Seri Ke-3 Super GT: Nissan GT-R Kembali Juara di Dua Kelas.

    1

    Ulasan GT300: Nissan GT-R GT3 Kembali Finish Di Posisi 1-2.

    Di sesi kualifikasi, mobil VivaC 86 MC #25 berhasil menjadi mobil yang turun dengan regulasi mother chassis pertama yang meraih pole position, kemudian disusul oleh B-MAX NDDP GT-R GT3 #3, GAINER TANAX GT-R GT3 #10, Leon SLS #65, dan TOYOTA PRIUS apr GT #31. Juara bertahan kelas GT300, yaitu GOODSMILE HATSUNE MIKU SLS #0 memulai start dari posisi ke-10. Seperti di tahun sebelumnya, tim Pacific Racing yang tahun ini turun dengan mobil McLaren MP4-12C GT3/PACIFIC McLaren with µ’s #9 kembali tidak berpartisipasi di seri ini dan digantikan oleh tim wildcard yang berlomba di ajang regional Thailand Super Series, yaitu tim Vattana Motorsport yang turun dengan mobil Lamborghini Gallardo R-EX REITER #28 dan memulai start dari urutan ke-22.

    VivaC 86 MC #25, peraih pole position di kelas GT300 (sumber: Takashi Ogasawara @ as-web.jp)
    VivaC 86 MC #25, peraih pole position di kelas GT300 (sumber: Takashi Ogasawara @ as-web.jp)

    Start pada kelas GT300 berlangsung secara mulus tanpa insiden seperti pada kelas GT500. VivaC 86 MC #25 (dikemudikan oleh Takeshi Tsuchiya) yang memulai balapan di posisi terdepan langsung disalip oleh mobil B-Max NDDP GT-R GT3 yang dikemudikan oleh Kazuki Hoshino. Mobil GAINER TANAX GT-R #10 yang dikendarai oleh Andre Couto juga berhasil menyalip VivaC 86 MC ke posisi kedua beberapa saat kemudian. Jarak antara mobil yang berada di posisi tiga besar semakin lebar dalam beberapa putaran selanjutnya, sedangkan enam mobil yang berada di belakangnya, berturut-turut LEON SLS #65, GAINER TANAX SLS #11, TOYOTA PRIUS apr GT #31, Studie BMW Z4 #7, GOODSMILE HATSUNE MIKU SLS #0, dan SUBARU BRZ R&D SPORT #61 saling menempel satu sama lain.

    GOODSMILE HATSUNE MIKU SLS #0 (sumber: Takashi Ogasawara @ as-web.jp)
    GOODSMILE HATSUNE MIKU SLS #0 (sumber: Takashi Ogasawara @ as-web.jp)

    Hingga pertengahan balapan, jarak antara B-Max NDDP GT-R #3 dengan GAINER TANAX GT-R #10 semakin lebar. Waktu putaran yang dicetak oleh B-Max GT-R berada para rentang 1’35-1’36, sedangkan GAINER GT-R yang berada di posisi kedua mencetak waktu antara 1’36-1’37. Jarak antara kedua mobil sempat mencapai angka 13 detik pada putara ke-29 sebelum mobil-mobil tersebut masuk ke area pit.

    GAINER TANAX GT-R GT3 #10 (sumber: supergt.net)
    GAINER TANAX GT-R GT3 #10 (sumber: supergt.net)

    B-Max NDDP GT-R GT3 #3 yang kini dikendarai oleh Mitsunori Takaboshi kembali memimpin kelas GT300 pada putaran ke-40 setelah mobil SYNTIUM Apple LOTUS #2 yang berada di posisi pertama selama beberapa putaran melakukan pit-stop. Jarak antara B-MAX GT-R dan GAINER GT-R yang kini dikendarai oleh Ryuichiro Tomita semakin lebar, yakni sebesar 16 detik. Laju mobil B-Max GT-R GT3 yang dikendarai Takaboshi sedikit melambat, namun jarak diantara kedua mobil tidak berubah secara signifikan.

    B-Max NDDP GT-R GT3 #3 (sumber: supergt.net)
    B-Max NDDP GT-R GT3 #3 (sumber: supergt.net)

    Di posisi ketiga, mobil VivaC 86 MC #25 (dikendarai oleh Takamitsu Matsui) yang berada di posisi ketiga hingga putaran ke-47 mulai disusul oleh Studie BMW Z4 #7 yang dikendarai oleh Jorg Mueller. Memakai strategi untuk menahan posisi pada paruh awal balapan dan mulai tampil menekan di paruh akhir, Jorg yang merupakan salah satu pembalap veteran asal Jerman sukses menyalip Matsui ke posisi ketiga. Beberapa putaran kemudian VivaC 86 MC melambat karena mengalami masalah teknis yang disebabkan oleh perembesan bahan bakar karena mesin terlalu panas dan harus masuk ke pit. Masalah tersebut menyebabkan VivaC 86 MC harus kehilangan kesempatan untuk bisa finish di podium.

    Studie BMW Z4 GT3 (sumber: supergt.net)
    Studie BMW Z4 GT3 #7 (sumber: supergt.net)

    Setelah tampil dominan selama balapan berlangsung, B-Max NDDP GT-R GT3 #3 berhasil meraih posisi pertama di kelas GT300, disusul oleh GAINER TANAX GT-R GT3 #10 dan Studie BMW Z4 GT3 #7. Hasil tersebut membuat mobil Nissan GT-R kembali mendapatkan finish di posisi 1-2 di kelas GT300 serta menjadi jawara di dua kelas Super GT setelah sebelumnya berhasil membuat hasil serupa di seri kedua di sirkuit Fuji. Hasil ini juga memberikan catatan tersendiri untuk B-MAX NDDP GT-R GT3 #3 karena meraih kemenangan kedua berturut-turut di sirkuit Buriram, Thailand, serta menjadi kemenangan pertama Mitsunori Takaboshi di ajang balap Grand Touring. Andre Couto yang mengendarai mobil GAINER GT-R GT3 berhasil menjadi pemimpin klasmen pembalap sementara setelah berhasil finish di posisi kedua. Sementara itu, tim wildcard Vattana Motorsport yang turun dengan mobil Lamborghini Gallardo R-EX REITER #28 finish di posisi ke-12, disusul oleh mobil GOODSMILE HATSUNE MIKU SLS #0 yang berada di posisi ke-13.

    Tim wildcard Vattana Motorsport (Lamborghini Gallardo R-EX REITER #28) yang berhasil finish di posisi ke-12
    Tim wildcard Vattana Motorsport (Lamborghini Gallardo R-EX REITER #28) yang berhasil finish di posisi ke-12
    Para pembalap kelas GT300 yang berhasil finish di posisi tiga besar (sumber: supergt.net)
    Para pembalap kelas GT300 yang berhasil finish di posisi tiga besar (sumber: supergt.net)

    Hasil selengkapnya dari kelas GT300 dapat dilihat melalui tautan ini.

    Cuplikan dari seri ketiga Super GT di Buriram, Thailand dapat disaksikan melalui video di bawah ini.

    KAORI Newsline | Sumber 1, Sumber 2.

    1 KOMENTAR

    1. Di balapan ini Godzilla ambil tempat teratas lagi di GT500 & GT300 sama seperti balapan sebelumnya. Kudos untuk GT-R.

      Toyota 86 Mother Chassis sepertinya masih belum punya performa untuk bersaing di lintasan lurus, semoga musim ini bisa menang

    Tinggalkan komentar Anda

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses