Hayao Miyazaki akan Bangun Taman Bermain Alam untuk Anak

0

hayaomiyazaki

Sutradara film animasi ternama Hayao Miyazaki akan membantu pembangunan sebuah taman bermain alam bagi anak-anak. Taman tersebut akan dibangun di Taman Hutan Zenda di pulau Kumejima, yang terletak 90 km di sebelah barat pulau Okinawa.

Proyek yang diberi nama “Hutan Tempat Kembalinya Angin” ini akan menyediakan lingkungan di mana anak-anak dari Kumejima maupun dari daerah lain dapat bermain dan belajar bersama dengan bebas. Melalui interaksi langsung dengan alam, diharapkan anak-anak akan tumbuh kuat dan dapat hidup dengan baik. Di dalam taman tersebut juga akan dibangun bangunan dua tingkat sebagai tempat menginap dan perpustakaan. Bangunan tersebut akan dapat menampung 30 orang.

Miyazaki Forest Park
Ilustrasi rencana fasilitas yang akan dibangun, digambar oleh Katsuji Taba dari Kume Creation

Dilansir dari Japan Times, proyek ini merupakan kerja sama antara pemerintah daerah Kumejima, perusahan desain lokal Kume Creation, dan Miyazaki. Miyazaki sendiri akan menyumbang 300 juta yen untuk pembangunan proyek ini, yang dirancang oleh Kume Creation. Sementara pemerintah daerah Kumejima akan menyediakan lahan seluas 10 ribu meter persegi. Selain melibatkan tenaga desain lokal, proyek ini juga sebisa mungkin akan menggunakan materi konstruksi dari daerah setempat. Pembangunan akan dimulai pada April 2016 dan diharapkan akan selesai dalam waktu dua tahun.

Angin dan hubungan antara manusia dengan lingkungan memang merupakan beberapa tema yang menjadi ciri dari film-film besutan Miyazaki. Sementara film seperti Nausicaä of the Valley of the Wind (1984) menggambarkan lingkungan yang rusak akibat eksploitasi teknologi oleh manusia, film seperti My Neighbor Totoro (1988) menampilkan hubungan yang lebih bersahabat, di mana anak-anak kecil yang polos bermain-main dengan makhluk-makhluk hutan. Angin berkaitan dengan ketertarikan Miyazaki pada penerbangan, yang ditunjukkannya melalui adegan-adegan melayang dengan bebas dalam film-filmnya.

Miyazaki yang lahir di tahun 1941 telah pensiun dari membuat animasi layar lebar pada tahun 2013 karena merasa sudah tidak sanggup lagi untuk fokus pada proyek-proyek panjang. Setelah itu ia meluangkan waktunya untuk membuat komik tentang samurai. Ia juga menyatakan kalau ia masih tertarik untuk membuat animasi-animasi berdurasi pendek untuk Museum Ghibli. Selain itu, Miyazaki juga mendesain logo untuk proyek Japan Animator Expo yang diselenggarakan oleh Studio Khara dan Dwango.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.