BAGIKAN

11425432_401487850040477_5272676389861261585_n

Dunia pendidikan Indonesia kembali menampilkan sisi lainnya. Setelah skripsi tentang Japanese Adult Video (JAV, film porno Jepang), kali ini ada seorang dosen yang memberikan soal ujian akhir semester (UAS) yang unik.

Sang dosen yang mengajar mata kuliah Pemahaman Lintas Budaya Jepang-Indonesia di sebuah universitas swasta di Jakarta ini memberi pertanyaan dengan tema grup idola AKB48 dan JKT48. Dalam soal tersebut, mahasiswa yang mengerjakan UAS diminta untuk menjawab dan menemukan konsep kebersamaan dan solitaritas antara grup AKB48 dan JKT48.

Advertisement Inline

Hal ini tidak hanya mengagetkan Rilo, sang mahasiswa yang mengerjakan ujian namun juga mahasiswa di universitas lain yang diajar oleh dosen tersebut. Pasalnya, tidak biasanya sang dosen mengangkat pertanyaan mengenai kebudayaan Jepang yang bersifat kontemporer (pop), apalagi berhubungan dengan idol group.

Berbicara mengenai penelitian kebudayaan pop Jepang, sepengamatan KAORI sudah mulai banyak grup-grup kecil di beberapa universitas baik di Jakarta maupun di daerah yang mulai membahasnya dari perspektif akademik. KAORI juga pernah menyelenggarakan acara diskusi Forum Anime Indonesia yang isinya membahas fenomena dalam perkembangan budaya pop Jepang di Indonesia yang juga dibahas secara semi-akademik.

KAORI Newsline

1 KOMENTAR

  1. Itu dosen gue yah, dia ngajar Lintas Budaya (membandingkan budaya antara budaya Indonesia dengan Jepang}, yang paling sering keliatan kan kelompok kelompokan kaya akb sama jkt 48, jadi kita pakai mereka untuk membandingkannya, gue sendiri ga heran kok karena emang dibanding artis jepang (atau yang berhubungan dengan jepang) lainnya yang sering muncul di media di Indonesia itu akb & jkt 48.

    Dan at least minta izin sama yang punya postnya yah, jangan cuman ngerusak privasinya aja, paling engga di blur, gaakan mati juga kan? tinggal hapus > blur (pake skitch biar gampang) > upload ulang, teks tinggal copas aja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.