BAGIKAN

mencari hilal

Mencari Hilal. Film karya sutradara Ismail Basbeth akan berpartisipasi pada Tokyo International Film Festival 2015 untuk program Asian Future.

Program tersebut dikhususkan bagi film panjang pertama dan kedua sutradara muda asal Asia dan Timur Tengah. Dimaksudkan menyaring talenta baru menjanjikan untuk dipersembahkan kepada dunia.

Advertisement Inline

Dilansir dari KapanLagi, Asian Future sendiri merupakan program baru di Tokyo International Film Festival yang resmi berjalan sejak tahun 2013. Di masa lalu program ini disebut Young Cinema Competition di mana sutradara Alejandro Gonzales Inarritu pernah menang lewat film Babel.

CQDQtx1VEAA3weE

Merupakan proyek kolaborasi antara Multivision Plus, Studio Denny JA, Dapur Film, Argi Film, dan Mizan Productions, Mencari Hilal adalah sebuah film perjalanan spiritual yang dirilis dalam rangka libur Lebaran tahun ini. Dibintangi oleh Deddy Sutomo, Oka Antara, Torro Margens, dan Erythrina Baskoro, berikut sinopsis dari film ini:

Di benak Mahmud (60), tak ada yang lebih mulia selain tulus berjuang menerapkan perintah Islam secara kaffah dalam semua aspek hidup. Bertahun-tahun lamanya Mahmud berdakwah agar setiap orang percaya bahwa Islam adalah satu-satunya solusi semua persoalan hidup.

Sayangnya semangat Mahmud tercederai saat mendengar isu sidang Isbat Kementrian Agama yang menelan dana sembilan milyar untuk menentukan hilal. Realita itu membuatnya teringat lagi tradisi mencari hilal yang dilakukan pesantrennya dulu. Sebuah tradisi yang tak berjalan lagi sejak pesantrennya bubar puluhan tahun lalu.

Mahmud ingin mengulang tradisi itu untuk membuktikan kepada semua orang bahwa ibadah tidak dibuat untuk memperkaya diri. Hilal bisa ditemukan tanpa harus menelan biaya milyaran.Sayangnya upayanya itu terhalangi oleh anaknya. Mereka mengkhawatirkan kesehatan Mahmud yang menurun.

Mahmud bersikeras pergi. Mahmud boleh pergi hanya jika ditemani Heli (28), anak bungsunya yang sejak lama pergi dari rumah karena selalu bertentangan dengannya.Heli, aktivis lingkungan hidup, kerap membuat Mahmud gerah dengan kritik sekuler liberal yang menurutnya sesat.

Heli terpaksa menuruti permintaan kakaknya yang bekerja di kantor imigrasi, agar membantunya mengurus paspornya yang kadaluarsa bertepatan dengan libur lebaran. Dia butuh secepatnya keluar negeri membantu para aktivis dunia berjuang melawan perusakan lingkungan di Nicaragua.

Tokyo International Film Festival ke-28 akan dilangsungkan pada 22-31 Oktober 2015. Film The Walk karya Robert Zemeckis menjadi pembuka di ajang ini.

Mencari Hilal sendiri akan hadir pada perhelatan ini dengan judul Crescent Moon. Satu hal yang menarik dalam film ini adalah kemunculan sosok Hasmi, komikus dari Gundala Putra Petir yang hadir sebagai cameo dalam film ini.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.