Sejak akhir tahun 2015 lalu, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) telah memulai program pewarnaan ulang pada eksterior seluruh rangkaian kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek. Rangkaian-rangkaian KRL peninggalan PT Kereta Api Indonesia (KAI) – Divisi Jabodetabek yang sebelumnya menggunakan warna kombinasi Biru dan Kuning dengan warna Putih sebagai pemisah keduanya, akan diwarnai ulang eksteriornya menjadi warna Merah dan Kuning dengan warna Putih tetap sebagai pemisahnya, dengan desain eksterior KRL khas KCJ di bagian muka dan samping badan kereta seperti yang digunakan pada KRL pembelian baru milik KCJ.

Pewarnaan ini dimaksudkan untuk menyeragamkan identitas eksterior seluruh armada KRL Jabodetabek yang beroperasi dalam berbagai seri. Pelaksanaan eksekusi pewarnaan ulang ini dilakukan secara bertahap pada seluruh rangkaian eks-Divisi Jabotabek, dengan atau tanpa menjalani Pemeliharaan Akhir Lengkap (PAL).

DSC_0375
KRL seri 8000 eks-Tokyu rangkaian 8003F setelah mengalami penggantian warna eksterior

Banyak orang mengira bahwa KRL seri 8500 eks-Tokyu rangkaian 8613F alias JALITA adalah rangkaian KRL perdana yang menggunakan kombinasi warna dengan desain eksterior ini. Namun faktanya, justru KRL seri 7000 eks-Tokyo Metro rangkaian 7117F lah yang menggunakan kombinasi warna dan desain ini untuk pertama kalinya. 7117F memakai warna dengan desain ini sejak awal beroperasi pada Agustus 2010. Selanjutnya, warna dengan desain ini menjadi standar “seragam” untuk eksterior KRL milik KCJ, apapun serinya.

a
KRL seri 7000 eks-Tokyo Metro rangkaian 7117F, rangkaian KRL Jabodetabek perdana yang menggunakan warna dan desain khas KCJ

Rangkaian 8613F sendiri baru menggunakan kombinasi warna ini sejak menjalani PAL untuk pertama dan terakhir kalinya, Juni 2011 silam. Sebelumnya, rangkaian ini memang menggunakan warna garis yang sama, namun memiliki desain pewarnaan berbeda di bagian muka dan garis sampingnya tidak menggunakan warna Putih sebagai pemisah.

3550640296_1329490ac4_o
KRL seri 8500 eks-Tokyu rangkaian 8613F dengan desain awal warna Merah kombinasi Kuning
287278_251254991559600_7199419_o
KRL seri 8500 eks-Tokyu rangkaian 8613F setelah PAL, mengalami penggantian warna dengan desain eksterior KRL khas KCJ

Tercatat ada 6 seri KRL eks-Divisi Jabotabek yang sebelumnya berwarna-warni, kini harus diwarnai dengan identitas khas KRL milik KCJ. Keenam seri tersebut adalah seri 6000 eks-Toei, seri 103 eks-JR East, seri 8000 dan seri 8500 eks-Tokyu, seri 5000 eks-Tokyo Metro dan seri 1000 eks-Toyo Rapid.

Diantara keenamnya, seri 103 adalah seri KRL eks-Divisi Jabotabek perdana yang diwarnai ala KCJ. Satu rangkaian (2 trainset) tersisa KRL seri 103 yang masih aktif, 103-105F + 103-384F (eks-KeYo E21+E22) diwarnai dengan warna khas KCJ pada saat menjalani PAL di Dipo KRL Depok, April 2014 silam. Warna rangkaian KRL yang sebelumnya Putih dengan garis kombinasi Hijau dan Jingga ala armada KRL milik Central Japan Railway Company (JR Central) yang merupakan hasil karya desain dari seorang penggemar kereta api (railfan) Jepang ini diganti dengan warna kombinasi Merah dan Kuning dengan desain khas KCJ.

IMG_1036
KRL seri 103 eks-JR East rangkaian 103-105F + 103-384F, rangkaian KRL eks-Divisi Jabodetabek pertama yang diwarnai Merah dan Kuning khas KCJ

Pemberian warna yang tak terduga pada rangkaian KRL seri 103 ini awalnya dianggap sebagai permulaan dari penyeragaman identitas warna eksterior seluruh rangkaian KRL Jabodetabek, baik eks-Divisi Jabotabek maupun pembelian baru KCJ. Namun dugaan itu ternyata tidak terbukti karena rangkaian KRL eks-Divisi Jabotabek selanjutnya yang menjalani PAL di Dipo KRL Depok bulan Mei 2014, seri 8500 eks-Tokyu rangkaian 8610F tetap diwarnai dengan warna yang sama seperti sebelumnya, kombinasi Biru dan Kuning.

1 KOMENTAR

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses