LRT Palembang Masuki Persiapan Teknis, Groundbreaking Januari 2016

2
LRT Jakarta Gunakan Rel Standard Gauge
Ilustrasi LRT.
(Ilustrasi LRT)
(Ilustrasi LRT)

Setelah ditunjuk pemerintah untuk menjadi kontraktor pembangun prasarana Light Rail Transit (LRT) Palembang, PT Waskita Karya sudah memulai persiapan untuk pembangunan jalurnya. Kini, progress-nya sudah mencapai persiapan teknis dan sudah dipersiapkan untuk tahap selanjutnya yaitu groundbreaking yang akan dikerjakan Januari 2016.

Persiapan teknis yang sudah mulai dilaksanakan diantaranya dimulainya pemeriksaan tanah yang menjadi lokasi dibangunnya tiang-tiang pancang. Persiapan pembangunan tiang-tiang pancang ini sudah terlihat di jalan raya akses Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II yang akan menjadi stasiun awal dari LRT Palembang. Di sekitar lokasi sudah tampak reklame yang menandakan proyek ini akan dimulai.

Sebelum melakukan persiapan teknis sendiri, pihak Waskita Karya sudah merampungkan tahapan studi kelayakan, penentuan trase, pembebasan lahan, analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) dan detail desain.

LRT Palembang merupakan proyek transportasi publik yang dibangun untuk membantu menyelesaikan masalah kemacetan di Palembang, sekaligus persiapan untuk menyongsong Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Palembang dan Jakarta. Jalurnya akan bermula dari Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Jakabaring Sport Center yang akan menjadi venue Asian Games 2018 mendatang. Rencananya, pembangunan akan selesai pada 2017 akhir dan ditargetkan mulai beroperasi pertengahan 2018 atau sebelum dimulainya Asian Games. Pendanaannya sendiri akan menggunakan anggaran Kemenhub yang dialokasikan pada anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2017 dan 2018.

Cemplus Newsline by KAORI | Amri Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.