BAGIKAN

Kereta Rel Listrik (KRL) Seri 115 adalah KRL jarak menengah yang dioperasikan di Jepang oleh operator JR East Railway Company. KRL ini telah melayani banyak perjalanan di Jepang. KRL yang dibuat dari bahan dasar Baja ini, terbuat pada tahun 1963 hingga 1983.  Namun sebentar lagi, KRL ini akan memasuki masa pensiunnya setelah beroperasi selama 52 tahun. Perjalanan rutin KRL ini akan dihentikan pada tanggal 28 Oktober 2015.

eckJ4rX
KRL seri 115, dengan nomor seri C1 | Foto oleh: Kazunosuke-san

Mengingat masa baktinya yang akan habis pada tahun ini, JR East Railway Company memberikan pengumuman mengenai perjalanan terakhir dari seri 115 ini. JR East memberikan perjalanan spesial untuk yang terakhir kalinya, yaitu pada tanggal 22 November 2015. Perjalanan spesial ini terdiri dari 2 trip, yakni keberangkatan dari Nagano menuju Matsumoto, dan Matsumoto menuju Nagano.

Poster Pengumuman Perjalanan Spesial KRL seri 115
Poster Pengumuman Perjalanan Spesial yang Pertama KRL seri 115

Harga tiket perjalanan terakhir KRL ini dipatok dengan harga 8800 yen/orang untuk kategori dewasa, dan 7800 yen/orang untuk kategori anak-anak.

Advertisement Inline

Untuk perjalanan pertama, KRL ini diberangkatkan dari stasiun Nagano pada pukul 08:04 waktu setempat, dan akan mengakhiri perjalanan di stasiun Matsumoto pada pukul 16:00.

_kjuQRM_
Poster Pengumuman Perjalanan Spesial yang Kedua KRL seri 115

Keberangkatan kedua perjalanan spesial ini dijadwalkan pukul 09:17 waktu setempat dari Stasiun Matsumoto. Lalu perjalanan akan kembali ke Matsumoto pada 14:24 dan diperkirakan akan sampai pada Matsumoto pada pukul 15:21, dan akan diberangkatkan kembali menuju Nagano pada pukul 15:35 waktu setempat. Kedua keberangkatan KRL ini direncanakan bertemu di salah satu stasiun pemberhentian.

PAx37P4
KRL seri 115, dengan nomor seri C1 | Foto oleh: Kazunosuke-san

Ada yang menarik ketika saya menanyakan salah satu Railfan Jepang tentang mengapa di salah satu stasiun pemberhentian, dua perjalanan kereta tersebut berhenti hingga hampir 4 jam. Dia menyebutkan bahwa akan ada sesi foto-foto dengan KRL ini di stasiun tersebut! Menarik bukan?

Perjalanan ini akan sangat berkesan. Bukan hanya bagi para pencinta kereta api di Jepang namun warga Jepang yang pernah menaiki atau sering menggunakan KRL ini, karena KRL ini merupakan bagian dari sejarah perkeretaapian di Jepang, dan mungkin juga KRL ini memiliki kenangan yang tak bisa dilupakan oleh mereka.

Sayonara, seri 115!

KAORI Newsline | Farouq Adhari

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.