BAGIKAN
https://en.m.wikipedia.org/wiki/File:E233-1000.jpg
JR E231
JR E231

Jepang merupakan negara dengan kepadatan jalur kereta api yang sangat tinggi. Banyaknya jalur dan kereta api yang ada di Jepang menambah variasi perjalanan kereta api Jepang.

Beberapa waktu lalu di Tokyo dan Kanagawa dilakukan survey terhadap 703 orang. Survey ini bertujuan untuk mengetahui pendapat masyarakat tentang penilaian jalur kereta api terbaik dan terburuk yang melintasi Tokyo.

Jadi, jalur mana yang menurut masyarakat Tokyo merupakan jalur yang terbaik dan terburuk?

Advertisement Inline

Berikut adalah tiga jalur terbaik di Tokyo:

1) Yamanote Line (山手線 Yamanote-sen)

Sumber Foto: www.japantrends.com
Sumber Foto: www.japantrends.com

Jalur Yamanote (山手線 Yamanote-sen) adalah jalur kereta api komuter di Tokyo yang dioperasikan oleh East Japan Railway Company (JR East). Jalur ini merupakan salah satu jalur tersibuk dan terpenting di Tokyo. Sebagai jalur melingkar, jalur ini menghubungkan hampir semua stasiun kereta api dan wilayah utama di Tokyo meliputi Yurakhuco, Shibuya, Shinjuku, dan Ikebukuro. Semua stasiun yang terletak di sepanjang jalur ini terhubung dengan jalur lain, jalur kereta bawah tanah di kecuali Stasiun Shin-Okubo dan Mejiro. Setiap harinya, kira-kira 3,55 juta penumpang menggunakan jalur ini (1,3 miliar penumpang per tahun).

Jalur ini merupakan jalur terbaik menurut survey di Tokyo karena kenyamanan yang tinggi serta merupakan pusat transportas kereta api komuter.

2) Tokyu Toyoko LIne  (東急東横線 Tōkyū Tōyoko-sen)

6833065_orig
Sumber Foto: www.allaboutjapantrains.com

Tokyu Toyoko Line (東急東横線 Tōkyū Tōyoko-sen) merupakan jalur kereta api utama yang menghubungkan Tokyo (Shibuya) ke Yokohama. Jalur ini dimiliki dan dioperasikan oleh operator kereta api swasta Tokyu Corporation. Toyoko (東 横), adalah kombinasi dari karakter pertama Tōkyō (東京) dan Yokohama (横 浜).

Jalur Tokyu Toyoko ini terpilih sebagai jalur terbaik nomor 2 karena jalur ini melewati tempat-tempat yang bagus dan mewah. Selain itu, para penumpangnya terlihat lebih modis dengan gaya fashion.

3) Tokyu Den-en Toshi Line (東急田園都市線 Tōkyū Den’entoshi-sen)

Tokyu 8616 | Sumber Foto: http://www.toqfan.com/
Tokyu 8616 | Sumber Foto: http://www.toqfan.com/

Tokyu Den-en Toshi Line (東急田園都市線 Tōkyū Den’entoshi-sen) adalah jalur komuter utama yang dioperasikan oleh operator kereta api swasta Tokyu Corporation yang menghubungkan pinggiran selatan-barat kota Tokyo dan dekat daerah Prefektur Kanagawa, dan sisi baratnya Chūō-Rinkan, untuk pertemuan jalur kereta api utama kota bagian barat Tokyo, Shibuya. Di Shibuya, hampir semua kereta bersambung dengan jalur Tokyo Metro Hanzomon.

Jalur ini terpilih sebagai jalur terbaik ke-3 karena alasan yang sama dengan jalur Tokyo Toyoko Line.

Berikut ini adalah tiga jalur terburuk di Tokyo:

1) JR Saikyo Line (埼京線 Saikyō-sen)

Sumber Foto: http://shosoin3259f.blog.fc2.com/
Sumber Foto: http://shosoin3259f.blog.fc2.com/

Saikyo Line (埼 京 線 Saikyo-sen) adalah jalur kereta api Jepang yang dioperasikan oleh East Japan Railway Company (JR East). Jalur ini menghubungkan Stasiun Osaki di Shinagawa, Tokyo, dan Stasiun Omiya di daerah Prefektur Saitama. Nama Saikyo sendiri merupakan singkatan dari dua kata: Saitama ( 埼 玉)  dan Tōkyō ( 東京) .

Jalur ini merupakan jalur terburuk nomor 1 karena maraknya tindak kejahatan seksual yang dilakukan oleh Chikan. 

2) JR Keihin Tohoku Line (京浜東北線 Keihin-tōhoku-sen)

https://en.m.wikipedia.org/wiki/File:E233-1000.jpg
https://en.m.wikipedia.org/wiki/File:E233-1000.jpg

Keihin-Tohoku Line (京 浜 東北 線 Keihin-Tohoku-sen), adalah jalur kereta api di Jepang yang menghubungkan kota Saitama, Kawaguchi, Tokyo, Kawasaki, dan Yokohama. Jalur ini merupakan bagian dari  jalur milik East Japan Railway Company (JR East). Jalur Keihin-Tohoku juga merupakan bagian dari jalur utama Tohoku dan Tōkaidō. Antara stasiun Ueno dan Akabane, jalur Keihin-Tohoku dan jalur utama Tohoku secara fisik terpisah.

Jalur ini terpilih menjadi jalur terburuk nomor 2 karena di jalur ini seringkali ditemukan penumpang-penumpang yang sedang mabuk.

3) Joban Line (常磐線 Jōban-sen)

www.allaboutjapantrains.com
Sumber Foto: www.allaboutjapantrains.com

Joban Line (常 磐 線 Joban-sen) adalah jalur kereta api di Jepang yang dioperasikan oleh East Japan Railway Company (JR East). Jalur ini dimulai dari Stasiun Nippori di Taito, Tokyo dan mengikuti sepanjang pantai Pasifik dari Chiba, Ibaraki, dan daerah prefektur Fukushima sebelum berakhir di Stasiun Iwanuma di Iwanuma, Miyagi. Namun, sebagian besar kereta berasal di Ueno. Banyak kereta melewati Iwanuma ke jalur utama Tohoku ke Sendai.

Jalur ini terpilih sebagai jalur terburuk ke-3 di Tokyo karena di jalur ini sering ditemukan penumpang yang sedang mabuk. Selain itu, banyaknya penjahat dari daerah terpencil Chiba, Ibaraki menambah nilai minus pada jalur ini.

KAORI Newsline | Oleh Fasubkhanali

2 KOMENTAR

  1. Ironisnya rolling stock yang dibenci komuter Jakarta berasal dari line terbaik, dan rolling stock yang disukai komuter Jakarta berasal dari line terjelek

    Sonna yasashiikuu~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.