BAGIKAN

battle of surabaya

Battle of Surabaya. Sebuah megaproyek film anime layar lebar garapan MSV Pictures akan menyambut perayaan 70 tahun Republik Indonesia di layar-layar bioskop di seluruh Indonesia. Jika tidak ada halangan, maka Battle of Surabaya akan mulai di rilis di bioskop-bioskop Indonesia pada 20 Agustus 2015, tepat 3 hari setelah perayaan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2015.

Battle of Surabaya adalah sebuah megaproyek film anime layar lebar garapan MSV Pictures. Bersettingkan peristiwa 10 November 1945, film ini bercerita mengenai petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yg menjadi kurir bagi pejuang arek-arek Suroboyo & TKR dalam pertempuran dahsyat 10 November 1945 Surabaya.

Advertisement Inline

Meskipun begitu, pengembangan film ini sendiri sempat mengalami kendala pada awalnya bahkan sempat mengalami stuck di tengah-tengah pengembangannya.

Hal ini diakui sendiri oleh Aryanto Yuniawan selaku sutradaranya. Dilansir dari 21Cineplex.com, dirinya sempat mengaku ragu kalau proyek film Battle of Surabaya ini akan rampung.

“Saya malah awalnya berpikir ‘Wah film ini bisa jadi nggak ya?’ Karena memang ada terkendala dan konflik ya. Lebih ke teknis sih. Kami stuck saat animation director kami keluar dari proyek ini. Tetapi untungnya kami segera mendapat pengganti,” kisah Aryanto lagi.

aryanto yuniawan

Aryanto Yuniawan sang Sutradara

Dalam perjalanannya selama kurang lebih tiga tahun yang penuh lika-liku, Battle of Surabaya hingga saat ini sudah berhasil memboyong beberapa penghargaan baik di dalam maupun luar negeri, contohnya di People’s Choice Award, International Movie Trailer Festival (IMTF) 2014 yang keluar sebagai Pemenang, juga Pemenang Digital Animation dalam ajang INAICTA 2012, dan Pemenang di Indigo Fellowship PT Telkom Indonesia tahun 2012.

Battle of Surabaya sendiri mengisahkan petualangan Musa (disuarakan oleh Ian Saybani), remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam persitiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Musa diyakini sebagai kurir surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari sebuah radio yang didirikan oleh Bung Tomo. Memang, kisah ini diadaptasi dari pertempuran dahsyat kala itu, tetapi terdapat pula tokoh fiktif yang sengaja dibuat untuk memperkuat pesan dari Battle of Surabaya.

seiyuu battle of surabaya

Beberapa Seiyuu yang terlibat dalam pengisian suara anime ini dari kiri ke kanan: Ian Saybani, Novie Burhan, Jumali Jindra, Hermano, Joy, Hardi, dan Kamal Nasuti

Untuk menghidupkan anime ini, pihak MSV tidak tanggung-tanggung di mana Seiyuu kenamaan Novie Burhan ditunjuk untuk menangani pengisian suara Battle of Surabaya. tercatat nama-nama para Seiyuu yang bermain dalam anime ini adalah Ian Saybani, Guritno, Jumali Jindra, Hermano, Joy, Hardi, Kamal Nasuti, dan Novie Burhan sendiri yang juga bertanggung jawab sebagai pengarah dialog.

Selain para Seiyuu di atas, Battle of Surabaya juga mendapuk dua nama bintang ternama, yaitu Reza Rahardian dan Maudy Ayunda sebagai Seiyuu dalam film ini. Selain itu film ini juga menggandeng beberapa orang asing dari mancanegara untuk mengisi suara karakter-karakter orang Belanda, Jepang, dan orang asing lainnya dalam film ini di antaranya Jason Williams, Tanaka Hidetoshi, Nuriko Okuyama, dan Alejandro Esteban dan salah satu orang Jepang yang cukup terkenal di Indonesia, Nobuyuki Suzuki.

Beberapa tahun sebelumnya, tepatnya pada perhelatan Hellofest Animaexpo 9, tim KAORI pernah melakukan wawancara dengan tim MSV Pictures dalam paket webshow Kabar Anime Indonesia episode 7 – Liputan Hellofest Animaexpo 9. Saksikan pada tautan berikut ini.

Nantikan Battle of Surabaya pada 20 Agustus 2015!

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.