Cosplay, REDSHiFT, dan Clas:H Jogja 2016 yang meriah

0

Berlangsung dengan lancar dan meriah, itulah kesan yang didapatkan pada perhelatan Clas:H Jogja 2016 tanggal 19 Maret 2016 yang bertempat di Jogja Expo Center (JEC). Dengan berkolaborasi dengan acara Fantastic:ON, acara Clas:H Jogja adalah salah satu event cosplay yang diselenggarakan di daerah Jogjakarta.

Ramai oleh pengunjung bahkan acara belum mulai sekalipun, acara Clas:H Jogja 2016 berlangsung dengan lancar meskipun terkendala delay pada beberapa kesempatan. Setelah dibuka oleh MC Zhuge Riki Kamiya (yang disertai dengan tawa dari pengunjung saat sesi tanya jawab), acara dilanjutkan dengan lomba Karaoke Anisong dengan juri REDSHiFT dan Yumi. Memenangkan juara pertama adalah Juminten yang membawakan lagu “Last Stardust”.

DSC_0422

Setelah performance dari Majisuka BATANG, acara dilanjutkan dengan lomba seiyuu yang kemudian dimenangkan oleh Adela yang mengisi suara pada suatu adegan dari anime Fairy Tail. Gelak tawa sempat keluar dari para penonton manakala seorang peserta tampil mengenakan sebuah kostum “Sultan”

DSC_0547

Lomba Single Cosplay kemudian mengisi acara yang ada, di mana para cosplayer akan dipilih sebagai favorit mereka setelah tampil di atas panggung.

DSC_0762

DSC_0880

Sebelum dimulainya acara utama yaitu Clas:H Competition, beberapa performer memberikan hiburan agar para pengunjung agar tidak kebosanan. Antusias besar terlihat ketika bintang tamu Yumi dan SHINING STARS tampil diatas panggung. Begitupula yang terjadi ketika salah satu performer, REDSHiFT, tampil memainkan berbagai set lagu yang tidak asing lagi bagi para pengunjung yang ada.

DSC_1061

Setelah pengenalan para juri yang akan menilai nantinya ( Sara Tousa Bao, Misaki, Onnies, Daikon Sky, dan Ryan Anggoro), maka acara Clas:H Competition dimulai. Dengan 14 kelompok peserta, kompetisi akan dibagi menjadi dua sesi dengan jeda yang akan diisi dengan performance oleh Sara. Antusiasme dari para pengunjung sangatlah terlihat ketika area di sekitar stage dipenuhi oleh penonton.

DSC_0217

Para peserta berkompetisi dengan penampilan terbaik mereka. Dengan waktu yang terbatas, mereka berusaha untuk mendapatkan penilain lebih dari para juri. Sebuah insiden atau kecelakaan sempat terjadi ketika seorang peserta pingsan saat di tengah-tengah performance.

DSC_0071

Setelah kompetisi usai, acara dihentikan sementara agar para juri dapat memutuskan pemenang dan para pengunjung dapat beristirahat. Ketika momen pengumuman tiba, area disekitar panggung yang terlihat sepi menjadi ramai kembali. Momen yang ditunggu-tunggu sudah tiba.

Mendapatkan penghargaan Best Story adalah tim Ketika Jaiko Bertasbih, dan Best Performance adalah Kita Jalani Dulu aja. Sementara itu, penghargaan Best Costume jatuh kepada Silent Syndicate.

Setelah itu, pengumuman penghargaan juara dilakukan. Rucira Rei yang menampilkan penampilan dari Final Fantasy X mendapatkan juara ke-3. Sementara Ketika Jaico Bertasbih yang menampilkan sebuah pertarungan dari Kingdom Hearts Birth by Sleep memenangkan juara ke-2.

Cukup mengejutkan adalah manakala juara pertama diumumkan. Alih-alih satu, dua tim berhasil menyabet gelar juara pertama dari Clas: Jogja 2016. Dengan penampilan yang sama apiknya, SWEG: Nggerus ning ati dengan penampilan dari RF Online dan Silent Syndicate dengan Final Fantasy XIII-2. Selamat kepada para Pemenang!

DSC_0454

Dapat dilihat sebenarnya acara kali ini dapat berjalan dengan baik, jika kata seru dan meriah saka tidak cukup untuk menjelaskan. Namun delay atau break yang terlampau lama rasanya dapat dibenahi pada acara berikutnya.

KAORI Newsline | Oleh Shofa

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.