BAGIKAN
Museum manga di Kyoto. Kento Ikeda / flickr / Wikipedia

Masuk sebagai salah satu program Cool Japan, pemerintah Jepang berencana membuka museum yang didedikasikan untuk komik, animasi, dan game pada 2020, bertepatan dengan Olimpiade Tokyo.

Sebagaimana dilansir Yomiuri, museum ini akan dibangun dengan dana swasta. Proyek ini diperkirakan akan menelan biaya sebesar 10 miliar yen (1,1 triliun rupiah) dan bertujuan menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Proyek ini diprakarsai oleh partai Liberal Demokrat serta akan bekerja sama dengan panitia kerja dalam parlemen Jepang yang khusus menangani komik, anime, dan game yang diketuai oleh Keiji Furuya.

Museum ini akan menjadi bagian dari Museum Parlemen Jepang dengan tujuan menjadikan animasi sebagai sebuah budaya. Selain mengarsipkan berbagai materi terkait animasi, komik, dan game dalam bentuk fisik, museum ini pun diharapkan bisa membantu mereka yang ingin masuk ke dalam dunia animasi ini.

Advertisement Inline

Sebelumnya sudah ada museum-museum lain di Jepang seperti museum manga di Kyoto, museum Fujiko F Fujio di Kawasaki, dan museum Osamu Tezuka di Kyoto.

Baca lebih lanjut mengenai Cool Japan dan realisasinya dari KAORI dalam dua artikel berikut: Opini: Cool Japan Mau Diapakan dan Diskusi Ilmiah Mengenal Cool Japan: Asal-Usul, Perkembangan dan Tujuan Strategi Ekonomi Kreatif Jepang.

KAORI Newsline | oleh Kevin W

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.