BAGIKAN
Ilustrasi KRL seri 5000 milik Keio | Sumber: railjournal.com

Perusahaan kereta api di Jepang, Keio Corporation, memesan 5 set KRL terbaru seri 5000 dari Japan Transport Engineering Company (J-Trec). Pemesanan KRL ini memiliki nilai kontrak sebesar 10 miliar yen (1,2 triliun rupiah.) KRL seri 5000 tersebut akan beroperasi di jalur Keio sepanjang 85km yang membentang dari Shinjuku hingga Hachioji.

KRL seri 5000 ini akan beroperasi di jalur dengan lebar rel 1372 mm dengan tegangan 1500V. Selain itu, tempat duduknya akan didesain fleksibel sehingga dapat dibuat berderet saat jam operasional normal maupun dibuat dengan formasi 2+2 saat beroperasi pada malam hari di rute Shinjuku ke Keio-Hachioji dan Hashimoto.

Kursi fleksibel di rangkaian seri 5000 milik Keio | Sumber: railjournal.com
Kursi fleksibel di rangkaian seri 5000 milik Keio | Sumber: railjournal.com

KRL ini juga dilengkapi dengan pencahayaan LED, layar informasi penumpang, WiFi dan stop-kontak. Selain itu juga dibangun kereta (gerbong) yang dilengkapi dengan area mulltifungsi untuk pengguna kursi roda.

Advertisement Inline

Sistem pengereman KRL ini juga digunakan untuk mengisi daya baterai yang akan mensuplai daya sistem dan juga digunakan untuk menambah daya traksi untuk pengoperasian jangka pendek tanpa menggunakan daya dari LAA.

Sebelumnya perusahaan J-Trec (d/h Tokyu Car Corporation) telah berpengalaman dalam pembuatan berbagai macam KRL, di antaranya seri E233 untuk operator JR East.

Cemplus Newsline by KAORI | oleh Fasubkhanali

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.