Jepang & Amerika Siap Bertarung Duel Robot Raksasa

0

kuratass

Robot raksasa (mecha) biasanya hadir di berbagai game dan seri animasi, telah banyak kisah fiksi yang menampilkan aksi pertempuran robot raksasa seperti seri Gundam, dan Evangelion dari Jepang serta film layar lebar Pacific Rim dari Amerika Serikat. Namun ternyata kehadiran robot raksasa tidak hanya ada di seri fiksi ilmiah saja, baik Jepang maupun Amerika Serikat ternyata sudah mengembangkan sebuah robot raksasa.

Beberapa waktu lalu tepatnya pada 30 Juni 2015, salah satu perusahaan kontraktor robot raksasa asal Amerika Serikat, MegaBots.Inc merilis sebuah video tantangan untuk perusahaan Suidobashi Heavy Industries asal Jepang. Tidak main-main, video tersebut berisi tantangan duel robot raksasa MegaBots yang akan melawan robot Kuratas milik pihak Suidobashi Heavy Industries.

megabots mk.ii
MegaBots Mk.II

Dalam video tersebut, pihak MegaBots.Inc menyatakan bahwa karena baik pihak Jepang dan Amerika kini sama-sama tengah mengembangkan sebuah robot raksasa, maka demi para pecinta kisah fiksi ilmiah, mereka ingin melakukan sebuah pertarungan duel dengan Kuratas. Tantangan tersebut ditunggu selama 1 tahun untuk melakukan pertarungan dengan robot asal Jepang.

Berikut ini adalah video tantangan dari MegaBots:

Namun tidak sampai setahun lamanya, pihak Suidobashi Heavy Industries langsung memberikan respons terhadap tantangan dari pihak MegaBots.Inc. Kogoro Kurata, CEO/Founder/Creator dari Suidobashi Heavy Industries menyatakan tertarik menerima tantangan dari Amerika tersebut. Baginya, “Robot raksasa adalah salah satu bagian dari kebudayaan Jepang.” sehingga ia menyatakan tidak akan kalah pada MegaBots.Inc.

Terkait strategi apa yang dipersiapkan Suidobashi, Kogoro Kurata menyatakan tidak akan menggunakan senjata jarak jauh di unit Kuratas miliknya. “Membuat robot raksasa dengan senjata berupa senapan…… itu sangat Amerika sekali.” ujarnya. Oleh karena itu ia akan menyiapkan Kuratas dengan senjata jarak dekat untuk melawan robot dari Amerika.

Berikut ini video jawaban dari Suidobashi:

Untuk tantangan duel ini, pihak MegaBots. Inc. akan menyiapkan unit robot raksasa MegaBots Mark II. Robot ini memiliki berat 5.400 Kg dan berbahan bakar bensin. Untuk menggerakkan robot ini diperlukan dua pilot pada bagian kokpit yang masing-masing mengendalikan pergerakan dan persenjataan.

kuratas
Kuratas unit

Jepang sendiri akan melawan MegaBots Mark II dengan unit Kuratas buatan Suidobashi Heavy Industries. Robot ini dikendalikan dengan satu pilot, tidak dua seperti halnya MegaBots Mark II. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk persenjataan Kuratas akan lebih memilih pertempuran jarak dekat ketimbang penggunaan senapan, meski pada dasarnya Kuratas sudah memiliki semacam Gattling Gun yang terpasang. Sebelumnya unit robot Kuratas sudah pernah digunakan dalam pembuatan seri film live-action Patlabor.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.