BAGIKAN

popcon

Dari kiri ke kanan: Ester, Lis Kurniasih, Mirna Haryati, Marin, & Merysha Chandra

Popcon Asia 2015, festival budaya populer terbesar di Asia yang berlangsung pada 7-9 Agustus 2015 lalu berhasil menarik lebih dari 37.000 orang pengunjung yang hadir untuk merayakan karya-karya terbaik dari 214 kreator dari Indonesia dan 11 negara lainnya, termasuk Prancis, Australia, Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Advertisement Inline

Dalam event kreatif yang begitu besar ini, tak lupa para Seiyuu yang juga turut hadir dalam perhelatan ini. Tampak beberapa Seiyuu tutur berjalan-jalan bertemu sapa dengan para partisipan Popcon Asia 2015 pada ajang ini sembari turut berpartisipasi pada ajang audisi mencari Seiyuu dari anime 3D Si Unyil yang akan diproduksi di masa mendatang. Nampak para Seiyuu yang turut eksis pada ajang Popcon Asia 2015 lalu adalah Mirna Haryati (Seiyuu Naruto dalam Anime Naruto yang tayang di ANIMAX Asia), Lis Kurniasih (Seiyuu dari Ichigo Hoshimiya di Aikatsu dan Elsa di Frozen), Freddy Pangkey (Seiyuu Dokter Robotnik pada anime lawas Sonic the Hedgehog), Santosa Amin (Seiyuu Suneo Honekawa dalam Doraemon), Diky Nube (Seiyuu Nube dalam Hell Teacher Nube dan Rekka Hanabishi dari Flame of Recca), dan Adith Siddik Permana (Seiyuu Shishio Makoto dalam Samurai X dan Johnny Beppu dalam Aikatsu). Selain nama-nama yang sudah lama malang melintang dalam industri pengisian suara di Indonesia, nampak hadir pula beberapa orang Seiyuu muda yang belum terlalu lama berkecimpung dalam industri pengisian suara namun sudah mulai banyak menorehkan prestasi yang cukup memuaskan seperti Merysha Chandra yang pernah berperan menjadi Shizuka pada anime Doraemon maupun Marin yang pernah berperan pada Anime Sahabat Pemberani yang merupakan proyek Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka pendidikan antikorupsi sejak dini dan telah diputar di Global TV pada tahun 2013 lalu, dan juga Riska Silvia yang pernah mencicipi berpartisipasi dalam sulih suara film garapan Walt Disney, Return to Never Land maupun Ester yang masih dalam tahap belajar bersama para Seiyuu.

Intip jalan-jalan mereka di Popcon Asia 2015 pada foto-foto berikut ini:

This slideshow requires JavaScript.

Dengan visi untuk menjadi wadah yang mendorong pertumbuhan ekosistem industri kreatif Indonesia bertaraf internasional ini Popcon Asia 2015 hadir untuk menjadi tempat peluncuran karya, forum dan diskusi, apresiasi karya, marketplace untuk intellectual property, dan sekaligus tempat berkolaborasi antar kreator dengan pelaku industri.

Selama 3 hari penyelenggaraan Popcon Asia 2015, nilai transaksi serta proyeksi kolaborasi yg terjadi di Popcon Asia 2015 selama tiga hari ini diperkirakan mencapai 25 milyar rupiah. Grace Kusnadi, CEO Revata sekaligus penggagas Popcon Asia mengatakan, “Penyelenggaraan Popcon Asia juga menjadi bukti bahwa pasar Indonesia siap menerima dan mengapresiasi IP lokal dengan sangat baik, karena tercatat beberapa eksibitor bahkan mendapatkan omset mencapai puluhan juta rupiah selama Popcon Asia 2015 berlangsung. Ke depannya, Popcon Asia akan terus menjadi wadah yang merayakan kreator lokal Indonesia dan mempersiapkan mereka untuk memasuki pasar global.”

KAORI Newsline | Photo Courtesy of Mirna Haryati & Koleksi Pribadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.