selama beberapa tahun terakhir ini. Sebuah usaha untuk membangkitkan kembali popularitas tayangan bergenre Tokusatsu pernah dirintis oleh PT IMMG pada November 2010 lalu. Bekerjasama dengan TRANS7, PT IMMG pernah menayangkan Kamen Rider Den-O sejak sekitar November 2010 dan diharapkan dapat membangkitkan kembali popularitas Tokusatsu sebagaimana masa keemasan Ksatria Baja Hitam di masa lalu. Namun sayang usaha ini gagal akibat kurang positifnya sambutan dari pemirsa dan rating acara yang terus menurun hingga mengakibatkan Kamen Rider Den-O harus diakhiri penayangannya secara prematur pada episode 21.

Namun ini bukanlah akhir dari nasib penayangan Tokusatsu di Indonesia. Karena selain serial Power Rangers yang terus berlanjut secara berkala, kini pertelevisian nasional di Indonesia kembali mendapatkan tayangan bergenre Tokusatsu dengan mengudaranya Ultraman Mebius sejak tiga minggu yang lalu. Serial Tokusatsu yang merupakan salah satu seri dari Franchise Ultraman ini mulai mengudara tanggal 8 Mei 2011 dan ditayangkan setiap hari Minggu jam 06.30 pagi WIB oleh stasiun TV Indosiar.

 

 
Beberapa Seiyuu yang terlibat dalam penyuaraan Ultraman Mebius dari kiri ke kanan : Bonar Betawi, D'den Stovia, Nining Yuningsih, Wan Leony Mutiarza, Jane Leisila Zahara, Rio Fitra
Serial Ultraman sendiri sesungguhnya sudah tidak asing lagi di kancah pertelevisian Indonesia. Dan dibandingkan dengan Franchise Tokusatsu lainnya, serial Ultraman bisa dibilang merupakan serial Tokusatsu yang paling sering mengudara di TV Indonesia di luar serial Power Rangers. Tercatat stasiun-stasiun TV ternama seperti SCTV, Global TV, dan TRANS TV pernah menayangkan serial Ultraman secara berkala. Indosiar sendiri sebenarnya juga sudah tidak asing lagi dengan sepak terjang Ultraman di mana pada paruh pertama dekade 2000an Indosiar tercatat pernah menayangkan Ultraman Tiga, Dyna, dan Gaia serta belum lama ini pula Indosiar juga pernah menayangkan beberapa Movie Ultraman.
 

Kini mampukan Ultraman Mebius yang penyuaraannya dikerjakan oleh Studio Erfass dengan menampilkan nama-nama seperti Bonar Betawi (Nobuhiko Akizuki/Bayangan Hitam-Ksatria Baja Hitam), D’den Stovia (Momotaros-Kamen Rider Den-O), Rusli (Tau Ming Se-Meteor Garden), Tri Budi Prakoso (Hua Zhe Lei-Meteor Garden), Rio Fitra (Mei Zhuo-Meteor Garden), Jane Leisila Zahara (Airi Nogami-Kamen Rider Den-O), Nining Yuningsih (Full House), dan Wan Leony Mutiarza (Hana-Kamen Rider Den-O), serta digawangi oleh Mas Anto sebagai Pengarah Dialog ini mendapat tempat di hati pemirsa??? Saksikan saja terus penayangannya di Indosiar setiap hari Minggu jam 06.30 pagi WIB. Selamat menyaksikan!!!

Photo courtesy of Wikipedia, Meanwhile Production, Mi-chan, dan Koleksi Pribadi.

 

KAORI Newsline|via saddam

6 KOMENTAR

  1. wah sayang Den-0 gak di tayangkan lagi, padahal itu acara favorit saya dan adik saya… jadi gak bisa nonton bareng deh…

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.