Kaoriporter: Toys Fair 8 (2012)

    0

    Toys Fair (TF) adalah sebuah event tahunan berupa pameran mainan, komik, dan barang-barang koleksi. TF 2012 adalah yang kedelapan kalinya dan kali ini, TF bertempatkan di Balai Kartini, tepatnya Kartika Expo, dan diadakan tanggal 10-11 Maret yang lalu.

    Kaoriporter diberikan kesempatan untuk meliput acara TF ini, tepatnya pada tanggal 10 Maret. Beberapa pers lain juga turut meliput, misalnya dari Metro TV dan Kompas TV. Untuk masuk ke area TF, pengunjung wajib membayar tiket masuk seharga Rp20.000,00. Namun, untuk pengunjung berkostum tidak perlu membayar lagi.

    Suasana TF hari pertama lumayan ramai meski hujan sempat turun cukup deras hari itu. Memasuki area Kartika Expo, banyak stand-stand dari berbagai macam hobby shop di acara tersebut, mulai dari  action figure, komik, LEGO, toy soldier, statue, 12inch, die-cast, robot, model kits, model cars, trading cards, board games, warhammer, radio control, tin toys, vintage toys, hi-tech toys, dan sebagainya. Rata-rata stand hanya sebatas menjual barang-barang mereka, namun ada juga stand yang mengadakan acara lain, seperti Stand Kiseki Shop yang mengadakan turnamen Touhou.

    Advertisement Inline

    Keramaian TF dilihat dari lantai dua

    Salah satu lego yang dipamerkan di TF

    Di panggung utama juga ada beragam acara, seperti lomba membuat lego, penampilan Iron Lady, dan lain-lain. Ada pula berbagai macam lokakarya di TF ini, salah satunya adalah lokakarya fotografi dengan Andika Mapparessa, seorang fotojurnalis dari sebuah majalah game yang terbit di Indonesia, sebagai pemberi materi. Di lantai dua, ada area makanan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

    Penampilan Iron Lady

    Beberapa cosplayer pun turut meramaikan acara ini. Sayangnya, karena cosplay bukan fokus utama acara ini, cosplayernya tidak terlalu banyak.

    TF merupakan sebuah acara yang masuk dalam agenda tahunan Jakarta dalam program “Enjoy Jakarta”. TF pertama kali diadakan di Melawai tahun 2005. Semoga di tahun depan TF tetap diadakan agar dapat menjadi wadah berkumpulnya komunitas pecinta mainan, komik, dan barang koleksi di Indonesia.

     

    KAORI Newsline|via shii

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.