BAGIKAN

What is AMH?

AMH adalah salah satu forum di Kaskus. Forum ini telah terbentuk cukup lama. Awalnya Kaskus didirikan sebagai forum komunitas gamers, namun lambat laun menjadi salah satu komunitas Indonesia terbesar di dunia maya. Ada berbagai macam forum di kaskus dan salah-satunya merupakan forum Anime, Manga dan Hentai yang akhirnya dikenal dengan sebutan AMH. Awal berdirinya AMH dikomandani beberapa rekan dekat admin kaskus. Pada saat ini AMH memulai dari permulaan yang sederhana. Namun karena suatu insiden akhirnya posisi nahkoda AMH sempat mengalami kekosongan. Untuk mengisi kekosongan tahta nahkoda ini, seorang moderator kaskus yang bernama erlangshen, yang bertugas di forum Model Kit & R/C berinisiatif untuk mengadakan polling pemilihan moderator untuk AMH. Dari hasil polling tersebut, beruang_buas, seorang AMHers senior yang baik, ramah, berwibawa dan sering berkontribusi, memenangkan polling tersebut. Namun di karenakan keterbatasan waktu dan peluang untuk online, pak beruang_buas menolak untuk naik tahta. Dalam masa kekacauan ini, admin kaskus memutuskan untuk mengangkat kenalannya yaitu seorang user bernama ID* untuk menjadi moderator AMH. Namun warga AMH kurang bisa menerima moderator baru ini dan karena kurangnya komunikasi moderator ini dengan anak AMH, maka dipilihlah erlangshen untuk membantu ID* dalam menahkodai AMH.

Advertisement Inline

AMH pun mulai kembali menjadi rapi dan teratur sejak erlangshen naik tahta. Sejak awal hingga sekarang tidak sedikit user yang gemar nongkrong di AMH yang kemudian hari masuk ke dalam jajaran administrasi kaskus. Grunt dipilih untuk mendampingi erlangshen di AMH. totti11, sang koki iblis AMH menjadi DJ Kaskus Radio, kemudian akhirnya menjadi moderator forum Cooking di kaskus. Azuma Denton, sang jerapah ganteng AMH pun menjabat sebagai moderator forum Games. Dan tambahan paling baru: taretake yang cabul diangkat menjadi asisten erlangshen di Model kit & R/C.

Banyak persahabatan yang terjalin semenjak AMH didirikan dan juga kejadian kocak seperti dimana beberapa user AMH baru menyadari bahwa user lain dimana mereka sering beradu pendapat ternyata tak lain dan tak bukan rekan satu kost mereka sendiri yang kamarnya tepat di sebelahnya.

Warga AMH tidak saja berkomunikasi di dunia maya, namun juga di dunia nyata. Pada bulan Juni 2006 diadakan gathering warga AMH pertama kalinya di Mal Taman Anggrek Jakarta. Sejak saat itu telah diadakan beberapa gath baik dalam skala akbar aupun gath kecil-kecilan. Azuma Denton berjasa besar menjadi Event Organizer berulang kali untuk gathering AMH. Selain acara silahturahmi warga AMH, gathering ini juga berguna untuk memperluas penyebaran anime dan manga antara sesama warga AMH. Acara gathering AMH ini merupakan acara yang selalu ditunggu oleh warga AMH, dengan jumlah yang ikut mencapai 20 orang.

Beberapa tahun berlalu, dan mulailah diadakan subforum AMH berupa Help Info & Tutorial (HIT) dan US Comic. Adapun subforum tersebut bertujuan untuk memberi info, tips dan trik kepada warga AMH mengenai hal-hal teknis file format anime dan manga dsb, juga untuk member info mengenai event-event yang akan datang beserta tanggal rilis komik di Indonesia. Subforum US Comic, bertujuan untuk sharing scanlation komik dari Amerika. Subforum kecil ini yang berawal sangat sederhana telah menjadi salah satu tempat di kaskus dimana user-user internasional berkumpul untuk sharing kegemaran mereka ini. Banyak user amerika latin yang sebenernya sampai sekarang pun bingung dengan bahasa Indonesia namun tetap berkontribusi dan aktif di subforum ini. Inilah masa keemasan US Comic. Demi membantu erlangshen mengawasi dan merapikan forum ini, user clevisha diangkat untuk menjabat sebagai moderator daerah ini.

Namun selang beberapa tahun kemudian, kesuksesan subforum ini mulai terdengar perusahaan penerbit Marvel dan khawatir akan kesuksesan subforum ini dapat mengganggu penjualan komik mereka yang diharapkan akan melejit dengan beredarnya film-film tentang karakter dari komik terbitan perusahaan ini, maka kaskus digugat perusahaan ini dan diminta untk menghapus segala link scnalation komik terbitan mereka. Hingga saat ini, scanlation Marvel tetap dilarang dari Kaskus.

Tahun 2008 ini dinodai dengan insiden ddos kaskus oleh oknum-oknum tidak bertanggung-jawab sehingga menyebabkan rusaknya database kaskus. Namun warga AMH tidak menyerah. Mereka semua tetap berkontribusi sambil memberi dorongan dan semangat kepada admin kaskus. Setengah bulan pasca rusaknya database kaskus, aktivitas di AMH sudah berjalan normal kembali.

Anda bisa menemukan AMH di url berikut:

http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=26

Written by erlangshen, the beloved moderator of AMH
Editted by Azuma Denton

BAGIKAN
Artikel sebelumnyaTung Desem Waringin Mau Tebar Uang Rp 100 Juta
Artikel selanjutnyaMovie Ke-4 Kara no Kyoukai
Kevin W
Editor senior di KAORI Nusantara. Menikmati anime dan mengamati perkembangan transportasi Jabodetabek sejak 2007. Jurnalisme adalah kejujuran tanpa rasa takut.

20 KOMENTAR

  1. wuanjret, wong jelas2 ada creditnya. saya tak mungkin melangkahi wewenang si cabul…

    yang mau nyumbang artikel dipersilahkan…

  2. wkakakaakakak

    makin terkenal yah AMH:p

    buat yg baca ati2 d cabulin sama momod cabul nya AMH
    :ngacir:sblom d cabulin momod cabul:p

  3. @titit
    emang kenapa kalo promosi?
    yah katanya kabar komunitas, yah ini saya undang orang untuk menulis salah satu komunitas anime di indo…

    @all
    jangan dijunk yah…
    komentarnya di usual place aja…

  4. eh yg make nama titit sapa noh?

    itu homontititphoon sapa lagi???

    si bokek ko namanya kontradiktif?

  5. ah jadi teringat masa lalu pas ada papa bear….

    scanlation yang dolo susah dicari ama papabear lancarrrrrrrrr

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.