Kemeriahan Acara Doraemon Journey to Adventure (Part 2)

0

Perhelatan Doraemon Journey to Adventure pada pekan kedua berlangsung cukup meriah, tidak kalah dengan pekan sebelumnya. Seperti sebelumnya, tak terlalu banyak acara yang menghiasi hari-hari biasa kecuali beberapa kuis, Kids Performance, dan demo membuat kue dari Pelangi Cake selaku sponsor dan pembuat kue ulang tahun Doraemon. Juga ada penjualan beragam merchandise dan pernak-pernik bertema Doraemon yang dijual dengan diskon-diskon yang cukup menarik.  Tentu saja tak terlewatkan penampilan Doraemon dan kawan-kawannya yang datang menghibur para pengunjung.

Suasana di tengah-tengah acara

Advertisement Inline

Seperti yang terjadi di minggu pertama, akhir pekan menjadi waktu di mana perhelatan acara mulai berlangsung meriah. Dimulai dari hari Sabtu yang kembali dikhususkan untuk acara School Day Camp for Kids. Pada School Day Camp gelombang kedua ini, terdapat materi-materi yang tidak kalah seru dibandingkan sebelumnya seperti workshop keterampilan membuat boneka ramah lingkungan Horta dan Paper Kokoru, seni paper-cutting yang cukup mengasyikkan. Nampak para peserta begitu antusias dalam mengikuti acara bersama orang tua mereka.

Suasana School Day Camp gelombang kedua. Nampak para peserta tengah berkonsentrasi bersama orang tua dalam menyusun Paper Kokoru didampingi oleh instruktur

Tidak seperti pada School Day Camp sebelumnya, kali ini Doraemon beserta kawan-kawannya yang terdiri dari Nobita, Shizuka, Suneo, dan Giant datang menghampiri dan menghibur para pengunjung lebih awal. Selain itu para peserta School Day Camp juga mendapat kesempatan untuk berfoto bersama Doraemon dan kawan-kawannya. Setelah itu, acara masih berlangsung sampai malam hari dengan peragaan fashion show bertema merchandise Doraemon, Performance by Raul dkk, Hip + Hop Rap Performance, kuis bertemakan Doraemon, dan penyelenggaraan lomba Crazy Bird.

Para peserta School Day Camp berfoto bersama Doraemon dan kawan-kawan

Acara di hari Minggu sendiri juga tak kalah meriahnya. Bahkan sebagai hari terakhir dan puncak perhelatan acara, banyak sekali sesi-sesi yang menarik dan menghibur. Kali ini Nobita bahkan hadir sebagai bintang tamu dalam sesi kuis pada pembukaan acara. Yang menarik, Nobita tampak  membawa sebuah boneka berwujud Doraemon dengan warna kuning dan bertelinga persis seperti Doraemon ketika pertama kali “lahir” ke dunia.

Sesi pembukaan acara bersama Nobita

Acara kembali dilanjutkan dengan peragaan fashion show bertema merchandise Doraemon. Beragam busana dan merchandise bertemakan Doraemon diperagakan di atas catwalk oleh para peragawati muda yang cantik.

Peragaan fashion show bertema Doraemon

Setelah sesi fashion showberakhir, acara kembali dilanjutkan dengan parade flashmob, disambung dengan kedatangan Doraemon dan kawan-kawan yang kembali menari bersama menghibur pengunjung. Acara pun dilanjutkan dengan pertunjukkan permainan angklung.

Angklung performance

Siapa yang masih ingat dengan Papa T. Bob? Generasi yang besar pada era 1990-an pasti sangat mengenalnya sebagai legenda pencipta lagu anak-anak yang sangat digemari pada masanya. Berbagai Artis-Artis cilik pada era tersebut dari Enno Lerian sampai Trio Kwek-Kwek pernah merasakan tangan dingin beliau. Lama tak terlihat, kini sang legenda tersebut kembali muncul sebagai bintang tamu pada perhelatan ulang tahun Doraemon ini. Tak lupa ia juga membawa “anak asuh” terbarunya yang diberi nama Kwek-Kwek untuk menghibur penonton.

Di tengah masih lesunya pasar musik bergenre Lagu Anak-Anak  akhir-akhir ini, kemunculan kembali Papa T. Bob dengan grup Kwek-Kweknya yang dicitakan sebagai penerus Trio Kwek-Kwek tentu saja merupakan hal yang bagus bagi industri musik Indonesia, terutama untuk lagu bertema anak-anak. Diharapkan mereka bisa ikut andil dalam menghidukan kembali pasar  lagu anak-anak, tidak kalah dengan pendahulu mereka. Penampilan mereka pun juga cukup energik dan menghibur dengan membawakan tembang-tembang lawas Trio Kwek-Kwek yang diarransemen ulang, dan tentu saja lagu-lagu terbaru hasil buah tangan sang maestro Papa T. Bob.

Papa T. Bob dan Kwek-Kwek

Pada sesi berikutnya, acara menjadi semakin meriah dengan kehadiran sosok pesulap kawakan, Master Tarno. Dengan kemampuan sulap yang dimilikinya, Master Tarno memukau mata para pengunjung yang memadati Main Atrium lantai dasar Botani Square Mall Bogor tempat diselenggarakannya acara. Tampak para personil Kwek-Kwek pun dengan antusias juga mendampingi Master Tarno dalam menjalankan aksinya.

Master Tarno tengah melancarkan aksinya

Setelah dihibur seharian penuh dengan berbagai macam acara, akhirnya perhelatan “Doraemon Journey to Adventure” sampai pada penghujung acara. Di penghujung acara ini, Mr. Lynard Longcop selaku Country Manager Animation International Ltd., agensi pemegang lisensi resmi Doraemon di Indonesia menyampaikan pernyataan dan sambutannya berkaitan dengan acara perayaan ulang tahun Doraemon yang sudah berlangsung selama 2 pekan ini. Setelah itu acara masih dilanjutkan dengan sesi berfoto, di mana para pengunjung mendapat kesempatan untuk berfoto bersama Doraemon dan kawan-kawan dan mendapatkan oleh-oleh berupa kue yang disediakan oleh Pelangi Cake. Acara kemudian ditutup dengan pertunjukan permainan perkusi.

Percussion Performance

Berakhir sudah acara Doraemon Journey to Adventure. Perhelatan acara yang diselenggarakan selama dua minggu dalam rangka merayakan 100 tahun sebelum kelahiran Doraemon ini begitu menarik perhatian masyarakat, terutama para pengunjung Botani Square Mall Bogor. Tanpa mengenal batasan usia, jenis kelamin, dan latar belakang, pengunjung begitu terhibur dengan beragam acara yang diselenggarakan menunjukkan betapa Doraemon adalah tokoh yang universal dan begitu membumi serta digemari oleh segala lapisan masyarakat ini.

Tak lupa selain berbagai perhelatan acara yang diselenggarakan di Main Atrium, Doraemon dan kawan-kawan juga hadir di lantai 3 Botani Square Mall dalam sebuah “Museum”. Di dalam “Museum” ini pengunjung dapat melihat repika dari berbagai macam peralatan ajaib yang dimiliki oleh Doraemon, poster-poster film Doraemon dari masa ke masa, sampai replika dari pabrik di mana Doraemon “dilahirkan”.

Para Seiyuu Anime Doraemon dari kiri ke kanan : Nurhasanah Iskandar, Dewi Sartika, Merysha Chandra, Santosa Amin, Bima Sakti, Iwan Dahlan, Nia Kurnia Tulus, dan Lusy Susilo. Kehadiran mereka sangat dinantikan.

Sayang, acara sekali seumur hidup ini tidak diramaikan dengan kehadiran para tim seiyuuyang telah menyulihsuarakan seri Doraemon ke dalam Bahasa Indonesia. Padahal para tim seiyuu yang terdiri dari Nurhasanah Iskandar sebagai Doraemon, Dewi Sartika sebagai Nobita, Merysha Chandra sebagai Shizuka, Santosa Amin sebagai Suneo, Bima Sakti sebagai Giant, Iwan Dahlan sebagai Ayah Nobita, Nia Kurnia Tulus sebagai Ibu Nobita, dan Lusy Susilo sebagai Dekisugi ini telah berjasa dalam “menghidupkan” tokoh Doraemon dan kawan-kawannya sehingga dapat dinikmati oleh jutaan pasang mata di Indonesia yang menyaksikan Doraemon lewat layar kaca. Kehadiran mereka dengan suara-suara mereka yang khas tentunya akan membawa warna tersendiri dalam setiap perhelatan acara Doraemon.

Selain itu kehadiran Nobita dan kawan-kawan yang sedianya akan hadir dengan kostum baru yang lebih “up-to-date” pada perhelatan puncak acara terpaksa harus dibatalkan karena satu dan lain hal. “Museum Doraemon” yang berada di lantai 3pun juga cukup bermasalah karena baru optimal pada hari-hari terakhir dikarenakan banyak materi-materi yang sedianya akan diperagakan baru bisa datang pada hari-hari terakhir. Tentu saja semoga segala kekurangan yang ada bisa dievaluasi dan menjadi bahan pertimbangan untuk perhelatan Event Doraemon yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Acara Selanjutnya : “Celebrate Dreams with Doraemon”

Berakhirnya perhelatan “Doraemon Journey to Adventure” tidak serta merta mengakhiri perhelatan acara Doraemon begitu saja. Justru Doraemon akan hadir dalam acara yang lebih seru lagi selama hampir 2 bulan terhitung dari 3 Oktober 2012 sampai 23 November 2012. Dalam acara yang bertajuk “Celebrate Dreams with Doraemon” ini, pecinta Doraemon dapat semakin mudah mendapatkan aksesoris resmi Doraemon di toko buku Gramedia  dan Chibiland terdekat di wilayah Jabodetabek, serta berkesempatan mengikuti kontes drama Doraemon Plush Doll.
Caranya mudah. Cukup dengan membeli boneka Doraemon asli berlabel Madonna, buatlah sebuah diorama dengan tema “Celebrate Yur Dream”. Kirimkan foto hasil karya anda ke akun Facebook Doraemon Indonesia sebelum 23 November 2012, pukul 1800.

Pemenang akan diumumkan pada acara puncak Doraemon “Celebrate your Dream” pada tanggal 1 Desember 2012. Karenanya persiapkan diri anda dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai kehabisan.

Akhir kata, segenap keluarga besar KAORI Nusantara kembali mengucapkan selamat ulang tahun untuk Doraemon yang ke -100. Tetaplah menghibur dan memberikan impian sembari mengajarkan akan arti kehidupan kepada jutaan pasang mata hingga 100 tahun ke depan!

KAORI Newsline | Teks oleh Dody | penyunting: Kevin | foto dokumentasi KAORI dan Animation Intl Indonesia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.