BAGIKAN
Perjalanan terakhir Kereta Hokutosei | Sumber foto: Teruko
Kereta Api Hokutosei | Photo by: bikkuri bahn (JNS Forum account)
Kereta Api Hokutosei | Photo by: bikkuri bahn (JNS Forum account)


Hokutosei
(北斗星) adalah kereta api khusus yang memberikan layanan berupa kereta tidur. Kereta api ini menghubungkan antara stasiun Ueno di Tokyo dengan stasiun Sapporo di Hokkaido dengan lama perjalanan 16,5 jam. Hokutosei dioperasikan oleh perusahaan East Japan Railway Company (JR East) dan Hokkaido Railway Company (JR Hokkaido). Sejak direvisi jadwalnya pada tanggal 14 Maret 2015, Hokutosei hanya berjalan pada waktu tertentu saja.

Kereta api Hokutosei ini memiliki fasilitas yang sangat baik. Ada dua pilihan pelayanan kereta tidur. Tipe A dengan ruangan yang besar dengan fasilitas ekstra. Kereta kompartemen tipe A juga dibagi menjadi Royal dan Twin Deluxe. Sedangkan tipe B memiliki ruangan yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah. Kereta kompartemen tipe B dibagi menjadi Duet, Solo dan Two-level Type B dengan tarif akomodasi sebesar ¥6,300 per orang.

Kereta Api Hokutosei ini juga memiliki layanan kereta makan yang sangat baik dan diberi nama “Grand Chariot”. Pelayanan makanan dan minumannya dibagi menjadi Dinner Time, Pub Time dan Morning Time. Penumpang yang ingin menikmati Dinner Time diharuskan melakukan reservasi makan malam sejak tiga hari sebelum perjalanan. Pada saat Pub Time, tidak ada aturan khusus. Namun, penumpang tidak bisa melakukan pemesanan diatas pukul 10.30 malam. Untuk Morning Time, penumpang akan disajikan masakan barat atau Jepang pada pukul 06.30 pagi.

Perjalanan terakhir Kereta Hokutosei | Sumber foto: Teruko
Perjalanan terakhir Kereta Hokutosei | Sumber foto: Teruko
Advertisement Inline

Kereta api Hokutosei memulai debutnya pada tanggal 13 Maret 1988 dan secara resmi diberhentikan perjalananya per tanggal 23 Agustus 2015. Diakhir perjalanannya, tiket Kereta Api Hokutosei ini terjual habis. Kereta api ini terlambat satu menit ketika berangkat dari stasiun Sapporo ketika melakoni perjalanan terakhirnya.

Kereta Api Hokutosei ini diberhentikan dengan alasan semakin banyaknya daerah yang kini sudah dapat dicapai menggunakan Shinkansen. Saat ini, hanya ada dua Kereta Api Listrik (Kereta Tidur) yang masih beroperasi.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.