BAGIKAN

130105085319_kiyoshi_kimura_464x261_afp

Seekor tuna sirip biru terjual dengan harga 155 juta yen (Rp16,9 miliar) di Jepang, tiga kali lipat dari rekor sebelumnya di tahun lalu. Rekor ini pecah saat lelang pertama tahun 2013 berlangsung di pasar ikan Tsukiji, Tokyo.

Yang berhasil membeli ikan ini adalah seorang pemilik jaringan restoran sushi Kiyoshi Kimora, yang juga mencetak rekor pembelian pada tahun lalu. Dia mengaku bahwa harga ikan tuna ini ”sedikit lebih mahal”.

Advertisement Inline

Kimura langsung membawa ikan ‘mahal’ ini ke restoran terdekat miliknya. Dia mengatakan bahwa dia ingin ”mendorong Jepang” dengan tawarannya.

Stok berkurang

Penjualan ini berlangsung di tengah-tengah peringatan dari pemerhati lingkungan yang menyebut stok tuna yang semakin berkurang akibat penangkapan yang berlebihan.

Warga Jepang mengkonsumsi lebih dari setengah persediaan tuna sirip biru di dunia.

Amanda Nickson, dari Kelompok Konservasi Runa, Pew, mengatakan: ”Semua yang kami dengar tidak ada kabar bagus untuk tuna sirip biru Pasifik. Kami melihat harga yang tinggi membuat ikan ini terus ditangkap secara berlebihan.”

Ikan pencetak rekor termahal ini ditangkap di kawasan perairan timur laut Jepang dengan berat 222kg, atau 47kg lebih ringan dari rekor tahun lalu yang terjual dengan harga 56 juta yen.

Harganya memang tidak menggambarkan kualitas atau ukuran ikan dan lebih dikaitkan dengan publisitas dan pengaturan atas bisnis ikan pada tahun ini.

Lelang di pasar ikan Tsukiji, Tokyo – dengan omzet jutaan dolar perhari dan salah satu tujuan wisata Jepang – dimulai pukul 05:00 pagi waktu setempat.

KAORI Newsline | via BBC

1 KOMENTAR

  1. “Warga Jepang mengkonsumsi lebih dari setengah persediaan tuna sirip biru di dunia”..

    kalau warga Indonesia memakan 3/4 stok tempe dunia… 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.