Nishitetsu Memesan KRL Seri 9000 kepada Kawasaki

0
Gambaran bentuk KRL Nishitetsu seri 9000 | Sumber: railjournal

Nishi-Nippon Railway (Nishitetsu) baru-baru ini memesan kereta rel listrik (KRL) kepada Kawasaki Heavy Industries. Jumlah KRL yang dipesan sebanyak 18 unit KRL dengan lebar sepur 1067 mm. Nantinya, KRL ini akan digunakan untuk jalur Nishitetsu Tenjin Omuta di prefektur Fukuoka.

KRL ini memiliki panjang 19,5 meter dengan bodi yang terbuat dari stainless-steel. KRL ini diberi nama Nishitetsu seri 9000 dan akan beroperasi dengan stamformasi tiga kereta per trainset. KRL seri 9000 yang pertama direncanakan akan beroperasi bulan Maret untuk menggantikan KRL seri 5000 yang sudah beroperasi sejak 1975.

Gambaran interior Nishitetsu seri 9000 | Sumber: railjournal (klik foto)
Gambaran interior KRL Nishitetsu seri 9000 | Sumber: railjournal (klik foto)

KRL ini akan dilengkapi dengan Silicon Carbide invertersVVVF control, pencahayaan dengan lampu Light Emitting Diode (LED) di bagian interior dan eksterior. Selain itu, terdapat juga papan informasi untuk penumpang yang akan ditampilkan dalam bahasa Jepang, Inggris, Cina dan Korea. KRL ini digadang-gadang mampu meredam penggunaan energi sampai dengan 50% dari konsumsi energi pada KRL seri 5000.

Kereta dengan kabin masinis memiliki kapasitas sebanyak 124 penumpang, Sedangkan untuk kereta tanpa kabin mampu mengangkut sebanyak 137 penumpang.

Cemplus Newsline by KAORI | Sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.