KA Angkutan Motor | Sumber beritatrans.com

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) kembali mengadakan layanan angkutan motor untuk pemudik dengan kereta api (KA) secara gratis pada masa angkutan lebaran tahun 2016.

Untuk memfasilitasi layanan angkutan motor ini, PT KAI menyiapkan 35 kereta bagasi dengan rincian 14 kereta bagasi untuk jalur utara, 14 kereta untuk jalur selatan 1, dan 7 untuk jalur selatan 2, dengan target kapasitas angkut sebesar 15.834 motor. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya sebesar 9.990 motor.

KA angkutan motor gratis ini nantinya akan dioperasikan selama 6 hari saat arus mudik, yakni mulai tanggal 28 Juni – 3 Juli 2016 dan selama 7 hari operasi saat arus balik mulai tanggal 10-16 Juli 2016, dengan stasiun pemberhentian sebagai berikut:

Advertisement Inline
  1. Lintas Utara: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Surabaya Pasarturi
    Stasiun pemberhentian: Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, dan Babat
  2. Lintas Selatan 1: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Kutoarjo
    Stasiun pemberhentian: Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo
  3. Lintas Selatan 2: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Kediri
    Stasiun pemberhentian: Lempuyangan, Klaten, Solojebres, Madiun, Kertosono

Nantinya motor tesebut akan diangkut menggunakan kereta bagasi dengan stamformasi 1 Lokomotif kelas CC dan 7 Kereta Bagasi.

Direktur Jendral Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko mengatakan “Angkutan mudik sepeda motor tersebut adalah keempat kalinya dilakukan. Namun untuk tahun ini mengalami peningkatan kuota subsidi untuk pemudik sepeda motor sebesar 59 persen dari tahun lalu.”

Pemudik yang mendaftar layanan ini akan difasilitasi pembelian tiket penumpang maksimal 3 orang dalam satu keluarga (2 dewasa, 1 anak maksimal 11 tahun) selama persediaan masih ada dengan harga yang bervariatif. Seluruh tiket yang disediakan hanyalah tiket kelas Ekonomi seperti KA Kertajaya Rangkaian Panjang (Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi), KA Brantas (Pasar Senen – Kediri), KA Bengawan (Pasar Senen – Purwosari), dan KA Kutojaya Utara (Pasar Senen – Kutoarjo). Dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pemudik yang mendaftar pada tanggal 8 Maret – 6 April 2016 akan difasilitasi pembelian tiket mudik dengan KA Kertajaya Rangkaian Panjang (non PSO), Kutojaya Utara (non PSO), Bengawan, dan Brantas.
  2. Pemudik yang mendaftar pada tanggal 7 April – 6 Mei 2016 akan difasilitasi pembelian tiket mudik dengan KA Kutojaya Tambahan Lebaran (non PSO)
  3. Pemudik yang mendaftar pada tanggal 7  Mei – 6 Juni tidak difasilitasi pembelian tiket mudik dengan KA.

KA yang tertera diatas tersedia dengan jadwal keberangkatan untuk arus mudik mulai tanggal 29 Juni – 4 Juli 2016 dan arus balik tanggal 11-17 Juli 2016

PT KAI mengalokasikan tiga kereta pada setiap KA di atas tersebut untuk memfasilitasi para pengguna layanan angkutan motor gratis ini dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 1696 per hari dengan total tempat duduk sebanyak 22.048 selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2016.

Pendaftaran layanan ini sudah dapat dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Gudang (di Belakang Hotel Alexis) yang dibuka sejak 8 Maret hingga 6 Juni 2016 mendatang, dengan membawa kelengkapan dokumen seperti SIM, KTP, dan STNK, serta 3 lembar fotokopi masing-masing dokumen. Tempat pendaftaran ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Dengan adanya program ini, pemerintah melalui Kemenhub berharap dapat mengurangi kepadatan lalu lintas, menekan angka kecelakaan lalu lintas dan pemudik dapat kembali berkumpul bersama keluarga dengan selamat dan bahagia.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.