BAGIKAN

Reformasi birokrasi dan sejumlah peraturan di sistem masih terus berjalan, meskipun dengan perlahan. Berbeda dengan mengambil langkah penting BUMN yang bisa dilakukan dalam satu-dua hari, pengguna KAORI dengan berbagai latar belakang mengharuskan setiap pengambilan keputusan menunggu beberapa saat, bisa sampai seminggu. Padahal seminggu di internet itu bagaikan sebulan, tiga bulan di kehidupan nyata. Begitu dinamis internet berkembang!

Ada satu hal lagi yang (dulu sempat ada di KAORI saat awal-awal dan kini mulai ber)kurang. Penularan motivasi sepertinya masih kalah cepat dengan penularan galau, keluh kesah, dan pesimisme. Sudah terlalu sibuk dengan kehidupan nyata, penting sekali KAORI ini dimotivasi agar tidak terlalu lama terjebak dalam kuldesak dan kebuntuan, yang akhirnya berbahaya sekali karena bisa membunuh KAORI itu sendiri.

Menulis MH seperti ini bukan seperti cocotan ala Gorden Ways yang begitu mudah dijabarkan. Menggalau sangat mudah, sedangkan membangun harapan harus dengan kerja nyata plus realisasi hasil yang diharapkan. Kalau gagal, ulangi, ulangi, dan ulangi. Curhatan hopeless, keluh kesah, dan kekecewaan pengguna yang masuk ke saya ini yang selayaknya dilawan dengan kerja nyata.

Advertisement Inline

Setidaknya, ini yang coba dilawan oleh jajaran staf itu sendiri. Para administrator sudah haqqul yakin: perangi kegabutan semaksimal mungkin. Tidak masalah meskipun harus ada pre-tesis maupun bekerja di apotek, yang penting daya-upaya bisa dicurahkan untuk mengurus KAORI.

Mengenai masalah staf gabut, sudah ada satu orang staf yang diberhentikan tidak hormat karena keberadaannya yang tidak jelas di mana. Selain itu, ada hal yang lebih penting lagi: kini staf memiliki komitmen bersama, dalam kondisi masing-masing yang terpepet dengan kehidupannya sehari-hari, untuk lebih memberikan perhatian pada KAORI.

Sudah ada kesepakatan bahwa mulai sekarang tidak ada lagi staf gabut: satu subforum diasuh secara kolektif kolegial, kalau ada yang berhalangan harus ada yang menggantikan.

Selain itu, sudah diberlakukan pula masalah pengisian form laporan tugas. Meskipun masih harus dilihat seberapa efektif form ini dalam penerapannya, namun dari gambaran awal saat mulai diterapkan, sepertinya sudah tercermin bagaimana kemampuan masing-masing tim dalam setiap subforum yang diasuh.

Menjadi staf inti KAORI memang sebuah amanah, oleh karena itu harus diwanti-wanti di awal bagi calon staf baru agar siap dengan segala risiko, termasuk sistem reward and punishment yang mulai diterapkan kali ini.

Bila di minggu lalu saya sudah membahas mengenai KAORI Fansub, hari Minggu ini ada berita menarik dari KAORI Fansub. Sedikit inovasi dan promosi tambahan mampu mengerek KAORI Newsline yang hidup segan mati tak mau itu.

Bila trafik rerata harian KAORI Newsline adalah 200-300 view/hari, maka berkat Little Busters! dan Hidamari episode 3 yang dirilis awal minggu ini, hanya di hari Minggu saja trafik KAORI Newsline terkerek hingga dua kali lipatnya. Padahal yang dilakukan hanya memosting tautan LB ke forum lain dan sedikit kreativitas dengan bahasa Jawa, kali ini tidak seekstrem Nichijou yang dulu.

Oh ya, salah satu pengguna KAORI yang memiliki crush dengan Renten rupanya masuk karena menonton Nichijou rilis KAORI Fansub!

Jelas sekali bahwa di sini, KAORI Fansub berperan untuk mengerek KAORI Newsline. Justru di sini saya galau: bagaimana caranya supaya KAORI Newsline tidak hidup segan mati tak mau seperti sekarang.

Bagaimana caranya supaya pengguna mau memosting berita ke KAORI Newsline? Sedangkan staf Newsline eksiting saat ini tidak dapat terlalu diharapkan kemampuannya dalam “jemput bola” artikel ini? Karena tidak bisa setiap postingan di forum langsung dipost mentah-mentah ke Newsline, harus ada pengecekan tata bahasa dan tulisan secara manual dulu.  Selama ini saya sendiri yang harus mengecek setiap artikel itu, sehingga menimbulkan hambatan kapan sebuah artikel bisa naik cetak.

Singkat kata, masih banyak kegalauan saya di Newsline.

Ada bagian lain yang semestinya bisa diberdayakan di KAORI. KAORI NCP adalah bagian inti KAORI yang sudah berdiri sejak 2010, memberikan tautan unduh langsung, namun dengan segala permasalahannya, NCP seakan tidak mendapatkan tempat di hati pengguna KAORI.

Mismanajemen plus amburadulnya manajemen subforum di KAORI membuat jutaan rupiah uang yang diguyurkan menjadi tidak berarti.

Beberapa bulan lalu, saya sudah menghubungi rekan-rekan di subforum anime, bagaimana supaya thread anime di KAORI bisa lebih terstruktur, tidak didominasi oleh satu orang yang membuatnya tidak terurus dan berantakan. Bayangkan perasaan Anda saat melihat sebuah subforum dimana yang bersangkutan menjadi TS “hampir” setiap thread dengan deskripsi thread yang sama amburadulnya.

Mempelajari sistem di forum lain, untuk subforum anime diputuskan agar satu orang dibatasi maksimum 4 thread saja per musim. Juga, post 2 dikhususkan untuk tautan unduh sehingga akan lebih mudah baik bagi tautan NCP maupun tautan lain untuk diakses oleh pengguna.

Di bawah manajemen baru ini, NCP sudah mulai berbenah. Sejumlah staf gabut sudah dipecat, dan ada yang mengundurkan diri karena memang tidak lagi bisa bergabung dengan NCP. Saat ini sedang dibuka penerimaan staf baru, dan semoga saja bisa berjalan dengan baik. Hambatannya tinggal di saya: bagaimana setelah staf baru ada, KAORI bisa menyediakan tempat kerja yang prima dan nyaman bagi mereka.

Dalam beberapa kasus di atas, ada satu modal yang saya berikan: modal kepercayaan. Saya percaya, dengan kepercayaan dan cara yang benar, bagian-bagian KAORI yang begitu besar ini akan bisa hidup di tangan yang sanggup “dijerumuskan” untuk menghidupkan bagian ini. Untuk NCP dan fansub, bagian ini sudah mulai bekerja.

Penggojlokan motivasi tidak hanya berhenti di tataran teknis. Bagi para staf yang sedang galau pun, saya bertekad akan memotivasi. Apa yang terjadi jika energi yang begitu besar untuk balas dendam, kecewa, dan galau itu bisa disalurkan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat? Tentunya, kemajuan dan kemajuan. Bagaimana kegalauan akibat kepedihan di kehidupan RL bisa disulap menjadi kerja nyata yang terukur di KAORI ini (apresiasi saya untuk supercell dalam kasus ini).

Semoga sebelum November berakhir, kita sudah bisa mengevaluasi jerih payah yang mulai dan sedang berjalan ini. Sampai hari itu pula, saya tidak akan henti-henti coba menggojlok harapan, harapan, dan motivasi. Dengan tekad awal yang positif, apapun kini menjadi mungkin!

Shin Muhammad
Administrator KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.