BAGIKAN

Berbicara soal fiksi spionase, kita akan langsung membayangkan beberapa judul populer luar negeri, seperti Bourne, 007, The Day of The Jackal, Metal Gear Solid, Hitman, atau Splinter Cell. Negeri-negeri barat memang telah dikenal sebagai pabrik spionase pada dunia hiburan. Akan tetapi, tak semua karya spionase harus berasal dari barat. Korudo Kiraru, seorang penulis light novel asal Bandung mendobrak batasan tersebut dengan membuat light novel berjudul Subject 09. Novel yang diilustrasikan oleh ilustrator bernama Ekkigo tersebut telah mengudara sejak 22 Mei 2015 lalu dan masih berlanjut hingga saat ini.

 s4

Subject 09 berkisah tentang perjalanan mantan agen rahasia yang diciptakan pada akhir masa pemerintahan Presiden Soeharto sebagai antitesis dari pergerakan oknum asing di daerah Nusantara. Agen tersebut tak memiliki nama, tak memiliki identitas, tak memiliki akta lahir, tak memiliki apapun yang dapat menghubungkannya dengan pemerintah, sehingga ia diberikan variabel “Subject 09” oleh para pelatihnya. Sampai pada suatu hari, Subject 09 berbalik dan melawan pemerintah Republik Indonesia. Beberapa pejabat penting pemerintah mati mengenaskan, para ajudan pun meregang nyawa. Subject 09 mengamuk tanpa alasan. Sejak saat itu, dimulailah perang antara pemerintah dan Subject 09; konspirasi demi konspirasi terungkap dan kekacauan merajalela.

Advertisement Inline

 s2

Selain ingin menunjukkan bahwa kreator lokal mampu membuat fiksi spionase, Korudo juga memiliki cita-cita lain dari light novel yang ia buat. “Aku ingin berbagai instansi hankam di Indonesia menjadi referensi masyarakat kreatif lokal, bukan lagi CIA, bukan lagi DARPA, bukan lagi US Army seperti yang selama ini ditampilkan oleh Hollywood. Pada Subject 09, kamu bisa melihat ada anggota Grup 3 Kopassus yang tangguh, ada CQB ala Densus-88, ada pensiunan kolonel Marinir yang jenius, ada teknologi-teknologi Pindad yang keren. Aku berusaha menyuguhkan cita rasa khas Indonesia pada genre yang kebarat-baratan ini,” paparnya.

 s1

Korudo dan Ekkigo berharap bahwa light novel yang mereka kerjakan akan mampu menjadi salah satu icon spionase di Indonesia. Untuk membaca light novel Subject 09, kunjungi beberapa situs di bawah:

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan merupakan dari sudut pandang pemberi siaran pers sehingga tidak ada kaitan dengan kebijakan editorial KAORI Newsline.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.