KA Kertajaya dan Tawangjaya Ditingkatkan Kapasitasnya

0
KA Kertajaya dan Tawangjaya Ditingkatkan Kapasitasnya
KA Kertajaya tambahan | Foto : Madun Ambrol

Menyusul tingginya animo dan permintaan masyarakat, dua rangkaian kereta api (KA) kelas Ekonomi andalan PT Kereta Api Indonesia (KAI), KA Kertajaya dan Tawang Jaya akan ditingkatkan kapasitasnya. KA Kertajaya relasi Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi P.P. dan KA Tawang Jaya relasi Pasar Senen – Semarang Poncol P.P. ini rencananya akan mendapat tambahan kereta dalam formasi rangkaiannya.

Jika sebelumnya KA Kertajaya biasa membawa 8 kereta penumpang kelas Ekonomi, 1 kereta makan dengan pembangkit dan 1 gerbong bagasi, mulai 1 April 2016 akan mendapat tambahan 5 kereta penumpang kelas Ekonomi dan 1 kereta makan dengan pembangkit. Sedangkan KA Tawang Jaya mulai 4 April 2016 akan membawa 14 kereta penumpang kelas Ekonomi dan 2 kereta makan dengan pembangkit, dari sebelumnya yang hanya membawa 8 kereta penumpang kelas Ekonomi dan 1 kereta makan dengan pembangkit. Salah satu hal yang penting diketahui adalah perubahan formasi ini tidak serta merta membuat tarif kedua KA tersebut menjadi naik. Tarif yang berlaku adalah tarif reguler seperti sebelumnya.

AqsO_J4oHOOZWXq9Af4q4CxrUcFjY0E33mhggFwZJDTw (2)

Namun, pemanjangan formasi kedua KA penumpang tersebut memerlukan “tumbal” karena terbatasnya sarana kereta. rangkaian KA Kertajaya Tambahan dan Tegal Arum menjadi korbannya. Kedua KA tersebut harus rela “mati” karena sarana keretanya akan disumbangkan untuk Kertajaya dan Tawang Jaya.

KA Kertajaya dan Tawang Jaya selama ini banyak diminati masyarakat, khususnya kaum penglaju jalur pantai utara Jawa. Selain karena tarifnya yang masih relatif terjangkau, jadwal dan waktu tempuhnya cukup ramah bagi masyarakat.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.