KRL Formasi 12 Kereta Akan Jalani Debut Pada Pertengahan September

0
JR 205 eks-Nambu (12 kereta) | NaHa 35 & NaHa 4
JR 205 eks-Nambu (12 kereta) | NaHa 35 & NaHa 4
JR 205 eks-Nambu (12 kereta) | NaHa 35 & NaHa 4

Dalam upaya mencapai target 1,2 juta penumpang pada tahun 2019, PT. KCJ telah mendatangkan banyak unit KRL dari Jepang. Pada awal Juli 2015, tepatnya pada tanggal 1 Juli 2015 sebanyak 30 kereta (5 rangkaian) KRL seri 205 eks-Jalur Nambu tiba di Pelabuhan Tanjung Priuk. Kedatangan selanjutnya, sebanyak 24 kereta (4 rangkaian) KRL seri 205 eks-Jalur Nambu tiba di Pelabuhan Tanjung Priuk pada tanggal 5 Agustus 2015.

Rangkaian-rangkaian tersebut kemudian dibawa ke Depo Depok untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan di Jabodetabek. Selain itu, serangkaian uji coba juga dilakukan guna memastikan kesiapan rangkaian serta untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan. Dan kini keseluruhannya telah dinyatakan layak jalan dan siap dioperasikan untuk mengangkut penumpang.

Sekitar pertengahan September ini, rencananya delapan rangkaian KRL seri 205 eks-JR East jalur Nambu akan melakoni debutnya di lintas Jabodetabek, tepatnya pada rute Bogor – Jakarta Kota. Keseluruhan rangkaian tersebut akan menggunakan formasi 12 kereta yang merupakan gabungan dari dua rangkaian KRL (6+6 kereta). Rangkaian KRL seri 205 formasi kereta ini akan membantu meningkatkan daya angkut KRL, khususnya pada jam sibuk.

Dengan dioperasikannya KRL dua belas kereta ini, diharapkan PT. KCJ lebih aktif menginformasikan kendala yang akan penumpang temukan ketika menaiki KRL dua belas kereta ini, salah satunya tentang kendala panjang peron stasiun. Selain itu, dengan kehadiran KRL dengan formasi dua belas kereta ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para pengguna jasa Commuter Line.

KAORI Newsline | Oleh Fasubkhanali

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.